Prodi Ilmu Kelautan UBB Siapkan Mahasiswa Menjadi Penyelam Handal

Penulis: Editor | Ditulis pada 28 Juli 2021 16:06 WIB | Diupdate pada 28 Juli 2021 20:08 WIB


Salah satu kegiatan dari serangkaian Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM)  2021 yang direalisasikan oleh Prodi Ilmu Kelautan Universitas Bangka Belitung, adalah kegiatan “Sertifikasi Kompetensi Selam” bagi mahasiswa ilmu kelautan. Ada tiga tahapan yang harus dilalui para mahasiswa dalam kegiatan ini, yakni pengayaan teori tentang menyelam di laut bebas (sudah dilangsungkan pada tanggal 23 dan 26 Juli kemarin), praktik menyelam di Kolam Akuatik, Bangka Tengah (Selasa, 27 Juli 2021), dan terakhir, ujian sertifikasi selam di Perairan Pulau Ketawai, Bangka Tengah (30 Juli-1 Agustus 2021).

“Ada 15 Mahasiswa Ilmu Kelautan yang menjadi peserta di kegiatan ini. Pada Selasa (27/07) kemarin, mereka baru saja melakukan praktek selam di Kolam Akuatik” ungkap Mu’alimah Hudatwi, Ketua Panitia yang sekaligus merupakan Sekretaris Prodi Ilmu Kelautan.

Menurut Beliau, Praktik di kolam akuatik tersebut bertujuan untuk mengasah kemampuan selam mahasiswa, terutama dalam hal bouyancy (daya apung) dan teknik penguasaan SCUBA sebagai persiapan praktek penyelaman di laut bebas.

Di kolam Akuatik, para mahasiswa dilatih menyelam jenjang AI dan A2. Kasi Sastra (Mahasiswa Ilmu Kelautan) sebagai salah satu asisten pelatih selam di kegiatan ini mengatakan, bahwa latihan pada jenjang A1 (open water), terdiri dari latihan renang dasar Finswiming 100 M, upnea, duck dive, dan tuck dive. Kemudian pada saat menyelam, di janjang A1 ini ada latihan masker clearing, buddie briting, regulator recarfery.

Sementara itu untuk tingkat A2 (advance), latihan kolam terdiri dari latihan navigasi dengan kompas, dan setting/unseting underwater.

Latihan di Kolam Akuatik yang diikuti 15 Mahasiswa Ilmu Kelautan pada Selasa 28 Juli kemarin, melibatkan Instruktur selam yang juga merupakan dosen Prodi Manajemen Sumber Daya Perairan, M. Rizza Muftiadi, M.Si.; satu orang pelatih/asisten instruktur, Baharudin; dan 3 (tiga) orang asisten pelatih, Kasi Sastra, Reni Jayanti dan Eka Maulana. (Hz/humas)


Topik

FPPB_UBB Ilmu_Kelautan
. ayar