PKM Pengabdian Masyarakat: Mahasiswa UBB Tawarkan Desain Program Pemanfaatan Limbah Plastik

Penulis: Editor | Ditulis pada 30 Juni 2021 13:43 WIB | Diupdate pada 30 Juni 2021 13:43 WIB


MERAWANG, UBB - Tim Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) Universitas Bangka Belitung (UBB) yang diketuai oleh Sandi, mahasiswa  Jurusan Fisika UBB, mengadakan kegiatan sosialisasi mengenai pemanfaatan limbah plastik di Desa Balunijuk secara daring melalui Zoom Meeting (Senin, 28 Juni 2021).

Sosialisasi ini dihadiri oleh Dosen Pembimbing PKM-PM Yuant Tiandho, S.Si., M.Si., Kepala Urusan Perencanaan Desa Balunijuk, Supratman, S.E., Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Balunijuk H. Khoirudin, dan Sekretaris Jurusan Fisika UBB, Herman Aldila, S.Pd.,M.Si.  

Supratman, S.E. selaku Kepala Urusan Perencanaan Desa Balunijuk, manyampaikan agar nantinya pihak mereka bisa bersinergi dengan tim PKM-PM dalam pemanfaatan limbah plastik sebagai paving block, sehingga memberikan manfaat bagi desa umumnya dan menjadi terobosan yang baik dalam pengelolaan sampah plastik kedepannya.

Setelah Anggota Tim PKM-PM, Andrian Saputra presentasi mengenai desain program mereka terkait pemanfaatan limbah plastik di Desa Balunijuk, sosialisasi kemudian berlangsung interaktif dan responsif dari berbagai pihak yang hadir.

Mewakili pihak Jurusan, Herman Aldila sangat mengapresiasi program yang diinisiasi oleh para mahasiswa Jurusan Fisika ini dan berharap agar para mahasiswa yang tergabung dalam tim PKM ini bisa terus berinovasi dan dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat.

“Saya berharap output dari kegiatan ini bisa melahirkan teknologi baru di Desa Balunijuk dalam bidang pengelolaan limbah plastik,” ungkap Herman.

H. Khoirudin selaku Kepala BPD juga menuturkan hal yang serupa. Beliau mengapresiasi desain program dan tawaran dari Tim PKM-PM UBB.

“Teknologi dalam pengelolaan limbah plastik menjadi paving block merupakan terobosan yang baru di Desa Balunijuk sehingga perlu dikembangkan dengan memperhatikan bahan baku limbah plastik yang tersedia dan bagaimana strategi pemasaran paving block ini nantinya,” ungkap Khoirudin.

Sementara itu, Yuant Tiandho selaku dosen pembimbing PKM-PM, berharap hubungan kerja sama antara pihak UBB dan Pihak Desa Balunijuk dapat terus berlanjut. Khususnya dalam hal pemasaran paving block berbahan dasar limbah plastik ini nantinya. 


Topik

PKM_UBB
. ayar