Jurusan Fisika Gelar Seminar Peran Fisika dalam Industri Pertambangan dan Teknologi Material

MERAWANG, UBB --  Memasuki tahun ajaran baru 2017/2018,  Jurusan Fisika Universitas Bangka Belitung (UBB)  menggelar  seminar  yang sekaligus kuliah umum bersama dengan tema “Peran Fisika dalam Industri Pertambangan dan Teknologi Material” di Ruang Rapat Besar Rektorat Gedung Babel IV, Sabtu (26/08/2017).

Dihadiri dosen dan seluruh  mahasiswa  jurusan fisika,  kegiatan yang  dilaksanakan satu hari setelah penutupan kegiatan Spesivik XI ini  bertujuan memberi  gambaran umum dan  membuka wawasan mahasiswa  -- khususnya bagi mahasiswa baru --  terkait peluang kerja lulusan.  Termasuk pula  membuka peluang magang  bagi mahasiswa untuk program kerja praktek yang wajib diambil pada semester VII di Jurusan Fisika.

Seminar perdana Jurusan Fisika yang diketuai Herman Aldila SPd M.Si dan dibuka langsung Ketua Jurusan Fisika Rika Favoria Gusa ST M.Eng ini,   menghadirkan dua pemateri yaitu Hidayat Saputra ST (Kepala bagian Geofisika pada Geologi Eksplorasi Darat PT Timah Tbk) dan Muhamad Ikhlasul Amal, SSi M.Si. PhD (Kepala Loka Pengembangan dan Aplikasi Material Biokompatibel Implan Orthopedi, LIPI Serpong, Tangerang).

Pada sesi pertama, Hidayat Saputra banyak mengulas teknologi eksplorasi darat menggunakan pendekatan geolistrik dan geomagnet serta metode seismik untuk eksplorasi laut. Mahasiswa sangat antusias ketika pada sesi ini ditampilkan contoh data luaran hasil pengujian yang telah dilakukan serta video dokumentasi pengujian di lapangan. Sementara pada sesi kedua Ikhlasul Amal  mengulas penerapan teknologi material masa depan yang sangat menakjubkan.

Mahasiswa dibuat takjub dengan pemutaran video kehidupan masa depan,  dimana semua berbasis teknologi tidak hanya sampai teknologi touchscreen seperti era sekarang ini bahkan hingga mencapai teknologi sensor suara berbasis smart material.

Bisa dibayangkan seseorang memanaskan air kedalam sebuah teko cukup menyebutkan suhu dan lama waktu pemanasan, teko akan secara otomatis mengaturnya. Selain itu juga ada sebuah cermin yang dapat menyarankan warna baju yang cocok untuk pemiliknya dengan cara mengubah-ubah warna baju secara visual hanya dengan berdiri di depannya. 

Kegiatan ini ditutup dengan diskusi dosen fisika dengan para pemateri terkait kurikulum Jurusan Fisika dan follow up kerjasama antara Jurusan Fisika - PT. Timah Tbk serta rencana kerjasama antara Jurusan Fisika - LIPI.

Rangkaian kerjasama ini diharapkan dapat membawa dampak positif dan menghasilkan karya inovatif di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian sebagai jawaban atas masalah  khususnya untuk masyarakat Bangka Belitung,  serta dalam kerangka mewujudkan visi Jurusan Fisika UBB sebagai salah satu Jurusan Fisika yang diakui di tingkat nasional pada tahun 2026 (*/eddy jajang j atmaja).

 

 
Universitas Bangka Belitung
Dikembangkan oleh BAPSI| Universitas Bangka Belitung.