LULUS SNMPTN, 429 Siswa Daftar Ulang di UBB

REGISTRASI SNMPTN - Alumni SLTA yang lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2017 menunggu  panggilan berdasarkan nomor urut antrian untuk melakukan daftar ulang (registrasi) di ruang aula Rektorat Gedung Babel IV Kampus Terpadu Universitas Bangka Belitung (UBB) sejak pagi hari, mereka adalah calon mahasiswa yang diterima di UBB lewat jalur SNMPTN 2017.

MERAWANG, UBB - SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran siswa yang memiliki prestasi unggul berdasarkan rekam jejak prestasi akademik di pangkalan data sokolah dan siswa (PDSS) SMA/SMK/MA atau sederajat. UBB untuk tahun ini, yang dinyatakan lulus SNMPTN sebanyak 429 siswa, namun pihak Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UBB hari ini masih melakukan registrasi  dan verifikasi siswa yang dinyatakan lulus SNMPTN.  Selanjutnya dari jumlah tersebut akan diketahui besok pagi (rabu, 17 Mei 2017) berapa siswa yang telah melakukan daftar ulang dan dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa baru di UBB.

Daftar ulang (registrasi) alumni SLTA yang lulus SNMPTN 2017 dan diterima di UBB, sedari pagi telah memadati halaman Rektorat Gedung Babel IV Kampus Terpadu UBB. Siswa yang telah hadir diarahkan Panitia PMB untuk menunggu di tenda, untuk selanjutnya diberikan pengarahan serta membagikan nomor urut antrian kepada siswa yang hadir agar tertib dan teratur pada saat registrasi. Daftar ulang SNMPTN dilakukan diruangan aula Rektorat Gedung Babel IV Kampus Terpadu UBB Balunijuk, selasa (16/05/2017) pagi. 

Alumni SLTA yang lolos SNMPTN 2017 sebelumnya telah melakukan verifikasi ‘on-line’ dengan  cara mengunduh sejumlah dokumen ke laman pmb. ubb.ac.id.  Data yang diunduh itu antara  lain foto diri, foto rumah, KTP, Kartu Keluarga dan penghasilan orang tua, serta dokumen lain sebagai dasar pertimbangan untuk penentuan uang kuliah tunggal (UKT). Seluruh dokumen yang dimuat ketika  verifikasi on-line pada saat daftar ulang tanggal 16 Mei 2017 hari ini, harus diperlihatkan kepada panitia PMB UBB, termasuk di antaranya membawa  bukti pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) semester pertama. Sementara itu  alumni SLTA  yang lolos SNMPTN,  namun  tidak mendaftar ulang (registrasi), sesuai dengan aturan berlaku,  dianggap mengundurkan diri menjadi  calon mahasiswa UBB.

Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi dan Para Wakil Rektor UBB memantau langsung kesiapan Panitia PMB serta proses registrasi SNMPTN 2017 guna memastikan pelaksanaan registrasi dapat berjalan dengan lancar, menginggat pelaksanaan daftar ulang SNMPTN 2017 hanya satu hari. Nampak Muh Yusuf berbincang dan menyalami serta mengucapkan selamat kepada orang tua dan siswa yang terima di UBB.

Humas UBB dan SNMPTN sempat melakukan wawancara kepada salah satu siswa ‘Silvia’ yang berasal dari alumni SMKN 2 Koba Bangka Tengah yang sedang menunggu antrian daftar ulang SNMPTN. Silvia awalnya merasa kaget karna bisa terpilih dan namanya dinyatakan lulus di jalur SNMPTN 2017 serta terdaftar di bidik misi, ia juga mengungkapkan rasa syukur, karna dari sekian banyak siswa SMKN 2 Koba yang didaftarkan di jalur SNMPTN hanya 7 orang yang dinyatakan lulus. Silvia salah satu calon mahasiswa baru di Jurusan Sastra Ingris Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UBB, dan merupakan anak sulung dari tiga bersaudara, serta orang tua bekerja sebagai buruh harian di Desa Koba Bangka Tengah.  Harapannya “Bisa belajar baik disini ‘UBB’, semoga bisa membanggakan orang tua juga, dan semoga dapet ‘lolos’ bidik misi biar bisa kuliah tanpa membebani orang tua”, imbuhnya.

UBB merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan menerapkan Uang Kuliah Tunggal (UKT). UKT untuk tiap mahasiswa UBB tergantung dari besaran penghasilan kedua orangtua dan jumlah tanggungan, serta pertimbangan lain yang dapat dijadikan dasar penentuan kisaran UKT. Ada enam kelompok UKT yang berlaku di UBB.  Besaran UKT pun tergantung kepada prodi, namun kisaran UKT terendah mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 4.375.000.

Kuota tahun ini, UBB menerima 1.125 mahasiswa baru. Jumlah tersebut diperoleh melalui tiga pola jalur penerimaan berdasarkan daya tampung yang sudah ditetapkan UBB sebelumnya. Siswa yang lulus SNMPTN 2017 dan tidak melakukan registrasi ulang, dianggap mengundurkan diri itu. Apabila daya tampung murni/kuota SNMPTN tidak terpenuhi, dapat  dialihkan ke kuota Seleksi Bersama SBMPTN 2017, dengan cara usulan penambahan daya tampung/kuota SBMPTN ke Panitia Pusat SN-SBMPTN 2017. (Ags/Humas) 

 

 
Universitas Bangka Belitung
Dikembangkan oleh BAPSI| Universitas Bangka Belitung.