Lirik Lokasi Test Peserta Pendamping Desa Babel 2017

Nanang Wahyudin, S.E., M.M., memberikan pengarahan kepada Panitia dan Pengawas rekrutmen Tenaga Pendamping Profesional Tahun 2017, diruang akustik Gedung Timah I Kampus Terpadu UBB, Jum’at (8/9) sore. 

MERAWANG, UBB -- Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa) kembali merekrut Tenaga Pendamping Profesional Tahun 2017, untuk ditempatkan di kabupaten, kecamatan, dan desa yang ada di seluruh Indonesia, pelaksanaan ujian akan digelar serentak di 33 provinsi.  

Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kembali bersinergi dengan Universitas Bangka Belitung (UBB), untuk mensukseskan pelaksanaan test bagi peserta Tenaga Pendamping Profesional tahun 2017 di Babel.

Pendaftaran pendamping desa ini dibuka hanya selama enam hari sejak 26 Agustus 2017 dan ditutup 31 Agustus 2017 yang lalu, dan pelaksanaan ujian tertulis akan dilaksankan pada hari minggu (10/9/2017), bertempat di Kampus Terpadu Universitas Bangka Belitung (UBB).

Berdasarkan informasi yang kami terima, total yang memasukkan lamaran sebanyak 611 pelamar, dan yang dinyatakan lolos administrasi sebanyak 297 pelamar yang akan berkompetisi diajang tersebut.

Rincian peserta yang akan mengikuti test tertulis untuk posisi Pendamping Lokal Desa (PLD) sebanyak 105 pelamar, 48 pelamar untuk posisi Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP), 73 pelamar di Pendamping Desa Teknik Infrastruktur, 12 pelamar Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa (TA-PMD), 10 pelamar Tenaga Ahli Infrastruktur Desa (TA-ID), 12 pelamar Tenaga Ahli Pembangunan Partisipatif (TA-PP), 24 pelamar Tenaga Ahli Pengembangan Teknologi Tepat Guna (TA-TTG), dan 12 pelamar di Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar (TA-PSD).

Test Tenaga Pendamping Profesional ini dilakukan sebanyak dua kali. Pertama, ujian tertulis yang akan digelar minggu (10/9) besok. Kedua wawancara yang akan diselenggarakan 2 hari setelah selesai pelaksaan ujian tertulis.  Kedua test tersebut  digelar serentak di 33 provinsi di Indonesia.  

Di Babel sendiri, menurut Nanang Wahyudin, S.E., M.M,. yang notaben sebagai Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) serta Dosen di Fakultas Ekonomi UBB, ujian tertulis akan dilaksanakan di Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi (FPPB) UBB dan diikuti oleh 297 peserta. “Ada 3 (tiga) gedung FPPB UBB yang akan dipergunakan, serta sebanyak 14 ruangan untuk tempat pelaksanaan ujian tertulis nanti”, ungkapnya.

Dikonfirmasi melaui pesan WhatsApp nanang, “hasil ujian tertulis akan langsung diumumkan dihari yang sama (10/9), tepatnya pada pukul 17.00 wib dilaman website ubb.ac.id. Bagi peserta yang lolos test tertulis, akan mengikuti tahapan test wawancara pada hari selasa (12/9) bertempat Hotel Bumi Asih Pangkalpinang bagi peserta yang berasal dari wilayah Bangka. Bagi peserta dari wilayah Belitung untuk test wawancara akan dilaksanakan di Tanjung Pandan dengan catatan apabila peserta dari wilayah sekitar Belitung Banyak banyak yang lolos nanti.

Panitia telah mempersiapkan semaksimal mungkin agar penyelenggaraan ujian tertulis Tenaga Pendamping Profesional Tahun 2017 di Babel ini bisa terlaksana dengan baik dan lancar, serta panitia juga telah menempatkan spanduk petunjuk arah dan denah lokasi ujian untuk mempermudah para peserta menuju lokasi/ruang ujian.

Bagi Peserta pada saat pelaksanaan test nanti wajib membawa tanda pengenal (KTP asli), serta dokumen dan pendukungnya lainnya. Peserta juga diharapkan berpakaian sopan dan pantas, selain itu batas keterlambatan bagi peserta 20 menit sejak ujian dimulai, setelah 20 menit dengan alasan apapun peserta tidak diperbolehkan mengikuti ujian.

Panitia berharap bagi para peserta dapat melihat lokasi dan ruangan ujian tersebut sebelum hari H, ini untuk menghindari keterlambatan dan mempermudah peserta keesokan harinya. Panitia juga berharap semoga pelaksanaan ujian tertulis Tenaga Pendamping Profesional esok, dapat berjalan dengan baik dan lancar. (Ags/Humas)

 

 
Universitas Bangka Belitung
Dikembangkan oleh BAPSI| Universitas Bangka Belitung.