Maba UBB Tanda Tangan Kontrak Di Kampoeng Bidikmisi

MERAWANG, UBB – Sebanyak 200 Mahasiswa Baru (Maba) bidikmisi Universitas Bangka Belitung (UBB) Tahun akademik 2017/2018, menandatangani kontrak penerimaan beasiswa Bidikmisi (Bantuan Pendidikan Mahasiswa Miskin Berprestasi), dalam acara Pembinaan dan Motivasi Maba Bidikmisi di kegiatan Kampoeng Bidikmisi, bertempat di Gedung Perencanaan Pembagunan Rektorat, Kampus Terpadu UBB, Balunijuk, sabtu (30/10/2017) pagi.

Penandatanganan kontrak disaksikan langsung oleh Wakil Rektor I UBB Dr Ir Ismed Inonu MSi, Dekan FT Wahri Sunanda ST MEng, Dekan FISIP Dr Ibrahim SFil MSi, Wakil Dekan FH Rio Armanda Agustian SH MH, Wakil Dekan FE Suhardi SE MSc Akt, dan Ketua Jurusan Biologi FPPB Nur Annis Hidayati, SSi MSc.

Dalam acara ini juga dijelaskan tentang hak dan kewajiban mahasiswa yang memperoleh beasiswa bidikmisi. Kegiatan kampoeng bidikmisi direncanakan berlangsung selama 2 (dua) hari, dari tanggal 30 September sampai dengan 1 Oktober 2017, dan diikuti oleh seluruh Maba Bidikmisi UBB Tahun akademik 2017/2018.

Dalam sambutan Wakil Rektor I UBB, Ia menyampaikan bahwa penerima Bidikmisi ini merupakan orang-orang yang beruntung, karna dari seluruh Indonesia, mahasiswa penerima bidikmisi tahun 2017 total hanya 60.000 orang, dan tahun ini UBB dikasih jatah hanya untuk 200 mahasiswa, ungkapnya.

“Bentuk syukurnya bagaimana, tentu saja dengan memanfaatkan biaya bantuan bidikmisi tersebut dengan sebaik-baiknya, serta aktif dibidang akademik maupun ekstrakulikuler sebagai penunjang peningkatan prestasi, dan dapat menyelesaikan studinya tepat waktu”, tegasnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama (BAKK) Evia Eva STP, para Dekan, Ketua Jurusan, Dosen, staf BAKK, serta panitia yang tergabung dalam Formadiksi (Forum mahasiswa bidikmisi) UBB. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali maba penerima Bidikmisi, tentang latar belakang dan aturan-aturan, serta hal-hal lain yang terkait dengan Bidikmisi, agar kedepannya maba bidikmisi mengerti dan termotivasi untuk menyelesaikan perkuliahannya tepat waktu.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini akan diisi dengan materi-materi terkait Bidikmisi, para motivator yang berasal dari kalangan Dosen dan mahasiswa tingkat atas dari Formadiksi UBB, yang mengangkat tajuk “Melangkah pasti meraih prestasi”, serta kegiatan outbound yang akan dilaksanakan minggu (1/10) pagi keesokan harinya.

Para peserta maba dikegiatan Kampoeng Bidikmisi ini, akan dibagi menjadi beberapa kelompok secara acak dari berbagai fakultas, dan ereka akan berlomba dan adu kekompakan untuk mengasah kemampuan dalam suatu games-games yang telah dipersiapkan panitia di kegiatan tersebut.

Selain outbond para mahasiswa bidikmisi juga akan mendapatkan kursus Bahasa Inggris secara free untuk meningkatkan skill berbahasa dan lolos tes toefl yang merupakan salah satu syarat bisa yudisium, serta diharapkan maba bidikmisi wajib mengikuti setiap kegiatan-kegiatan yang diprogramkan oleh Bidikmisi, sebagai penunjang dan peningkatan prestasi akademik maupun ekstrakulikuler mahasiswa, ujar Ismed dalam sambutannya.

Para mahasiswa penerima Bidikmisi Universitas Bangka Belitung (UBB) tidak hanya menerima bantuan dalam bentuk dana. Mereka juga dibekali sejumlah pelatihan keterampilan dan pemberian motivasi untuk membantu mereka berprestasi dan terpacu untuk meraih kesuksesan di masa depan.

Hal itu pula yang dilakukan oleh Biro Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama UBB, salah satunya adalah melalui serangkaian kegiatan di Kampoeng Bidikmisi ‘Melangkah pasti meraih prestasi’ bagi mahasiswa penerima Bidikmisi angkatan 2017. (Ags/Humas)

 

 
Universitas Bangka Belitung
Dikembangkan oleh BAPSI| Universitas Bangka Belitung.