Hasil SMM PTN-Barat 2017, 455 Siswa Dinyatakan Lolos Ke UBB

HASIL SMMPTN BARAT 2017 - Penetapan hasil Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMM PTN-Barat Tahun 2017) diumumkan hari ini Selasa (18/07) pukul 14.00 WIB. Pengumuman hasil seleksi dapat diaskes melalui laman http://www.smmptnbarat.id, dan bagi siswa pilihannya ke Universitas Bangka Belitung (UBB) dapat mengakses laman resmi pengumuman PMB UBB; http://ubb.ac.id/content/nama-lulusan-smm-ptn-2017 atau  http://pmb.ubb.ac.id/?q=content/nama-lulusan-smm-ptn-2017.

MERAWANG, UBB – Panitia Pusat Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMM PTN-Barat Tahun 2017), hari ini pukul 14.00 WIB hasil kelulusan secara resmi diumumkan. Jumlah peserta yang dinyatakan lulus seleksi jalur mandiri khususnya ke UBB melalui SMMPTN-Barat 2017 sebanyak 455 siswa. Sementara itu jumlah peserta SMMPTN 2017 yang mendaftar ke UBB sebanyak 885 siswa untuk seluruh program studi di UBB, dan Prodi peminat terbanyak masih didominasi oleh prodi manajemen dan diikuti oleh prodi akutansi.

Wakil Rektor I UBB Dr Ir Ismed Inonu MSi, Kepala BAKK dan didampingi Humas UBB terkait pengumuman hasil SMMPTN-Barat 2017 mengadakan jumpa press dengan wartawan media lokal yang ada di Kepulauan Bangka Belitung sebagai saran memperluas informasi tersebut kepada siswa dan masyarakat, serta hasil nama-nama siswa yang lulus jalur mandiri ke UBB melalui SMMPTN-Barat dan diterima pada PTN akan diumumkan secara online, bertempat di ruang Wakil Rektor I Gedung Babel IV Rektorat, Kampus Terpadu UBB Balunijuk, selasa (18/07/2017) sore.

Wakil Rektor I UBB Dr Ir Ismed Inonu MSi mewakili Rektor UBB, “sebelumnya saya mengucapkan selamat kepada adik-adik kita yang diterima sebagai mahasiswa baru UBB yang lulus di jalur SMMPTN ini,” ujarnya.

“yang jelas dari segi kuantitas kita mengalami kenaikan, kenaikannya sekitar 60 han orang ya, dari 821 ke 885, 64 orang tidak terlalu tinggi, pendaftarnya mengalami kenaikan. Kemudian dari segi kualitas yang jelas soalnya itu standar, jadi kalau dulukan soalnya kita buat sendiri, sekarang soalnya dibuat secara bersama jadi standar 16 Perguruan Tinggi itu kualitas soalnya sama, artinya mereka ujian dimanapun dari 16 itu soalnya sama, yang kemudia yang kedua bagi UBB kita juga bisa menerima mahasiswa luar daerah, tanpa mereka harus datang kesini ‘UBB’ jadi sekalian promosi UBB juga” ujar Dr Ir Ismed Inonu MSi Wakil Rektor I UBB saat diwawancarai media lokal berkenaan Evaluasi dibandingkan dengan penerimaan mahasiswa baru (PMB) di tahun 2016.

Berdasarkan data yang kami terima, dari total 455 alumni SLTA yang dinyatakan lulus SMMPTN-Barat 2017 dan diterima ke UBB dengan rincian antara lain ; sebanyak 129 siswa yang diterima di Fakultas Teknik (FT), di antaranya 25  diterima di Prodi Teknik Mesin, 25 di Prodi Teknik Elektro, 28 di Prodi Teknik Pertambangan, 25 di Prodi Teknik Sipil, 17 di Prodi Kimia, dan 9di Prodi Fisika.

Fakultas Pertanian Perikanan dan Biologi (FPPB) sebanyak 124 siswa yang diterima, diantaranya 30 diterima di Prodi Agroteknologi, 27 di Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan, 8 di Prodi Biologi, 26 di Prodi Agribisnis, 13 di Prodi Budidaya Perairan, dan 20 di prodi Ilmu Kelautan.

Selanjutnya, di Fakultas Ekonomi (FE) dari 102 siswa yang diterima,  diantaranya 36 diterima di Prodi Manajemen, 45 di Prodi Akuntansi, dan 21 di Prodi Ekonomi.

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) yang dinyatakan lulus sebanyak 55 siswa, diantaranya 12 diterima di Prodi Sosiologi, 18 di Prodi Sastera Inggris,  dan 25 orang diterima di  Prodi Ilmu Politik.

Sementara di Fakultas Hukum (FH), yang hanya punya satu prodi (Ilmu Hukum) dinyatakan lulus sebanyak 45 siswa.

Wakil Rektor I UBB juga mengingatkan siswa yang diterima di UBB wajib melakukan verifikasi data  secara online pada tanggal 19 s.d 24 Juli 2017, bagi calon mahasiswa yang tidak mengisi dan mengunggah dokumen lengkap saat verifikasi sampai waktu yang ditentukan dianggap melepaskan haknya sebagai calon mahasiswa UBB tahun Akademik 2017/2018. Bagi calon mahasiswa dinyatakan lolos verifikasi untuk penentuan besaran uang kuliah tunggal (UKT) dapat dilihat di laman: pmb.ubb.ac.id pada hari sabtu tanggal 29 Juli 2017 mulai pukul 14,00 WIB, serta bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lolos verifikasi wajib hadir untuk melakukan registrasi di Rektorat UBB pada tanggal 02 Agustus s.d 03 Agustus 2017 dari Jam 08.00 s.d selesai.

“Bercermin dari SBMPTN kemarin yang tidak daftar ulang lumayan besar 179 orang, jadi rupanya yang tidak daftar ulang itu karena kesengajaan, banyak juga karna lalai atau tidak faham, lalai itu misalnya setelah 2 hari setelah tutup daftar ulang kesini ‘UBB’ baru mau daftar ulang, bahkan kemarin baru ada yang datang, karna ketidak tahuan dan tidak mencermati pengumuman yang kita sampaikan, nah oleh sebab itu maka kita harapkan bagi calon mahasiswa baru yang diterima ini, jadi selain kita mengucapkan selamat, juga kita harapkan mereka mengikuti tahapan-tahapan didalam registrasi ini, mulai dari verifikasi online sampai dengan daftar ulang, sebelum kita putuskan sebagai mahasiswa baru” ungkapnya.

Data terakhir yang kami terima, daya tampung untuk SNMPTN hanya tercapai 26 % atau sebanyak 292 siswa yang registrasi atau daftar ulang ke UBB, dari rilis berita sebelumnya yang lulus SNMPTN ke UBB sebanyak 429 siswa, sehingga yang tidak daftar ulang sebanyak 137 siswa. Sehingga kuota di SBMPTN dinaikkan dan tercapai hanya 41,24 % atau sebanyak 464 siswa yang daftar ulang dari 643 yang dinyatakan lulus ke UBB. Secara otomatis untuk kuota SMMPTN dari hasil siswa yang banyak tidak daftar ulang dijalur SNMPTN dan SBMPTN, untuk SMMPTN dinaikan menjadi 32,81 %  atau sebanyak 455 siswa yang dinyatakan lulus ke UBB jalur SMMPTN, dan itu sudah termasuk cadangan 5 % untuk mengantisipasi kalau ada siswa yang tidak data ulang, sehingga daya tampung sesuai dengan daya tampung awal UBB yaitu sebanyak 1.125 Mahasiswa Baru.

Panitia PMB UBB mengingatkan kembali, bagi Calon Mahasiswa yang telah diterima di jalur SMMPTN-Barat 2017 di Universitas Bangka Belitung untuk melakukan verifikasi data secara online di laman http://ubb.eakademik.id/ubb/pmb.zul pada tanggal 19 Juli s.d. 24 Juli 2017, dan wajib mengunggah dokumen berikut (dalam bentuk jpg/pdf,ukuran maksimal 500kb) pada batas waktu yang telah ditentukan. Info lengkap dapat dilihat pada laman www.smmptnbarat.id dan website pmb.ubb.ac.id. (Ags/Humas) 

 

 
Universitas Bangka Belitung
Dikembangkan oleh BAPSI| Universitas Bangka Belitung.