Atlet BAPOMI Babel Siap Berkompetisi Di POMNAS XV Makasar

Ketua Bapomi Kep. Babel Dr Ir Ismed Inonu MSI, melangsungkan rapat koordinasi persiapan keberangkatan dengan pengurus Bapomi dan atlet dari Universitas Bangka Belitung (UBB) bertempat diruang rapat kecil Rektorat Gedung Babel IV, Kampus Terpadu UBB, Balunijuk, senin (2/10) siang.

MERAWANG, UBB – Menghadapi Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) Oktober 2017 mendatang di Makasar, Propinsi Kepulauan Bangka Belitung akan ambil andil di 6 cabang olahraga (cabor). Ada 4 (empat) Perguruan Tinggi yang akan diutus untuk mewakili Bangka Belitung yaitu Universitas Bangka Belitung (UBB),  STIMIK  Atma Luhur Pangkalpinang, STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung, serta Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung, dengan total kontingen sebanyak 48 orang, yang terdiri dari 34 atlet, 6 pelatih, serta 8 official.

Universitas Bangka Belitung sendiri akan menurunkan 11 atlet yang akan mengikuti Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) yang dijadwalkan akan dimulai  tanggal 14 -21 Oktober mendatang. Ketua Bapomi Kep. Babel dan secara Ex-officio sebagai Wakil Rektor I UBB, Senin (2/10) siang, melangsung rapat koordinasi persiapan keberangkatan dengan pengurus dan atlet dari UBB bertempat diruang rapat kecil Rektorat Kampus Terpadu UBB. 

Pengurus Bapomi setelah siang ini, direncanakan secara meraton akan melaksanakan rapat koordinasi dan persiapan keberangkatan dengan Perguruan Tinggi lain, yang tergabung dalam kontingen Bapomi Kep. Babel untuk berkompetisi pada Pomnas di Makasar.

Ismed menjelaskan pada ajang Pomnas di Makasar, selain mewakili Perguruan Tinggi, kita juga membawa bendera Bapomi Kep. Babel, dan ini murni biaya mandiri dari perguruan tinggi masing-masing, dan hanya 4 perguruan tinggi saja yang menyanggupinya. 

Ia juga menyampaikan, sejak kiprah terakhir dalam kompetisi Pomnas tahun 2013 di Yogyakarta, kontingen Bapomi Babel telah berjaya dan sukses mengharumkan Babel dengan perolehan 8 Medali, 2 Emas, 2 Perak, dan 4 Perunggu, namun pada Pomnas XIV di Aceh tahun 2015 dari 34 propinsi se-Indonesia, provinsi Sulawesi Barat dan Bangka Belitung yang tidak mengikuti kejuaraan tersebut dikarenakan ketiadaan anggaran.

“Tahun ini, karna Pomnas itu 2 (dua) tahun sekali, kita ‘Bapomi Kep. Babel’ akan ikut serta,  walaupun harus menggunakan dana mandiri perguruan tinggi masing-masing”, ungkapnya.
Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Bapomi berharap Gubernur Kep. Babel dapat melepaskan Kontingen ini secara resmi pada acara pelepasan kontingen Bapomi Babel yang akan berlaga di Pomnas Makasar mendatang.

 “Walaupun kita berangkat menggunakan dana mandiri perguruan masing-masing, namun kita juga mewakili dan membawa bendera Bapomi Kepulauan Bangka Belitung”, sambungnya.

Saat ini, seluruh atlet cabang olahraga yang akan turun pada Pomnas tersebut sedang menjalani pemusatan dan latihan secara individu dan diawasi oleh pelatih masing-masing. Mengingat keterbatasan dan tidak adanya dana pelatihan yang dianggarkan oleh perguruan tinggi, namun para atlet dan pelatih memaklumi kondisi tersebut, dan berkomitmen serta berupaya semaksimal mungkin untuk mensukseskan kegiatan ini dan bisa meraih prestasi.

Tak tanggung-tanggung pengurus Bapomi Babel menargetkan tiga mendali emas melalui cabang olahraga pencak silat dan atletik, dan saat ini para atlet yang akan diberangkatkan telah mempersiapkan diri untuk berkompetisi pada Pomnas di Makasar, serta berusaha menjadi yang terbaik. Selamat bertanding, semoga kontigen Bapomi Babel meraih prestasi dan membanggakan Bangka Belitung. (Ags/Humas)

 

 

 
Universitas Bangka Belitung
Dikembangkan oleh BAPSI| Universitas Bangka Belitung.