Rolan, “King of Medal” 2021 dari Jurusan Fisika UBB

Penulis: Editor | Ditulis pada 02 Agustus 2021 15:44 WIB | Diupdate pada 02 Agustus 2021 15:44 WIB


Sosok mahasiswa baru dengan semangat juang kompetisi yang tinggi, totalitas dan kerap menjadi juara, adalah deskripsi yang bisa dilekatkan kepada Rolan, mahasiswa Program Studi Fisika Universitas Bangka Belitung  angkatan 2020.

Dari bulan Mei hingga Juli 2021 ini saja, Rolan sudah mengoleksi 4 Medali secara berturut-turut dari ajang kompetisi tingkat Nasional.

Pertama, medali emas diraihnya di bidang bahasa inggris di ajang ‘Olimpiade Sains Indonesia’ khusus mahasiswa, yang digelar oleh POSI (Pelatihan Olimpiade Seluruh Indonesia) pada 8-9 Mei 2021.  

Kedua, medali perak di bidang Geografi pada ‘Olimpiade Sains Nusantara Se-Indonesia’, yang diadakan OASE (Olimpiade Akademik Seantero Endonesia) Edukasi pada tanggal 29-30 Mei lalu.

Ketiga, medali perak diraih Rolan lagi-lagi di bidang bahasa Inggris, pada kegiatan lomba “Social and Language 2021” yang juga diselenggarakan OASE Edukasi, pada 27-28 Juli kemarin.

Keempat, medali perunggu didapatkan Rolan di bidang sains terapan pada ajang kompetisi yang sama dengan medali ketiga yang Ia raih, yakni lomba “Social and Language 2021” oleh OASE Edukasi, di tanggal 27-28 Juli.

Bisa dilihat, 2 dari 4 medali yang  Rolan raih merupakan kompetisi di bidang bahasa Inggris. Artinya, Pemuda kelahiran Toboali (Bangka Selatan) ini tidak hanya menguasai bidang keilmuwan sains saja, tapi juga fasih dalam berbahasa inggris secara praktik dan teoretis.

Saat ditanya ‘apakah sudah lama menguasai bahasa inggris’, Rolan memberikan jawaban, bahwa Ia baru belajar dengan giat dan fokus di bahasa inggris, sejak masuk kuliah di UBB tahun 2020 yang lalu. Rolan belajar bahasa inggris hanya secara otodidak.

“Saya baru belajar bahasa inggris dengan fokus itu ketika masuk kuliah. Walaupun sebenarnya bahasa inggris bukan kesukaan saya, tapi sejak kuliah, saya memberanikan diri belajar. Terus mencoba dan berusaha memahami konsep bahasa Inggris dengan baik,” ujar Rolan kepada tim redaksi Website UBB (Sabtu, 31 Agustus 2021).

“Terus terang, saya semakin giat belajar bahasa inggris ini, juga karena ingin ikut berbagai kompetisi yang mensyaratkan kefasihan dalam berbahasa inggris dari peserta,” tambah Rolan.

Sisi lain kehidupan Rolan yang sempat diceritakannya juga sangat inspiratif. Perjalanannya untuk bisa kuliah di UBB dan mengikuti pelbagai ajang perlombaan yang berhasil Ia juarai tersebut, nyatanya tidak mudah. Sebab, secara ekonomi keluarganya mengalami keterbatasan. Kondisi tersebut yang kemudian menuntut Rolan untuk tidak hanya rajin belajar secara akademik, tapi juga harus rajin membantu orang tuanya mencari pundi-pundi rupiah untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari keluarga mereka.

“Alhamdulillah Rolan lulus seleksi di UBB kemarin  dengan mengambil jalur beasiswa KIP-K, sehingga dengan status sebagai penerima beasiswa tersebut, memberikan secercah kelegahan bagi saya dan orang tua,” ujar Rolan.

Harapan seorang Rolan ke depannya ternyata tidak hanya ingin menjadi seorang scientist besar, tapi juga ingin menjelma menjadi pengusaha sukses. Sekarang, bersama orang tuanya, sedikit demi sedikit Ia mulai merintis usaha kecil-kecilan (hz/humas).

Berikut kami sampaikan juga Identitas Rolan:

Nama                                       : Rolan

Program Studi                         : Fisika

TTL                                         : Toboali, 29 Mei 2021

Asal SD, SMP dan SMA        : SD N 5 Toboali, SMP N 1 Toboali, dan SMK N 1 Toboali

Tempat tinggal                        : Toboali, Kabupaten Bangka Selatan

Hobi                                        : Badminton, Masak dan Travelling


Topik

Mahasiswa Fakultas_Teknik_UBB Fisika_UBB
. ayar