Kunjungan ke UBB, Kepala Kanwil BPN Babel: Kami Butuh Sumber Daya Manusia dari UBB

Penulis: Editor | Ditulis pada 11 September 2021 12:13 WIB | Diupdate pada 11 September 2021 12:13 WIB


Merawang, UBB— Rektor Universitas Bangka Belitung (UBB), Dr. Ibrahim, M.Si. menerima kunjungan kerja  Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. Oloan Sitorus, S.H., M.S. beserta rombongan di Rektorat UBB (Jumat, 10 September 2021).

Dalam pertemuan ini, kepala kanwil BPN Kepulauan Bangka Belitung menawarkan beberapa program kegiatan kerja sama dengan UBB. Di antaranya penelitian bersama yang akan didanai oleh pihak BPN, kerja sama mensosialisasikan program BPN ke masyarakat luas di Bangka Belitung dengan melibatkan mahasiswa UBB, mengadakan diskusi yang menghadirkan berbagai pihak, serta kolaborasi dalam penyelenggaraan kuliah umum dengan mengangkat isu-isu pertanahan.

Satu hal yang penting yang digaris bawahi Pak Kanwil pada pertemuan tersebut, bahwa masih banyaknya masyarakat kita yang kurang aware dengan pembuatan sertifikat tanah. Padahal menurut Beliau, program dari Pemerintah Pusat yang diberi nama PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) ini merupakan kesempatan emas untuk masyarakat dalam melegalisasi tanahnya secara gratis.

"Kami berharap kepada Pak Rektor, agar nanti bisa menyuport kami dalam menciptakan kesadaran masyarakat untuk program PTSL ini. Salah satunya mungkin bisa dengan melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa UBB," ucap Dr. Oloan Sitorus, S.H., M.S.

Dr. Ibrahim, M.Si selaku Rektor UBB, langsung menawarkan agar program sosialisasi ke masyarakat yang ingin dijalankan BPN ini bisa langsung masuk melalui kelompok-kelompok KKN mahasiswa yang secara kebetulan sedang berjalan.

"Nanti kami bisa menyambungkan permintaan BPN ini kepada para pembimbing KKN melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat kami. Saya yakin pembimbing dan mahasiswa akan merespon baik permintaan ini, karena bisa memperkaya program kerja mereka," terang Ibrahim.

Sementara untuk program riset dengan melibatkan Dosen UBB yang sedang diajukan pihak BPN Provinsi Bangka Belitung ke Kementerian Agraria, Ibrahim menerangkan bahwa, secara kebetulan di UBB memang ada beberapa dosen yang expert di bidang/isu-isu pertanahan.

"Jadi, ini akan sangat pas serta bisa langsung berjalan jika memang BPN Bangka Belitung sudah menganggarkan program riset tersebut," ucap Ibrahim, yang dalam pertemuan ini didampingi oleh Kepala BAKK, Hesty M.Pd, dan Kepala BPKKU UBB, Sugeng Riyadi Ak. (hz/humas)


Topik

REKTOR_UBB
. ayar