Fakultas Teknik UBB Mengelar Kompetisi Robot Line Follower

ROBOT LINE FOLLOWER - Tiga peserta yang masuk kebabak final dalam kompetisi robot line follower tingkat SMP, SMA dan SMK Kepulauan Bangka, di Gedung Penelitian Fakultas Teknik (FT), Kampus Terpadu UBB.

 

MERAWANG, UBB – Dalam memeriahkan Dies Natalis Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik (FT) Universitas Bangka Belitung (UBB) di bulan Mei 2017 mendatang,  Prodi Teknik Elektro menggelar kompetisi robot line follower tingkat SMP, SMA dan SMK Kepulauan Bangka, di ruang lobi Gedung Penelitian FT, Kampus Terpadu UBB Balunijuk, rabu (19/04/2017) pagi.

Kita ketahui perkembangan robot di Indonesia kian maju dan terus berkembang. Sebagai salah satu sarana untuk mewadahi potensi generasi muda di bidang robot, Program Studi Teknik Lektro FT UBB menggelar serangkaian perlombaan, salah satunya kompetisi Robot Line Follower tingkat SMP, SMA dan SMK yang ada di Kepulauan Bangka.

Ketua panitia acara Sdr. Aprianto yang juga mahasiswa semester 6 Teknik Elektro FT UBB, menyatakan lewat acara ini ingin mengenalkan kepada siswa-siswi tingkat SMP dan SMA sedrajat, bahwa di UBB juga ada program studi Teknik Elektro. Ini merupakan bagian dari promosi serta informasi ke masyarakat luas. Ia juga berharap, agar kegiatan serupa dapat berlanjut kedepannya.

Mudah-mudahan di tahun-tahun berikutnya, UBB bisa dan mampu sebagai tuan rumah penyelenggara kegiatan dengan even-even yang besar serta berkelas nasional maupun internasional.

Dari sekian peserta atau tim yang berkompetisi, hanya satu peserta tingkat SMP yang mendaftar yaitu dari SMPN 8 Pangkalpinang, dan atas inisiatif guru pembina SMPN 8 Pangkalpinang, siswanya siap digabungkan dalam berkompetisi, untuk bersaing bersama-sama ditingkat SMA sederajat, dan keputusan ini mendapat sambutan dan tepuk tangan yang meriah dari semua penonton, panitia dan juri yang ada.

Nampak terlihat para peserta dari masing-masing tim seringkali memperbaiki robot mereka sebelum mereka meletakkannya di lintasan yang disediakan panitia.

Kompetisi robot kali ini berjenis robot line follower, jenis robot yang dalam pergerakannya mengandalkan sensor motorik untuk mengikuti lajur-lajur lintasan yang telah disediakan.

Sementara itu salah satu guru pembina SMKN 1 Koba Kabupaten Bangka Tengah, Ibu Siti menuturkan “untuk mempersiapkannya kurang lebih 2 minggu, mereka (siswa) ini juga baru fomula dan mereka ini perwakilan dari kelas 10”.

Dengan adanya kompetisi ini bisa menjadi motifasi bagi siswa-siswi untuk berinovasi, hal ini senada diutarakan Bapak Anto Rianto yang merupakan guru pembina SMPN 8 Pangkalpinang, ia antusias siswanya bisa bersaing dengan kakak tingkatnya, ia juga memberi kiat-kiat untuk menumbuhkan memotifasi siswa dengan belajar sambil bermain dan lewat kompetisi ini bisa menjadi pengalaman bagi siswanya nanti.  

Dari hasil penjurian dari beberapa tahap pertandinga, dimana masing-masing tim silih berganti menduduki posisi tertinggi, namun semua itu bisa berubah setiap waktu. Pada babak final kompetisi robot line follower tim yang tadinya diunggulkan kini kebalikannya. Dari hasil kompetisi final didapatkan tim pemenang antara lain, untuk juara 1 dimenangkan tim Robot Car dari SMAN 1 Namang Kabupaten Bangka Tengah, juara 2 tim Blue Royal One dari SMAN 1 Pemali Kabupaten Bangka, dan juara 3 tim Bigg Boss dari SMPN 8 Pangkalpinang.

Program Studi Teknik Elektro FT UBB memberikan kesempatan kepada sekolah-sekolah baik SMP mapun SMA untuk berkoordinasi dan konsultasi seputar mikro, progremer dan lainnya, untuk menumbuh kembangkan minat, kreativitas dan inovasi pelajar khususnya  terhadap pengembangan teknologi. (Ags/Humas)

 

 
Universitas Bangka Belitung
Dikembangkan oleh BAPSI| Universitas Bangka Belitung.