75 Mahasiswa Baca Deklarasi Kebangsaan di Pulau Terluar Indonesia

DEKLARASI NIPAH --  Sebanyak 75 mahasiswa, rektor dan wakil rektor dari 30 PTN Wilayah Barat membacakan Deklarasi Nipah di Pulau Nipah, Kepri, kamis lalu.   Pada pembacaan Deklarasi Kebangsaan ini hadir   Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi, Warek I UBB Dr Ir Ismed Inonu MS,   Wahyu Firmansyah (Presiden Mahasiswa UBB) dan  Eldy Saputra (Ketua Umum DPMKM UBB).  

PULAU NIPAH, UBB -- Menggunakan sepuluh speedboat  yang diberangkatkan dari Pelabuhan Sekupang, Batam,  75 mahasiswa dari 30 perguruan tinggi negeri (PTN)  di wilayah Barat,    Kamis (7/09/2017) pagi tiba di Pulau Nipah.   Mereka menggelar Apel Kebangsaan dan langsung membacakan Deklarasi Nipah di pulau yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia itu.

Pembacaan Deklarasi Kebangsaan Indonesia ini  berlangsung   di dermaga  TNI-AL Pulau Nipah, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).  Hadir dalam acara yang diprakarsai   Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri (BKS-PTN) Wilayah Barat ini  Ketua BKS-PTN Wilayah Barat Prof Dr Syafsir Akhlus MSc, 30 rektor dan wakil rektor dari 30 PTN Wilayah Barat.

Wakil dari Bangka Belitung adalah  Rektor Universitas Bangka Belitung (UBB) Dr Ir Muh Yusuf MSi, Wakil Rektor I UBB Dr Ir Ismed Inonu MS,  Ketua Umum Dewan Perwakilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa  (DPMKM) UBB Eldy Saputra  Wijaya dan Presiden Mahasiswa UBB Wahyu Firmansyah.

Ketua Umum DPMKM UBB Eldy Saputra, Senin (11/09/2017) petang, mengemukakan  tujuan  dari Deklarasi Pulau Nipah itu -- populer disebut  sebagai  Deklarasi Nipah --  untuk lebih meneguhkan  lagi semangat Bhineka Tunggal Ika di PTN  dan menjaga kedaulatan NKRI.

Isi dari Deklarasi Nipah itu sendiri antara lain komitmen 30 pimpinan  PTN Wilayah Barat  untuk menyelenggarakan pendidikan,  membangun keilmuan dan karakter manusia Indonesia  menjadi insan yang bermoral, beretika,  cerdas dan berjiwa Pancasila.

 Bendera Universitas Bangka Belitung (UBB) berkibar di Pulau Nipah; pulau terluar Indonesia, yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia.  Bendera UBB ini dikibarkan oleh Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi (kiri), Warek I UBB Dr Ir Ismed Inonu MS (kanan),   Wahyu Firmansyah (Presiden Mahasiswa UBB, kiri) dan  Eldy Saputra (Ketua Umum DPMKM UBB, kanan).  

“Deklarasi Nipah juga  menegaskan larangan  segala bentuk paham radikalisme, ektrimisme, anti toleransi dan anti bhineka tunggal ika serta kegiatan yang mengancam keutuhan NKRI,” tukas Eldy, mahasiswa Teknik Pertambangan UBB.

 Deklarasi Nipah di Pulau Nipah  pekan lalu itu  menurut Rektor UBB Muh Yusuf merupakan tindaklanjut dari arahan Presiden RI Joko Widodo kepada 1.000 rektor se Indonesia agar pro-aktif mencegah munculnya radikalisme dan ekstrimisme di seluruh kampus di Indonesia.

 “Deklarasi Kebangsaan Indonesia itu menggugah  jiwa patriotisme  untuk selalu mempertahankan keutuhan NKRI,” ujar Eldy, menambahkan 75 mahasiswa PTN Wilayah Barat yang hadir pada acara itu  mengenakan  jaket almamater masing-masing.

“Sama dengan saya,  kami  dengan penuh semangat dan  ‘berapi-api’  membacakan semua butir  isi  Deklarasi Nipah itu,” tukas Eldy.

Usai pembacaan Deklarasi Nipah, setiap perwakilan PTN menanam pohon mangrove di sepanjang pantai Pulau Nipah.  Kegiatan ini merupakan  simbol kecintaan civitas akademika  terhadap lingkungan dan perairan Indonesia.

Aktraksi lainnya adalah  10 speedboat membentuk 72 Tahun Kemederkaan RI dan formasi Bendera Merah Putih di  utara laut Pulau Nipah. (Eddy Jajang J Atmaja)  

 

 
Universitas Bangka Belitung
Dikembangkan oleh BAPSI| Universitas Bangka Belitung.