FT UBB - Kompetisi Roket Air Tingkat SMP & SMA

ROKET AIR - Peserta siswa-siswi SMP dan SMA berlaga di ajang kompetisi  Roket Air di area parkir Fakultas Teknik Kampus Terpadu UBB.

MERAWANG, UBB – Salah satu rangkaian kegiatan menyambut dies natalis program studi Teknik Elektro Fakultas Teknik (FT) Universitas Bangka Belitung (UBB), menyelenggarakan kompetisi Roket Air tingkat SMP dan SMA Sedrajat Kepulauan Bangka, di halaman parkir Fakultas Teknik, Kampus Terpadu UBB Balunijuk, kamis (20/04/2017) pagi.

Kompetisi roket air yang memanfaatkan air sebagai bahan bakar dan udara sebagai tenaga pendorongnya, dengan menggunakan prinsip fisika ketika suatu botol diisi dengan air dan udara pada tekanan tertentu, udara dalam botol akan menekan ke segala arah, sehingga membuat botol bekas yang berbentuk roket bisa terbang kencang meluncur keudara.

Tujuan diadakan kompetisi roket  ini untuk menumbuhkan minat, kreativitas dan inovasi pelajar serta  kerja tim dalam mengaplikasikan bidang ilmu fisika khususnya dalam percepatan dan gerak.

Peserta terdiri dari tingkat SMP dan SMA sedrajat, untuk tingkat SMP sedrajat dengan 1 kategori  penilaian yaitu kategori tepat sasaran dan jarak terjauh.  Di  tingkat SMA sederajat dengan 2 kategori  penilaian yaitu kategori tepat sasaran dan jarak terjauh serta kategori desain khusus.

Di kategori  tepat sasaran dan jarak terjauh, roket harus jatuh pada titik  zone sasaran yang ditentukan panitia dan akan diukur yang  jatuh roketnya paling jauh dari area perlombaan. Untuk desain khusus peserta beradu keterampilan dalam mendesain dan meluncurkan roket air berdasarkan zona sasaran yang sudah ditentukan dan jatuh terjauh.

Nampak sedari pagi dihalaman parkir FT Kampus Terpadu UBB, pelajar SMP dan SMA memasuki arena perlombaan dengan membawa roket dan peluncur terbaiknya. Perlombaan akan dilaksanakan dari pagi sampai sore hari. Masing-masing tim berupaya memberikan yang terbaik bagi tim dan sekolahnya, segala persiapan untuk memastikan kelayakan sara/alat yang akan digunakan bisa berfungsi dengan baik.

Peserta dituntut untuk mengatur tekanan udara, sudut dan arah roket agar mencapai sasaran yang tepat dan roket jatuh terjauh akan memperoleh poin tertinggi. Peserta yang mengikti perlombaan di tingkat SMA sedrajat sebanyak 13 tim, dan tingkat SMP sedrajat sebanyak 22 tim.

Pada akhir final perlombaan kontpetisi Roket Air yang diselenggarakan FT UBB, untuk tingkat SMP sedrajat pemenang lomba roket air juara 1 dimenangkan dari SMPN 9 Pangkalpinang (tim 1), dan juara 2 dari SMPN 2 Pangkalpinang (tim 1), serta juara 3 dari SMPN 8 Pangkalpinang (tim 2).

Ditingkat SMA sedrajat dengan kategori tepat sasaran dan jarak terjauh untuk pemenang borong habis oleh SMAN 1 Pangkalpinang (Pkl) yang menurunkan beberapa tim, juara 1 dimenangkan dari tim 2 SMAN 1 Pkl, dan juara 2 dari tim 1 SMAN 1 Pkl, serta juara 3 dari tim 3 SMAN 1 Pkl.

Kategori desain khusus tingkat SMA sedrajat kompetisi roket air juara 1 dimenangkan dari SMAN 1 Koba 9 (tim 2) Kabupaten Bangka Tengah, dan juara 2 dari SMAN 1 Namang (tim 1) Kabupaten Bangka Tengah, serta juara 3 dari SMAN 1 Puding Besar Kabupaten Bangka.

Pemenang akan mendapatkan hadiah tropi, sertifikat/piagam , uang pembinaan serta hadia dari para seponsor yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini. Pembagian hadiah bagi para pemenang, akan dilaksanakan di hari Jum’at (21/04/2017) siang berbarengan dengan hasil perlombaan lainnya. (Ags/Humas)

 

 
Universitas Bangka Belitung
Dikembangkan oleh BAPSI| Universitas Bangka Belitung.