2.662 Peserta di Panlok 24, Berlaga di Jalur SBMPTN

TES SBMPTN - Panlok 24 Universitas Bangka Belitung (UBB) menggelar tes Seleksi Bersama Masuk Perguran Tinggi Negeri (SBMPTN) serempak se Indonesia hari ini. Sebanyak 2.662 peserta SBMPTB akan mengikuti pelaksanaan tes di panlok 24 yang akan dilaksanakan di Pangkalpinang dan Tanjung Pandan, selasa (16/5/2017) pagi.

PANGKALPINANG, UBB – Tes SBMPTN 2017 panlok 24 dilaksanakan di dua tempat, yakni sub panlok 24 Pangkalpinang yang dilaksanakan di SMAN 1 Pangkalpinang, SMKN 2 Pangkalpinang, dan Kampus Terpadu UBB, sedangkan untuk sub panlok 24 Tanjung Pandan dilaksanakan terpusat di SMAN 1 Tanjung Pandan. Total peserta yang akan mengikuti SBMPTN sebanyak 2.662 orang, yang terdiri dari tiga kelompok ujian yakni saintek, campuran dan sosial humaniora dengan sistem Paper Based Test (PBT) dan Computer Based Test (CBT).

Pelaksanaan tes SBMPTN menggunakan sistem PBT kelompok campuran dilaksanakan di SMAN 1 Pangkalpinang, kelompok Saintek di SMKN 2 Pangkalpinang dan kolompok Soshum bertempat di Kampus Terpadu UBB, untuk pelaksanaan sistem CBT hanya dilaksanakan terpusat di laboratorium komputer Kampus Terpadu UBB Balunijuk. Pelaksanaan Test SBMPTN Sub Panlok 24 Tanjung Pandan dilaksanakan disatu lokasi yakni SMAN 1 Tanjung Pandan Belitung dengan sistem PBT kelompok campuran, saintek dan soshum.

Koordinator Pelaksana ujian PBT/CBT Panlok 24 Pangkalpinang Firlya Rosa SST MT didampingi Koordinator PBT Dr Ibrahim SFil MSi saat memantau pelaksanaan tes SBMPTN di SMKN 2 Pankalpinang menjelaskan, pelaksanaan tes SBMPTN 2017 berjalan lancar dan baik, pendistribusian naskah soal ujian sudah didistribusikan kelokasi-lokasi pada jam 05.30 wib. Laporan dari penanggung jawab lokasi (PJL) disetiap lokasi tidak ada kendala yang siknipikan, “hanya ada satu pengawas yang kita ganti bertempat di lokasi SMAN 1 Pangkalpinang, karena telat hadir dan langsung diganti dengan pengawas cadangan” ungkap Ibrahim.

Penanggung jawab lokasi SMAN 1 Pangkalpinang Dr Reniati SE MSi membenarkan pengantian pengawas diakrenakan keterlambatan dari batas waktu yang telah ditentukan pukul 06.30 WIB, “kita sudah menganti pengawas yang terlambat dengan pengawas cadangan” uangkapnya.

Laporan dari Penanggung jawab lokasi SMKN 2 Pangkalpinang Wahyu Adi SPi MSi, dan penanggung jawab lokasi Kampus Terpadu UBB Dr Tri Lestari SP MSi, serta penanggung jawab lokasi CBT Ghiri Basuki Putra ST MT dijumpai dilokasi masing-masing tes SNMPTN, melaporkan tidak ada kendala untuk tes PBT dan CBT, semua berjalan dengan baik. Begitu pula hal senada laporan dari penanggung jawab lokasi SMAN 1 Tanjung Pandang Suhdi SST MT melalui saluran handphone pribadinya. 

Nampak tim monitor dan evaluasi (monev) SBMPTN 2017 Prof Dr Wahjoedi ME MPd, yang didampingi tim monev internal UBB M Jumnahdi ST MT memantau secara langsung pelaksanaan test di tiga tempat Sub Panlok 24 Pangkalpinang. Menanggapi pelaksanaan tes SBMPTN, Prof Wahjoedi menegaskan semua sesuai dengan prosedur dan tatalaksana yang telah ditetapkan panitia pusat.  Meski ada sejumlah catatan pada saat memeriksa buku panduan yang tidak diterangkan secara detail pada penjelasan daftar isi, namun itu tidak berarti apa-apa jika dilihat dari seluruh aspek standar yang digelar, ungkapnya. 

Ditempat terpisah pelaksanaan SBMPTN, Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi didampingi Wakil Rektor I Dr Ir Ismed Inonu MSi memantau kesiapan ruangan tes PBT dan CBT, serta memastikan kelancaran proses tes SBMPTN dilokasi Kampus Terpadu UBB.

Untuk pelaksanaan waktu tes Saintek dimulai pukul 07.00 WIB dan berakhir pada pukul 11.45 WIB, dan untuk tes Campuran dimulai pukul 07.00 WIB dan berakhir pada pukul 14.30 WIB sedangkan untuk Soshum dimulai pukul 09.45 WIB dan berakhir pada pukul 14.30 WIB. Raungan sirene menandai awal pelaksanaan tes secara serempak, begitu pula waktu istirahat dan berakhirnya tes, sirene kembali berbunyi.

Nampak dari hasil pemantau di lapangan wajah-wajah serius para peserta mengikuti tes SBMPTN. Suasana disetiap ruangan nampak hening dan terlihat sekilas wajah cemas dari beberapa peserta melihat soal-soal yang berada didepan mereka. Peserta tes SBMPTN nampak fokus mengerjakan soal-soal ujian agar bisa berhasil, dan diterima nantinya di perguruan tinggi negeri (PTN) yang mereka pilih.

Dari hasil rekapan PJL masing-masing lokasi yang telah dilaporkan ke Koordinator Pelaksana ujian PBT/CBT Panlok 24 Firlya Rosa SST MT pukul 16.00 WIB kepada Humas SBMPTN UBB, dari total 2.662 peserta SBMPTN 2017 yang terdaftar di Panlok 24 UBB, peserta yang tidak hadir mengikuti tes SBMPTN sebanyak 189 orang.  

Rincian peserta tes SBMPTN Sub Panlok 24 Pangkalpinang, pelaksanaan sistem PBT kelompok campuran SMAN 1 Pangkalpinang dari total peserta 522 yang tidak hadir menggikuti tes sebanyak 42 orang, kelompok Saintek di SMKN 2 Pangkalpinang total peserta 744 yang tidak hadir sebanyak 51 orang, dan kolompok Soshum bertempat di Kampus Terpadu UBB dari total peserta 930 yang tidak hadir mengikuti tes sebanyak 55 orang. untuk pelaksanaan sistem CBT yang dilaksanakan di Kampus Terpadu UBB dari 140 peserta yang tidak hadir menggikuti tes sebanyak 13 orang.

Sub Panlok 24 Tanjung Pandan test SBMPTN dilaksanakan di SMAN 1 Tanjung Pandan Belitung dengan sistem PBT kelompok campuran dari total peserta 94 yang tidak hadir mengikuti tes sebanyak 9 orang, kelompok saintek total peserta 143 yang tidak hadir sebanyak 7 orang, dan kelompok soshum total peserta 146 yang tidak hadir mengikuti tes sebanyak 12 orang. (Ags/Humas)

 

 

 

 
Universitas Bangka Belitung
Dikembangkan oleh BAPSI| Universitas Bangka Belitung.