Incar Prestasi Tingkat Nasional, Ratusan Mahasiswa/I UBB Ikuti ONMIPA

KONSETRASI--Ratusan Mahasiswa/i UBB tampak fokus mengerjakan soal-soal seleksi ONMIPA yang diselenggarakan di Gedung Dharma Penelitian Fakultas Teknik Jumat (24/2) tadi.

Merawang (UBB) - - Ratusan mahasiswa/I antusias ikuti seleksi tahap satu Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ONMIPA) yang diselenggarakan oleh panitia lokal UBB di Gedung Dharma Penelitian Fakultas Teknik Kampus Terpadu Jum’at (24/2) tadi. Nantinya, mereka yang terpilih sebagai tiga terbaik akan berkesempatan menjadi wakil UBB pada ONMIPA tingkat wilayah Maret nanti di Palembang.

Pantauan di lapangan, sedari pagi ratusan mahasiswa dari beragam jurusan dari sejumlah fakultas tampak bersemangat menjawab soal-soal dari bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi dalam waktu 90 menit. Lepas sholat Jum’at, setelah tim juri melakukan penjurian, akhirnya didapat nama-nama yang masuk tiga terbaik.

Mereka antara lain Setiawan R, Liana N, Sri Wahyuni untuk bidang Matematika; Sartika, DindaOktaverina, Megiyan Dana Winata (Fisika); Indra Chang, AyuRatna Sari, Eva Yulianti (Kimia), serta Hardina, AengSaputra, NoviaAnggraini (Biologi). Selanjutnya mereka akan diberikan pembinaan untuk dipilih wakil dari UBB menuju seleksi tahap dua ONMIPA tingkat wilayah di Palembang nanti. Sebagai informasi, jika sukses di wilayah, peserta akan lanjut ke tingkat Nasional dan Internasional terutama pada bidang Matematika.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Ismed Inonu dalam pembukaan acara, mengungkapkan bahwa pemerintah sedang berusaha untuk meningkatkan SDM di bidang ilmu-ilmu dasar (Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi). Beliau melanjutkan bahwa penguasaan atas ilmu dasar ini akan bermuara pada penguasaan teknologi yang akhirnya akan menentukan kemajuan suatu bangsa.

“Teknologi bisa maju jika IPTEK dikuasai terutama pada kemampuan menguasai terhadap ilmu-ilmu dasar, dan seleksi ONMIPA ini merupakan upaya meningkatkan kembali minat mahasiswa dalam peningkatan IPTEK, “ katanya.

Ismed mengapreasiasi mahasiswa yang telah ikut serta dalam kegiatan ini seraya berharap persiapan menjelang seleksi wilayah mampu memberikan bekal yang cukup kepada wakil UBB untuk berlaga nantinya.

“Semoga UBB Berjaya dan mampu berkiprah di tingkat Nasional dan Internasional,” harapnya.(Iksander)

 

 
Universitas Bangka Belitung
Dikembangkan oleh BAPSI| Universitas Bangka Belitung.