Mendekati Perkuliahan Semester Gasal 2021/2022, Mahasiswa Harus Catat Beberapa Hal ini

Penulis: Editor | Ditulis pada 05 Agustus 2021 21:19 WIB | Diupdate pada 06 Agustus 2021 10:16 WIB


Tinggal beberapa hari lagi perkuliahan semester gasal tahun ajaran 2021/2022 akan dimulai. Berkenaan dengan itu, ada beberapa hal yang perlu diketahui dan dicermati oleh seluruh Civitas Universitas Bangka Belitung (UBB), khususnya oleh para mahasiswa.

Tentu, hal paling utama yang perlu diingat, bahwa perkuliahan semester gasal— dari pertemuan pertama sampai Ujian Tengah Semester (UTS) akan dilangsungkan full dalam jaringan (daring) atau secara online. Sementara untuk proses perkuliahan pasca UTS sampai dengan Ujian Akhir Semester (UAS)— apakah masih dilangsungkan online atau hybrid, akan diumumkan lebih lanjut oleh pihak universitas setelah mempertimbangkan kondisi pandemi, khususnya dalam konteks Bangka Belitung.

Perkuliahan daring semester gasal ini akan menggunakan Sistem Informasi Akademik Universitas Bangka Belitung (siAkad Cloud) melalui halaman URL: https://ubb.siakadcloud.com/, dengan pilihan media pembelajaran daring yang familiar dan mudah dijangkau, seperti Video Tutorial, Zoom Meetings, Microsoft Teams, Google Meet, WebEx, dan sebagainya.

Di antara beberapa pilihan media pembelajaran yang disebutkan itu, pihak universitas memberi kewenangan kepada dosen dan mahasiswa di mata kuliah masing-masing untuk memilih lebih banyak menggunakan media pembelajaran yang mana. Selama pilihan itu didasarkan pada kesepakatan bersama. 

Informasi lebih detail terkait aktivitas perkuliahan dan kegiatan akademik kemahasiswaan lainnya di semester gasal tahun 2021/2022 ini, para Civitas UBB bisa mengunduh draftnya di Website Resmi UBB (www.ubb.ac.id), pada menu ‘downloads’ dengan judul file ‘Panduan Kegiatan Akademik dan Kemahasiswaan Gasal 2021-2022’, atau telusuri langsung melalui link http://ubb.ac.id/assets/files/bakk/PANDUAN KEG AKADEMIK&KEMAASISWAAN GASAL 2021-2022 BAKK_CAP.pdf .

Selain itu, jangan lupa juga mencatat tanggal dan agenda penting dalam kalender akademik tahun 2021/2022. Misalnya, jadwal pembayaran UKT dan Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) telah dimulai pada tanggal 2 Agustus kemarin dan akan berakhir pada tanggal 13 Agustus nanti;  Perkuliahan minggu pertama akan dimulai pada 16 Agustus; Lalu, dalam jangka waktu dari tanggal 16 Agustus s.d. 20 Agustus, teman-teman mahasiswa masih diberi kesempatan oleh pihak universitas untuk melakukan perubahan KRS, jika terdapat mata kuliah yang bermasalah atau batal diambil.

Ada baiknya agar teman-teman mahasiswa bisa mendapatkan informasi lebih komprehensif terkait kalender akademik ini, unduh saja file-nya dari website UBB, di menu ‘downloads’ atau salin langsung tautan ini http://ubb.ac.id/assets/files/bakk/PENETAPAN KALENDER AKADEMIK UBB TA 2021_2022.pdf, pada search engine google chrome atau mozilla firefox pada laptop, PC, ataupun smarthphone teman-teman. (hz/humas)


Topik

Mahasiswa
. ayar