Bumn Babel, Gelar Kuliah Umum Di FH UBB

Wakil Rektor I UBB Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr Ir Ismed Inonu MSi (tengah, baju putih), foto bersama dengan Ketua BUMN Kepulauan Babel Susana Ratna Saragih (sebelah kanan WR 1 UBB), beserta para pimpinan BUMN yang ada di wilayah Babel, saat pembukaan kegiatan program ‘BUMN Mengajar’ di Fakultas Hukum (FH) Kampus Terpadu UBB, Balunijuk

MERAWANG, UBB – Fakultas Hukum (FH) bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Negara di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan menggelar program ‘BUMN Mengajar, yang merupakan salah satu perwujudan BUMN hadir untuk negeri, melalui Kuliah Umum bertempat di ruang vidio confren (vidcom) Fakultas Hukum (FH) Kampus Terpadu UBB Balunijuk, Senin (02/10/2017) pagi.

Program ini dilaksanakan sebagai wujud nyata kepedulian BUMN untuk berperan serta dalam membangun negeri, sekaligus sebagai kontribusi perusahaan dalam kemajuan pendidikan khususnya di Bangka Belitung.

Rio Armanda Agustian SH MH mewakili Dekan FH UBB menyampaikan, ucapan terimakasih kepada para pimpinan BUMN yang telah hadir dan tidak dapat disebutkan satu persatu untuk terselenggaranya kuliah umum ini. Ia juga mengungkapkan ini bagian dari salah satu bentuk kogrit dan komitmen Dekanat dan Jurusan, serta agenda bulanan kalender akademik FH UBB untuk pengembangan wawasan akademisi dilingkungan FH.

Rio juga menyapaikan, bahwa Kegiatan ini juga disiarkan secara Live Streaming melaui “Video Conference”, dan disaksikan langsung oleh 42 Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia yang memiliki laboraturium vicom.

Dalam sambutan Ketua Umum BUMN Kepulauan Babel Susana Ratna Saragih, dengan terselenggaranya kuliah umum melalui program ‘BUMN Mengajar’ dapat memberikan manfaat dan wawasan pengetahuan bagi mahasiswa maupun alumni untuk mengenal BUMN lebih dekat dalam menghadapi dunia kerja nantinya.

“Kami berharap kuliah umum "BUMN Mengajar" dibebrapa Fakultas, dengan harapan bahwa materi yang disampaikan berguna dan menambah pengetahuan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja, dan teorinya”, ungkapnya.

Ia juga menjelaskan BUMN Hadir Untuk Negeri melalui program ‘BUMN Mengajar’ merupakan gagasan para petinggi BUMN yang akan dilaksanakan di 34 provinsi se-Indonesia, sebagai kontribusi perusahaan untuk memajukan daerah terkait, dan dalam hal ini antara lain melalui pendidikan untuk meningkatan wawasan pengetahuan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, serta kegiatan-kegiatan lain dalam menghadapi tantangan dunia kerja.

"Kedepannya kami akan membuat juga, bagi anak-anak muda untuk kami latih atau memiliki skill, dan nantinya kami berharap anak-anak muda ini dapat bekerja di perusahaan-perusahaan besar melalui skill yang kami berikan, itu kedepannya", ungkap Ketua BUMN Babel Susana Ratna Saragih pada sambutannya.

Susana mengatakan saat ini kuliah umum mengangkat tajuk ‘hukum kepailitan’ digelar di Fakultas Hukum UBB, dan mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan ini serta berperan aktif untuk bertanya pada saat materi disampaikan nanti. Ia berharap dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas mahasiswa maupun alumni, sehingga bisa bersaing dengan perguruan tinggi yang ada di Pulau Jawa.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada UBB dan mahasiswa yang telah berperan aktif dan antusias mengikuti program ‘BUMN Mengajar’ ini, selamat mengikuti kuliah umum ini, jadikanlah acara ini menjadi ajang tanya jawab, untuk mengetahui bagaimana di praktek kerjanya,” imbuhnya.

Wakil Rektor I UBB Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr Ir Ismed Inonu MSi, mengapresiasi kegiatan kuliah umum dengan tema ‘hukum kepailitan’ bersama BUMN Hadir Untuk Negeri, yang merupakan program "BUMN Mengajar", karena dapat menambah pengetahuan dan kualitas pendidikan di daerah khususnya Bangka Belitung.

"Kami menyambut baik program ini dan sangat tepat dalam kondisi saat ini, dan ini sangat bersesuaian dengan renstranya UBB, yang salah satunya ialah kita ingin mensinkronkan antara pendidikan di kampus dengan kondisi yang sebenarnya diluar kampus”, kata Ismed.

Ia menjelaskan, setelah surat diterima dari Ketua BUMN Babel terkait BUMN Hadir Untuk Negeri melalui program BUMN Mengajar. UBB merespon dan sepakat mengatur jadwal disetiap Fakultas, serta yang mengambil inisiatif pertama adalah Fakultas Hukum, dan akan diikuti oleh Fakultas  Ekonomi, serta menyusul dari Fakultas lain menyesuaikan dengan mata kuliah di program studi masing-masing. Kegiatan ini tidak sekedar kuliah umum saja, namun berlanjut dengan kerjasama lain untuk kepentingan bersama.

“Kegiatan ini tidak sekedar kuliah umum saja, tetapi juga kuliah dikelas, karna dikelas kita mengenal adanya dosen tamu, yakni mengambil satu materi dari satu mata kuliah saja. Kami juga berharap ada kerjasama lebih lanjut, dan kontribusi, serta sinergitas dengan BUMN terkait dibidang tri dharma perguruan tinggi dan bidang lain, yang nantinya dapat dituangkan dalam nota kesepakatan (MoU) sebagai payung hukum bersama," ujar Ismed diakhir sambutannya. (Ags/Humas)

 

 
Universitas Bangka Belitung
Dikembangkan oleh BAPSI| Universitas Bangka Belitung.