3 Hari Berturut, Prodi Manajemen UBB Realisasikan PKKM Kemendikbudristek

Penulis: Editor | Ditulis pada 07 Agustus 2021 17:11 WIB | Diupdate pada 08 Agustus 2021 14:36 WIB


Wakil Rektor, Riwan Kusmiadi bersama Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. Reniati, M.Si, Kajur Manajemen, Dr. Hamsani, S.E., M.Sc., dan Perwakilan Peserta FGD

“Saya bisa katakan, Fakultas Ekonomi, khususnya Jurusan  Manajemen, adalah Fakultas dan Prodi di UBB yang sangat aktif melangsungkan berbagai kegiatan produktif” (Ibrahim, 05/08)

Rangkaian kegiatan dari Progam Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) yang dirumuskan Program Studi Manajemen Universitas Bangka Belitung (UBB) akan terus direalisasikan sampai akhir tahun 2021 ini.

Setelah di bulan Juli lalu telah melangsungkan “Pelatihan Plagiarism Checker” terhadap 20 Staff Program Studi (Prodi) yang ada di lingkungan UBB (08/07), Prodi yang dikenal dengan tagline “Manajemen Mantap:Manajemen Terkini, Aktif, Profesional” ini, di tiga hari kemarin, yakni hari Selasa, Rabu dan Kamis (3,4 dan 5 Agustus 2021) kembali melangsungkan 3 kegiatan secara hybrid.

Kegiatan di hari pertama, yakni pada hari Selasa (03/08), adalah FGD terbatas dengan mengangkat tema “Menjalin Kemitraan Strategis sebagai Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)”, di Hotel Soul Marina, Bangka Tengah. FGD ini menghadirkan  perwakilan dari beberapa institusi pemerintahaan daerah, BUMN di Bangka Belitung, perusahaan-perusahaan swasta, SMK N 1 Pangkalpinang, SMK N 1 Belinyu, IAIN SAS Babel dan lain sebagainya.

“Selain mensosialisasikan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka kepada pihak non-kampus, kegiatan FGD ini utamanya didesain untuk menghasilkan MoA (Memorandum of Agreement) kemitraan antara UBB, khususnya Fakultas Ekonomi dan Prodi Manjemen dengan berbagai instansi yang hadir pada FGD,” ungkap Maya Yusnita, salah satu perumus kegiatan PKKM, sekaligus Dosen di Prodi Manajemen UBB.

Pada FGD ini hadir juga Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Sistem Informasi dan Kerja Sama UBB, Riwan Kusmiadi, S.TP., M.Si..

Dalam sambutannya, Beliau menyampaikan betapa pentingnya sinergisitas atau terjalinnya  kemitraan antara UBB dan pihak yang hadir pada FGD dalam rangka menyukseskan 8 program MBKM, yakni Pertukaran Mahasiswa, Magang, Asisten Mengajar, Riset Mahasiswa, Kewirausahaan, Proyek Kemanusiaan, Membangun Desa dalam Format KKN Tematik, dan Proyek Independen.

Hadirkan Akademisi dan Pengusaha Sukses dari Bandung

Hari berikutnya, Rabu (04/08), dosen Prodi Manajemen yang tergabung dalam tim perumus PKKM ini menghadirkan secara langsung seorang dosen dan juga pengusaha terkenal dari Bandung, yakni Dr. Sukmadi, S.E., M.M..

Pak Sukmadi ini merupakan dosen Pascasarjana di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, sekaligus sosok yang sudah memiliki banyak usaha yang sukses. Beliau adalah kepala ENHAIIPreaneur Centre STTB, memiliki banyak rumah makan, usaha salon, usaha kos-kosan dan lain sebagainya.  

“Dengan background yang demikian, kami membayangkan mahasiswa yang menjadi peserta kegiatan ini, tidak hanya mendapatkan teori-teori tentang kewirausahaan, tapi juga bisa sharing pengalaman denga Pak Sukmadi yang sudah dikenal sebagai pengusaha sukses,” ungkap Maya Yusnita, salah satu panitia dan dosen Jurusan Manajemen UBB.

“Artinya, dengan Narasumber ini, para peserta akan mendapatkan teori kewrisusahaan dari sosok pakar atau akademisi, juga akan paham bagaimana dinamika menjalankan usaha, langsung dari seorang pengusaha sukses”, tambah Maya Yusnita.

Dekan Fakultas Ekonomi, Ibu Dr. Reniati, S.E., M.Si., turut dan  memberi sambutan pada acara ini. Beliau mengatakan bahwa, mahasiswa UBB diharapkan setalah lulus kuliah kelak, tidak hanya dominan menjadi pegawai atau karyawan seperrti yang selama ini terjadi, namun juga bisa menjadi sosok pengusaha yang membuka ruang kerja bagi banyak orang.

Oleh sebab itu, menurut Beliau kegiatan yang diinisiasi oleh jurusan Manajemen dengan tajuk “Menjadi Entrepreneur yang Kreatif, Inovatif, dan Inspiratif”  merupakan sebuah upaya dari mereka sebagai dosen untuk mendorong mahasiswa UBB mewujudkan apa yang selama ini diimpakan pihak universitas, yaitu menjadi orang-orang yang akan menggeluti dunia wirausaha dan bahkan menjadi sosok pengusaha sukses.

Kegiatan yang berlangsung secara hybrid ini diikuti oleh perwakilan mahasiswa dari semua jurusan yang ada di lingkungan UBB. Sekitar 40-an mahasiswa hadir langsung di Hotel Santika, Pangkalpinang dengan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat, dan sekitar 60 mahasiswa hadir secara online melalui Zoom Meeting.

Kuliah Umum tentang Organisatoris, Ibrahim: Basis Gerakan Mahasiswa UBB Harus Nalar Ilmiah dan Kritis

Pada kegiatan hari ketiga, yakni Kamis (05/08), hadir secara online Rektor UBB, Dr. Ibrahim, M.Si. sebagai pihak yang menyampaikan welcome speech.

Pada kuliah umum dengan tema “Menjadi Organisatoris yang Kritis, Aktif dan Humanis”,Rektor yang baru-baru ini menarik perhatian banyak civitas UBB dengan video kreatif ‘Welcome to UBB” ini, mengingatkan para mahasiswa organisatoris di UBB untuk mengedepankan nalar ilmiah dan nalar kritis ketika memutuskan untuk melakukan gerakan atau aksi.

“Sebelum memutuskan untuk bersuara terkait persoalan kampus ataupun publik, coba telaah dulu dengan objektif, jangan dikuasai subjektivitas yang asal ingin terlihat gagah dan ikutan aksi. Lebih baik lagi, ketika mengkritik persoalan tertentu, iringi dengan argumentasi yang solutif, Jangan asal kritik yang argumentasinya cenderung subjektif dan dikuasai sentimen”, ujar Ibrahim.

Menurut Beliau, dengan mahasiswa UBB melakukan sebuah gerakan yang basisnya seperti yang Ia sampaikan tersebut, yakni bernalar ilmiah, objektif dan kritis, maka itu akan menjadi pembeda yang signifikan antara gerakan dari oragnisatoris UBB dengan gerakan aktivis yang bukan berasal civitas UBB.  

Hadir sebagai Narasumber di kuliah umum ini, Ketua DPD KNPI Provinsi Bangka Belitung, Remil Yanus Salalima, dan Presiden Mahasiswa UBB Periode 2008-2009, Firman Rohmadoni, S.E., M.Acc. Sementara yang menjadi pesertanya adalah seluruh perwakilan dari organisasi mahasiswa yang ada di Lingkungan UBB. Sebagian dari mereka hadir langsung di Hotel Santika, Pangkalpinang, dan sebagiannya lagi hadir secara online di Zoom Meeting.

Kuliah umum ini turut dibersamai dan dipantau secara langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. Reniati, S.E., M.Si, dan Ketua Jurusan Manajemen, Dr. Hamsani, S.E., M.Sc. (hz/humas)


Topik

Fakultas_Ekonomi_UBB Manajemen_UBB
. ayar