Rektor UBB Tutup PKKMB dengan Pesan Konstruktif dan Prinsipiel Bagi Mahasiswa Baru

Penulis: Editor | Ditulis pada 14 Agustus 2021 21:57 WIB | Diupdate pada 15 Agustus 2021 18:44 WIB


Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Bangka Belitung (UBB) tahun 2021 resmi ditutup oleh Pak Rektor, Dr. Ibrahim, M.Si. pada Jumat siang (13/08) melalui Zoom Meeting. Di hadapan 1423 mahasiswa baru, Dr. Ibrahim, M.Si mengutarakan beberapa pesan konstruktif dan prinsipiel.

Pertama-tama, Beliau mengatakan perbedaan mendasar antara siswa dan mahasiswa adalah kata 'Maha' yang berarti the great atau luar biasa. Oleh karena itu, seorang mahasiswa idealnya memiliki tingkat kreativitas dan inovasi yang jauh lebih tinggi dari ketika mereka masih menjadi siswa.

Selanjutnya, Ibrahim juga menyampakaikan bahwa mahasiswa baru UBB mendapatkan keistimewaan berupa kebebasan akademik sebagai bekal menentukan langkahnya.

“Namun,mahasiswa harus hati-hati memanfaatkan otonomi tersebut, karena ditakutkan salah menentukan pilihan,” ungkap Dr. Ibrahim, M.Si. dengan gaya bicaranya yang lugas.

Mahasiswa Baru Harus Memiliki Dua Unsur Ini

Pada saat menpuh studi Strata 1 (S1) selama kurang lebih 4 tahun, kita sebagai mahasiswa akan menghadapi berbagai tantangan dan dinamika yang berat. Nah, mahasiswa baru menurut Ibrahim harus memiliki dua unsur yang ditanamkan dalam dirinya yakni ketekunan dan target, ketika menghadapi masa-masa atau periode tersebut.

“Memiliki ketekunan dan target adalah dua unsur yang saling berkaitan, karena jika hanya memiliki ketekunan, mahasiswa bisa kehilangan arah. Jika hanya mempunyai target, mahasiswa tidak akan mencapainya, karena tidak memiliki metode," terang Ibrahim.

Walaupun setiap mahasiswa berbeda latar belakang, lanjut Ibrahim, tapi kesempatan untuk mencapai tujuan dapat diakses oleh seluruh mahasiswa secara setara.

Lalu Beliau juga mengingatkan, bagi mahasiswa baru yang dahulunya kurang cemerlang, pada masa permulaan menjadi mahasiswa ini harus dijadikan momentum untuk memperbaikinya dengan terus belajar.

"Orang tua mengirim kita kuliah tujuannya adalah menjadi ilmuwan, mencari ilmu sebanyak-banyaknya, dan menuntut kita bekerja keras dengan tekun agar bisa mencapai tujuan. Saya yakin, tidak ada usaha yang menghasilkan sia-sia,” ujar Ibrahim.

"Sebagai penutup, saya ucapkan selamat bergabung di UBB Kampus Kite, Selamat berproses, dan teruslah bekerja keras. Tetap perhatikan juga protokol kesehatan. Kalau bisa jadilah promotor kesehatan, supaya pandemi segera mereda, dan kita dapat melangsungkan kuliah offline," pungkasnya.

Acara penutupan PKKMB UBB 2021 ini juga turut dibersamai oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Nizwan Zukhri, M.M., dan juga Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama (BAKK) yang sekaligus menjadi Sekretaris PKKMB UBB 2021, yakni Ibu Hesty, S.Si., M.Pd.

Acara dilangsungkan secara hibryd (dengan komposisi orang yang hadir secara online lebih banyak), yakni Pak Nizwan, Ibu Hesty dan beberapa panitia PKKMB hadir langsung di Ruang Besar Balai Peradaban Rektorat UBB, sementara para mahasiswa baru, termasuk Pak Rektor hadir secara online di Zoom Meeting. (humas PKKMB UBB)


Topik

Dr._Ibrahim,_S.Fil.,_M.Si PKKMB
. ayar