KPU Bangka “Goes To Campus”, Bekali Pendidikan Politik dan Demokrasi Kepada Mahasiswa UBB

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 05 November 2020 13:56 WIB | Diupdate pada 05 November 2020 13:56 WIB


MERAWANG, UBB – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka menggelar Sosialisasi Pendidikan Pemilih 2020 bertempat di Kampus Terpadu Universitas Bangka Belitung (UBB) yang merupakan rangkaian Kegiatan “KPU Goes to Campus” untuk menyasar kalangan mahasiswa yang mewakili segmen pemilih pemula dan pemilih muda, pada Kamis 5 November 2020.

Kegiatan Ini dihadiri oleh Muhammad Hasan selaku Ketua KPU Bangka dan Iman Supiar selaku Anggota Divisi Teknis Penyelenggaraan, serta Hartati, S.PdI., selaku Anggota KPU Bangka Divisi SDM & Partisipasi Masyarakat yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini.

Dari pihak UBB dihadiri oleh Sujadmi, M.A., selaku Dekan FISIP, Dr. Diana Anggraeni, M.Hum., selaku Wakil Dekan II Bidang Umum dan Keuangan,  dan Feriadi,S.P selaku Kabag TU, serta Mahasiswa dari perwakilan Program Studi Sosiologi, Ilmu Politik, dan Sastra Inggris di FISIP UBB sebagai peserta dalam kegiatan.

Dekan FISIP menyambut baik kegiatan yang digagas KPU Bangka sebagai bentuk pendidikan politik kepada para mahasiswa. Di kampus mahasiswa belajar secara teoritiknya dan melalui KPU sebagai salah satu media atau wadah belajar secara praktiknya.

“Harapannya ke depan antara Fisip UBB dan KPU dapat terus bersinergi dan berkolaborasi bekerjasama dalam berbagai bidang khususnya Tri Dharma Perguruan Tinggi. Melalui kegiatan KPU goes to campus menumbuhkan kesadaran mahasiswa dalam berpartisipasi dalam politik dengan menjalankan perannya sebagai mahasiswa dan mendorong masyarakat luas untuk ikut turut berpartisipasi dalam setiap pesta demokrasi yang diselenggarakan oleh KPU,” ujar Sujadmi.

Sebelum acara dimulai Ketua KPU kabupaten Bangka Hasan memberikan cindera mata kepada Dekan Fisip Sujadmi dan foto bersama. Selanjutnya materi pertama disampaikan langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Bangka Hasan mengenai Data Pemilih Berkelanjutan, pemateri selanjutnya Imam Supiar memaparkan sejumlah materi diantaranya cara mengecek daftar pemilih, mekanisme pindah pemilih, cara mengecek daftar pemilih, peserta pemilu tahun 2020, hari tanggal, dan waktu pemungutan suara dan tata cara mencoblos surat suara.

Acara ini juga diisi dengan sesi Tanya jawab dan diskusi seputar pemilu bersama para mahasiswa dan KPU kabupaten Bangka menyediakan souvenir bagi peserta yang dapat menjawab pertanyaan. Kegiatan ini berlangsung lancer dengan tetap mematuhi protokoler pencegahan penularan COVID-19 dan seluruh peserta menerapkan sosial distancing dan menggunakan masker. (red.Dn/Humas)


Topik

Kampus_Terpadu_UBB
. ayar