Mahasiswa UBB Juara II Di Lomba PCTA Prop.Kep Bangka Belitung Tahun 2017

Iqbal Tri Wahyudi (Mahasiswa FISIP Prodi. Ilmu Politik) dan Nur Habibah (Mahasiswa FPPB Prodi. Agribisnis) Sebagai juara 2 pada lomba Diskusi Pare Cinta Tanah Air (PCTA) Se-Bangka Belitung (Babel) tanggal 27 Juli 2017 di Hotel Aksi, Pangkalpinang.

MERAWANG, UBB – Mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB)  kembali mengharumkan nama Almamater, melalui lomba Pare Cinta Tanah Air (PCTA) Se-Bangka Belitung (Babel) yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Babel selama 3 (tiga) hari, tanggal 25 hingga 27 Juli 2017 di Hotel Aksi, Pangkalpinang.

Lomba Diskusi PCTA Tahun 2017 yang bertemakan “Dengan Semangat Bela Negara Generasi Muda Mampu Mengatasi Pengaruh Radikalisme, Terorisme, dan Pengaruh Negatif Media, serta Bahaya Narkoba”, yang diikuti peserta dari tingkat Perguruan Tinggi sebanyak 26 tim, dan tingkat Pelajar SLTA Sederajat sebanyak 33 tim, dan masing-masing tim terdiri dari 2 orang.

Kegiatan ini merupakan salah satu program dari Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemenham RI) dengan tujuan bagaimana membentuk karakter pada generasi muda khususnya dari lingkungan pendidikan, serta bagaimana pelajar dan mahasiswa memiliki kepekaan atas fenomena yang terjadi dan dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pada ajang lomba PCTA yang berakhir tanggal 27 juli kemarin, Mahasiswa UBB manyabet juara 2 dari 26 tim yang bertanding. Mereka adalah Nur Habibah (Mahasiswa FPPB Prodi. Agribisnis) dan Iqbal Tri Wahyudi (Mahasiswa FISIP Prodi. Ilmu Politik). Sedangkan untuk juara 1 direbut oleh STIE IBEK Pangkalpinang, diikuti juara 3 dari Poltekes Pangkalpinang, serta Harapan 1 dari STIMIK Atmaluhur Pangkalpinang.

Nur Habibah dan Iqbal sebelumnya telah diseleksi ditingkat internal UBB pada seleksi lomba PCTA tingkat UBB tanggal 9 Juli 2017 yang lalu, dan berhasil lolos sebagai juara 1 menyisihkan rekan-rekannya yang lain, serta ditunjuk untuk mewakili Mahasiswa UBB pada perlombaan PCTA Tingkat Provinsi.

Saat kami hubungi melalui whatsapp (WA) Nur Habibah mengutarakan kesannya dalam keikut sertaan di lomba PCTA Tingkat Provinsi, “Tentu sangat bahagia, mengingat event ini merupakan salah satu bentuk apresiasi dari Pemerintah agar mahasiswa dan pelajar dapat mempersiapkan pengetahuan mengenai bela negara dan cinta tanah air. UBB sebagai salah satu wadah terbaik bagi mahasiswa Babel untuk dapat mempelajari dan mempraktekkan rasa cinta tanah air”, ungkapnya.

Ia juga berpesan, “Untuk mahasiswa dan UBB agar terus berprestasi demi membangun Kampus peradaban, mahasiswa harus mampu berperan aktif dalam segala bidang agar UBB semakin unggul dan menjadi yang ternama”, Imbuhnya.

Atas kemenangan yang diraih itu, tim UBB berhak memboyong  pulang tropi, piagam penghargaan, serta uang pembinaan sebesar Rp 2,5 juta.

Dengan lomba diskusi Parade Cinta Tanah Air ini menjadi wahana yang positif bagi lingkungan pendidikan, dan memberikan kesan moral kepada pelajar dan mahasiswa tentang pentingnya kesadaran bela negara dan rasa cinta tanah air untuk kemajuan dan persatuan Bangsa.

PCTA 2017 ini, merupakan acara tahunan yang digelar bersama antara Dinas Pendidikan Babel dengan  Kementerian Pertahanan RI Perwakilan Babel. Melalui PCTA diharapkan mahasiswa dan pelajar dapat membangkitkan semangat nasionalisme, serta dapat melaksanakan wujud cinta tanah air sesuai dengan kejuruannya serta menerapkan agent of development bagi bangsa Indonesia. (Ags/Humas)

 

 
Universitas Bangka Belitung
Dikembangkan oleh BAPSI| Universitas Bangka Belitung.