UPT Perpustakaan UBB Raih Akreditasi A, Rektor Sampaikan Pesan Ini

Penulis: Editor | Ditulis pada 03 September 2021 13:44 WIB | Diupdate pada 03 September 2021 14:58 WIB


Pada Kamis (02/09/21) kemarin, Pak Budi Afriyansyah, S.Si., M.Si., bertandang ke Rektorat UBB untuk menyampaikan kabar gembira kepada Pak Rektor berkenaan dengan diraihnya akreditasi A Perpustakaan UBB.

“Kenapa saya harus datang langsung menyampaikan ini kepada Pak Rektor? Sebab, kami dari UPT Perpustakaan sadar bahwa hasil akreditasi sangat baik ini utamanya karena  pimpinan UBB selalu  dan fokus membantu serta mendukung perpustakaan dalam hal perbaikan fasilitas, sistem kerja maupun kinerja pustakawan,” ujar Pak Budi ketika bertemu Dr. Ibrahim, M.Si di ruang tamu Rektor UBB.

Ibrahim selaku Rektor memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya. Sebab,  pada akreditasinya yang pertama, Perpustakaan UBB bisa langsung meraih akreditasi A.

Bagi Beliau, ini adalah prestasi yang sangat baik bagi para Pustakawan dan Pimpinan UPT Perpustakaan UBB, sekaligus menjadi pemicu dan pemacu semangat untuk terus memberikan layanan terbaik, mengupgarede informasi dan layanan-layanan terkini terkait dengan kepustakaan.

“Kami juga berharap agar mahasiswa dan seluruh Civitas UBB sebagai pengguna perpustakaan bisa mendapatkan layanan yang semakin terstandarisasi dengan baik. Pihak universitas berkomitmen untuk menyediakan layanan baca yang memadai bagi para pencari data, informasi serta referensi. Dan tentu salah satu tantangannya adalah bertransformasi menjadi perpustakaan digital, yang ini perlahan-lahan mulai kita adopsi”, ujar Ibrahim saat menerima kedatangan Pak Budi Afriansyah.

“Kita berharap ke depannya perpustakaan tetap menjadi ruang-ruang yang dicintai oleh para pencari referensi, sekaligus dapat menimbulkan semacam ketertarikan dan relaksasi ketika mereka berkunjung,” tambah Ibrahim.

Berkenaan dengan ungkapannya ini, Beliau sadar harus ada beberapa hal yang perlu diadopsi lebih intens lagi, misalnya penggunaan digital dalam setiap layanan, kemudian penyediaan referensi atau bahan-bahan belajar berbasis digital, dan juga barangkali perlu dikombinasikan dengan layanan-layanan yang sifatnya bisa memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

Hasil Maksimal yang Sudah Disiapkan dari Tahun 2020

Hasil akreditasi A ini dicapai setelah UPT Perpustakaan fokus menyiapkan borang penilaian dari tahun 2020 yang lalu. Bahkan untuk memastikan borang tersebut sudah terisi dengan maksimal sesuai ketentuan, UPT Perpustakaan UBB pada bulan Februari 2020 mengadakan Workshop, dengan langsung mendatangkan Direktur Perpustakaan Nasional RI.

“Dalam borang penilaian yang disiapkan, harus memuat 6 komponen yakni mulai dari kebijakan yang dikeluarkan perpustakaan, kuantitas dan kualitas koleksi, sarana-prasarana, inovasi dan penguat, sumber daya manusia (pustakawan), dan jumlah anggaran (pustakawan),” ungkap Pak Budi Afriyansyah kepada Humas UBB.

Menurut keterangan Pak Budi, 6 komponen yang menjadi penilaian tersebut rata-rata harus mencapai nilai minimal 90 agar bisa mendapatkan akreditasi di grade A.  

Pihak UPT Perpustakaan sendiri sebelumnya sudah melakukan simulasi, dan hasilnya rata-rata mendapatkan nilai 97. Sehingga, sebetulnya nilai A ini sudah diprediksi oleh pihak Pustakawan UBB.

Adapun akreditasi A ini berlaku selama 5 Tahun, yakni dari mulai bulan Mei 2021 hingga Mei 2026. (hz/humas)


Topik

UPT_PERPUSTAKAAN_UBB
. ayar