Civitas Akademika UBB Gelar Halal Bil Halal 1438 H

Salaman-Rektor dan segenap civitas akademika UBB bersalam-salaman dan saling bermaafan di acara Halal Bilhalal 1438 H, bertempat dihalaman Rektorat Gedung Babel IV Kampus Terpadu UBB.

MERAWANG, UBB - Dalam rangka menjalin silaturahmi dan masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1438 H, Rektor Universitas Bangka Belitung (UBB) menggelar acara halal bil halal dengan seluruh pegawai di lingkungan UBB. Pada kesempatan acara ini, hadir juga tamu undangan dari instansi Pemerintah, instansi Daerah, Komandan Korem 045 Garuda Jaya, Kepala Kanwil Ditjen Pembendaharaan, Kepala BRI Cab. Pangkalpinang, tokoh agama dan tokoh masyarakat Desa Balunijuk, tokoh adat Prov. Babel, serta tamu undangan lainnya. Acara dilaksanakan di halaman Rektorat Gedung Babel IV Kampus Terpadu UBB Desa Balunijuk, Selasa (04/7/2017) pagi.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh riski aditiya Mahasiswa UBB, serta dilanjutkan dengan sambutan Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi. Dalam sambutan Rektor menyampaikan “ke khasan dalam acara halal bil halal ini, intinya adalah untuk saling maaf-memaafkan diantara kita, yang dilakukan dalam bentuk berjabatan tangan”, ungkapnya.

Ia juga mengutip kata-kata bijak dari seorang filsafat “ Orang Baik bukanlah orang yang tidak pernah berbuat kesalahan, tetapi orang baik adalaah orang yang sanggup memperbaiki dirinya dari kesalahan-kesalahan yang telah dilakukannya”, kutipnya.

Kegiatan acara Halal bil halal dan masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1438 H merupakan saat yang tepat bagi seluruh umat Islam, khususnya di lingkungan UBB untuk bersilaturahmi dan saling memaafkan. Hal tersebut sudah menjadi tradisi yang terus dilestarikan oleh civitas akademika UBB.

“Mudah-mudahan tali silaturahmi diantara kita tetap terjaga dengan baik, dan kita berharap semuanya, marilah kita jaga persatuan dan kesatuan bangsa ini. Segenap civitas akademika atau bersama-sama kita bergandengan tangan , bersatu padu dengan tujuan tekad bersama yaitu mambangun UBB yang lebih baik kedepan dan diberkahi Allah SWT”, ujarnya.

Setelah sambutan singkat Rektor UBB, acara dilanjutkan dengan ceramah oleh Ustad Sahirman Jumli. “makna Islam itu As Salamu artinya damai, jadi orang Islam itu suka damai, yang suka propokator itu bukan orang Islam, itu jasadnya Islam, tapi ruhnya belum dapat bimbingan”, tegasnya.

Ia juga menyampaikan, “halal bilhalal ini menciptakan kedamaian, melalui apa ? saling maaf memaafkan, tak ada kedamaian kalau tidak ada saling memaafkan”, ingatnya.

Setelah pembacaan doa, kegiatan dilanjutkan dengan acara inti yaitu bersalam-salaman dan saling bermaafan, serta diakhiri dengan makan siang bersama.

Civitas Akademika UBB mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H ‘Taqabalallahu minna wa minkum’, mohon maaf lahir dan batin. (Ags/Humas)

 

 

 
Universitas Bangka Belitung
Dikembangkan oleh BAPSI| Universitas Bangka Belitung.