24 Mahasiswa UBB Debat Bahasa Inggris Rebut Posisi “The Dream Team”

Para Peserta NUDC--Foto Bersama peserta NUDC dengan Wakil Rektor I Bid Akademik dan Kemahasiswaan, Ka. UPT Bahasa dan Ka.BAKK dalam kegiatan NUDC pada Selasa (18/4)

 

Balunijuk (UBB) - - 24 Mahasiswa UBB beradu argumen dalam National University Debating Championship (NUDC) tingkat Perguruan Tinggi (PT) di Kampus terpadu Balunijuk Merawang, Selasa (18/4) pagi. Tentu saja, yang membuatnya menarik adalah mereka wajib beargumen dalam bahasa Inggris secara mahir. Kemahiran berdebat ini akan menentukan siapa yang dipilih masuk delapan besar. Selanjutnya, dari delapan besar akan dipilih tiga orang mengisi posisi dua Debater dan satu Adjudicator ke kompetisi NUDC tingkat wilayah II.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Ismed Inonu dalam pembukaan acara mengapresiasi ke-24 peserta yang hadir bertanding dalam NUDC tingkat PT ini.

“Kalian sudah saya anggap sebagai pemenang, terutama menang dari kemalasan dan rasa enggan untuk berprestasi, ini adalah sebuah langkah maju,” ungkap Ismed.

Beliau melanjutkan bahwa kegiatan kemahasiswaan seperti NUDC sangat penting untuk meningkatkan rangking Perguruan Tinggi. Untuk itulah, dirinya berharap acara dapat diikuti makin banyak peserta tahun mendatang.

“Semoga tahun ini, kita bisa meloloskan utusan kita ke tingkat wilayah Sumbagsel, sehingga (lolos-red) bisa ikut tingkat Nasional dan bahkan Internasional,” harap Ismed lagi.

Pantauan di lapangan, para peserta tampak fokus mempersiapkan materi dan teknik debat. Adapun tema yang dipertandingkan adalah Sistem Pendidikan di Finlandia, Transportasi Publik yang Ramah bagi Perempuan dan Pinjaman Kuliah untuk Masyarakat. Peserta cukup memilih satu tema untuk dipresentasikan di depan juri yakni Dini Wulansari, M.A dan Nurvita Wijayanti, M.Hum.

Sebagian besar peserta didominasi oleh mahasiswa dari program studi Sastra Inggris, kemudian disusul Ilmu Politik, selanjutnya beberapa dari Ilmu Hukum, Agribisnis dan Manajemen Sumberdaya perairan.

Direncanakan, delapan besar akan diumumkan oleh panitia pada Rabu pagi (19/4) besok. Sebelum berangkat, mereka akan menjalani pelatihan dan seleksi hingga terbentuk satu tim. The Dream Team ini nantinya akan bersaing di wilayah II dengan sejumlah PT dari lampung, Bengkulu dan Sumatera Selatan. (Iks/BAKK)

 
Universitas Bangka Belitung
Dikembangkan oleh BAPSI| Universitas Bangka Belitung.