FPPB UBB Tuan Rumah Kegiatan Semirata Pertanian BKS-PTN Barat 2017

Ketua BKS-PTN Wilayah Barat Dr Sudrajat, menyampaikan sambutannya dihadapan 422 peserta dan tamu undangan pada acara Seminar Nasional dan Rapat Tahunan (Semirata) Bidang Ilmu Pertanian Tahun 2017 di Hotel Santika Bangka, Kamis 20/7/2017 pagi.

SEMIRATA 2017 - Seminar Nasional dan Rapat Tahunan (SEMIRATA) Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri Pertanian Wilayah Barat (BKS-PTN BARAT) merupakan kegiatan tahunan  yang melibatkan semua PTN yang memiliki bidang ilmu pertanian. Kegiatan Semirata ini juga merupakan wadah temu ilmiah  bagi para peneliti, pendidik, instansi/pemerintah daerah, praktisi, mahasiswa dan kalangan industri yang tergabung dalam BKS-PTN Barat yang membahas berbagai kajian ilmu dan hasil-hasil riset khususnya dibidang pertanian yang mampu menghasilkan produk pangan unggulan untuk memajukan pertanian Indonesia.

PANGKALAN BARU, UBB - Fakultas Pertanian Perikanan dan Biologi (FPPB) Universitas

Bangka Belitung (UBB) tahun ini ditunjuk sebagai tuan rumah kegiatan Seminar Nasional dan Rapat Tahunan (Semirata) Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri (BKS PTN) Pertanian Wilayah Barat Tahun 2017. Kegiatan ini terdiri dari Seminar Nasional dan Seminar Hasil Penelitian, serta Rapat Tahunan Forum Dekan Pertanian PTN Barat. Sedangkan untuk Short Trip field trip dilaksanakan seputar Pulau Bangka tanggal (21/7) keesokan harinya, dan untuk Long Trip dilaksanakan di Pulau Belitung selama tiga hari (21-23 Juli 2017) mendatang. Kegiatan Seminar Nasional dan Hasil Penelitian serta rapat tahunan Forum

Dekan Pertanian yang tergabung dalam BKS-PTN Pertanian Wilayah Barat berlangsung satu hari (20/7), yang dilaksanakan di Hotel Santika Bangka, Jalan Soekarno - Hatta Km. 5 No.17, Pangkalan Baru, Bangka Tengah, Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis(20/07/20170) pagi.

Kegiatan SEMIRATA yang dihadiri oleh 33 Perguruan Tinggi Negeri (PTN)  yang mengangkat tema "Mendorong Kedaulatan Pangan Melalui Pemanfaatan Sumber Daya Unggul Lokal", dengan total peserta  sebanyak  422 yang dimulai dari jam 08.00 s.d selesai.

Kegiatan akan berlangsung dari tanggal 20-23 Juli 2017 yang terdiri dari Seminar Nasional dan Rapat Tahunan Dekan Petanian BKS-PTN Barat Tahun 2017, serta long trip dan short trip. Panitia dalam hal ini FPPB UBB selaku tuan rumah penyelenggara kegiatan tidak menduga peserta Semirata Tahun 2017 membludak dan melebihi kuota awal. Panitia pun sempat membatasi peserta lain yang beniat menggikuti seminar ini, dikarenakan keterbatasan daya tampung serta kesiapan panitia sendiri untuk mengakomodir peserta lain nantinya.

Acara Semirata Dekan Bidang Ilmu Pertanian BKS-PTN Wilayah Barat ini dihadiri oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia dalam hal ini diwakili oleh Dr Ir Andi Muhammad Syakir MS selaku Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Pertanian Kementerian Petanian RI beserta rombongan, Gubernur Provinsi Kep. Bangka Belitung dalam hal ini diwakili oleh Ir Tony Batubara MT selaku Kepala Dinas Petanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Direktur  PT. Timah Angro Manunggal Arius Dimara, Ketua BKS-PTN Wilayah Barat Dr Sudrajat, Rektor dan jajaran Akademisi Universitas Bangka Belitung, Pemakalah Semina Nasional, Para Dekan Petanian BKS-PTN Wilayah Barat beserta jajarannya, peserta seminar serta tamu undangan dari Dinas tekait di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dekan FPPB UBB Dr Tri Lestari SP MSi dalam sambutannya melaporkan, “Semua peserta berjumlah 422 peserta, ternyata diluar kuota kita alhamdulillah, dan kami tidak bisa menolak, ternyata peminatnya banyak” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan untuk peserta Semirata diikuti oleh 33 PTN dengan jumlah peserta seminar sebanyak  334  orang, dan 105 peserta rapat tahunan Forum Dekan Pertanian BKS Wilayah Barat beserta pejabat dibawahnya.

Perguruan Tinggi Negeri yang hadir dengan jumlah peserta terbanyak berasal dari Universitas Riau sebanyak 60 peserta, diikuti oleh Universitas Jambi sebanyak 59 peserta, Universitas Tanjung Pura sebanyak 45 peserta, Universitas Lampung sebanyak 44 peserta, serta Universitas Bengkulu sebanyak 31 peserta.

Dalam sambutan Ketua BKS-PTN Pertanian Wilayah Barat Dr Sudrajat (Dekan FP Unpad, Bandung.), “Sebetulnya yang berniat datang kesini ‘Bangka’ dari Wilayah Timur juga banyak Bu,  Tadi Bu Panitia Bu Dekan, Bu Tri menyampaikan bahwa kuotanya sudah habis gitu ya, dan memang kita pahami betul kalau dengan segini, sudah penuh ruangan ini, jadi saya harus sampaikan ke teman-teman di Timur nanti, bahwa permohonan maaf dari panitia ini memang patut diterima, karna bukan mengada-ngada ini, entah apa ini daya tariknya ini, Bangka Belitung luar biasa !!!”, sanjungnya.

Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi selaku tuan rumah dan sekaligus membuka acara Semirata BKS-PTN Pertanian Wilayah Barat Tahun 2017 menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua peserta yang hadir untuk memeriahkan dan mensukseskan acara kegiatan ini.

“Kami dari UBB mohon maaf yang sebesar-besarnya, kiranya dalam penyelenggaraan seminar forum Dekan Pertanian ini ada kekurangannya, tidak bisa secara maksimal melayani Bapak Ibu sekalian dalam penyelenggaraan acara ini. Kami atas Panitia dan UBB mohon maaf yang sebesar-besarnya, tentu dari acara ini kami berharap nanti menghasilkan suatu rumusan yang sangat bermanfaat untuk mengatasi persoalan-persoalan dibidang atau disektor pertanian khususnya swasembada, wabil khusus untuk Provinsi  Kepulauan Bangka Belitung”, Imbuhnya.

Muh Yusuf juga memaparkan hasil pertanian lokal yang unggul di Bangka Belitung kepada peserta Semirata seperti pengolahan hasil lada, nanas dan lain-lain serta pemanfaatan lahan pasca eks tambang timah yang diberdayakan, juga memperkenalkan makanan khas Bangka yang perlu di coba peserta yang hadir saat ini, dan juga memberikan kesempatan bagi peserta nantinya untuk melihat wisata yang ada di Kepulauan Bangka Belitung.

Adapun rangkaian pelaksanaan kegiatan, dilanjutkan dengan pemaparan oleh Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Pertanian Kementerian Petanian RI Dr Ir Andi Muhammad Syakir MS yang menggangkat tema “Peran Inovasi Teknologi  Mendukung Perwujudan Kedaulatan Pangan”.

Selain acara Semirata BKS-PTN Pertanian Wilayah Barat, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan pelantikan Pengurus Komisariat Daerah Bangka Belitung Perhimpunan Angronomi Indonesia (PERAGI) masa bakti 2017-2020, dalam hal ini dilantik langsung oleh Ketua Umum PERAGI Dr Ir Andi Muhammad Syakir MS berdasarkan Surat Keputusan nomor ; 08/SK/PERAGI/KOMDA/2017.

Berdasarkan Surat Keputusan PERAGI, Dr Ir Ismed Inonu MSi diangkat sebagai Ketua Umum Komisar Daerah (Komda) Babel masa bakti 2017-2020. Setelah pembacaan naskah pelantikan, acara dilanjutkan dengan pembacaan ikrar PERAGI yang dipimpin langsung Ketua Umum Komda Peragi Babel dan diikuti Pengurus Komda lain. Rangkaian acara pelantikan pun ditandai dengan penyematan Pin Emas kepada Ketua Umum Komda Peragi

Babel yang disematkan langsung oleh Ketua Umum Peragi Pusat, serta dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat dan foto bersama kepada pengurus yang baru dilantik.

Seminar Nasional semakin seru dan menarik yang dipandu oleh Wakil Rektor III UBB Fadillah Sobri ST MEng dengan menghadirkan 4 narasumber antara lain, Kepala Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ir Tony Batubara MT, Dirut PT Timah Agro Manunggal Arius Dimara, Ketua PERIPI Prof Dr Sobir MSi Guru Besar dari IPB, serta Dr Ir Ismed Inonu MSi selaku akademisi UBB.

Seminar ini akan membahas permasalahan dan solusi berkenaan seputar pertanian untuk mewujudkan kedaulatan pangan dengan tanaman unggul lokal yang cocok dimanfaatkan di lahan pasca tambang melalui inovasi-inovasi yang ramah lingkungan dan ekonomis, serta bersinerji dengan semua pihak, untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat pada umumnya, serta kemajuan pertanian Indonesia.

Setelah kegiatan Seminar Nasional digelar, acara dilanjutkan dengan pemaparan hasil penelitian dari masing-masing pemakala dengan waktu selama lima menit untuk mempresentasikan yang berkaitan dengan bidang pertanian. Peserta pemakalah dibagi menjadi beberapa kelompok terpisah sesuai dengan bidang kajiannya. Hasil penelitian

banyak membahas masalah kelokalan masing-masing daerah yang unggul, juga sebagai ajang saling bertukar informasi baik antar Dekan Pertanian, peneliti serta akademisi masing-masing PTN.

Rapat tahunan Forum Dekan BKS-PTN Pertanian Wilayah Barat ini juga membahas tentang program Kerja Jangka Panjang dan Jangka pendek yang stategis, serta berbagai kemungkinan kerjasama yang ingin dicapai untuk meningkatkan mutu pendidikan masing-masing PTN.

Melalui Semirata ini dapat menghasilkan dan mengantarkan kita kepada kemajuan petanian Indonesia, khususnya Propinsi Kepulauan Bangka Belitung yang menghasilkan produk pangan lokal unggulan yang diminati oleh masyarakat baik dari dalam maupun dari luar negeri. (Ags/Humas)

 

 

 
Universitas Bangka Belitung
Dikembangkan oleh BAPSI| Universitas Bangka Belitung.