Kurma Jilid II, UBB Gelar Penyembelihan Hewan Qurban Idul Adha 1442 H

Penulis: Editor | Ditulis pada 23 Juli 2021 16:07 WIB | Diupdate pada 23 Juli 2021 16:07 WIB


MERAWANG, UBB — Sebagai wujud perayaan Idul Adha 1442 H bersama keluarga besar Universitas Bangka Belitung (UBB) dalam dua tahun terakhir ini rutin mengadakan acara penyembelihan hewan kurban yang dikenal dengan istilah "Kurma (Kurban Bersama)"yang dipusatkan di lingkungan kampus.

Di hari raya Idul Adha tahun ini, panitia Kurma UBB menerima 3 hewan kurban, yang terdiri dari 2 ekor sapi dan 1 ekor kambing yang dilaksanakan pada Kamis, 22 Juli 2021.

Pembagian daging kurban diserahkan langsung panitia kepada para fakir miskin dan anak yatim yang tinggal di seputaran Kampus Terpadu UBB.

Selain itu, panitia Kurma UBB juga menyerahkan santunan uang secara langsung untuk para anak yatim/piatu dan kurang mampu yang ada di Desa Balunijuk (desa terdekat dengan kampus UBB).

Guskarnali,salah satu panitia Kurma, yang juga merupakan Dosen di Teknik Tambang UBB mengatakan, ada 10 anak yatim yang akan menerima uang santunan dari civitas akademika UBB. Hanya saja yang bisa hadir secara langsung pada hari tersebut hanya 6 anak.

"Mudah-mudahan uang santunan ini menjadi berarti bagi adik-adik kita. Paling tidak bisa membantu mereka membeli keperluan atau perlengkapan sekolah", ungkap Guskarnali (Kamis, 22/07).

Acara yang bertajuk " Kurma Jilid II Idul Adha 1442 Hijriah" yang dilaksanakan di Gazebo, Gedung Fakultas Ekonomi ini dihadiri langsung oleh Rektor UBB, Dr. Ibrahim, M.Si., para Wakil Rektor dan juga para pimpinan Unit Kerja di Lingkungan UBB.

Saat memberi sambutan, Ibrahim cukup terfokus menyampaikan bagaimana hakikat dari Berkurban dalam agama Islam. Salah satunya, Beliau menekankan, esensi dari berkurban itu adalah mengiklhaskan sesuatu yang kita miliki, dan bahkan sesuatu yang sangat berharga sekalipun, untuk dialihkan atau "dikorbankan" sepenuhnya di jalan Allah SWT.

Ibrahim juga berbicara bagaimana Beliau mengapresiasi kegiatan Kurma ini. Sebab telah terbukti kalau pandemi Covid-19 tidak sampai menghalangi para civitas UBB untuk menunaikan ibadah kurban dan bersedekah kepada anak yatim/piatu dan fakir miskin di momen Idul Adha 1442 H. (hz/humas)


Topik

KURMA_UBB
. ayar