Mahasiswa UBB Kembangkan Bisnis Lewat PMW

Salah satu kelompok yang mengajukan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) mempresentasi proposalnya, di hadapan tim reviewer UBB pada Rabu (12/9), bertempat di ruang Aula Rektorat Gedung Babel IV Kampus Terpadu UBB

MERAWANG, UBB - Sebanyak 31 Proposal Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Tahun 2017, Universitas Banka Belitung (UBB) baik secara kelompok maupun perorangan, baru-baru ini telah dilakukan penyeleksian administrasi serta presentasi proposal di hadapan tim reviewer UBB pada Rabu (12/9) pagi secara meraton, bertempat di ruang Aula Rektorat Gedung Babel IV, Kampus Terpadu UBB, Balunijuk.

Semenjak diluncurkannya Program Kewirausahaan Mahasiswa (PKM) oleh Biro Akademik Kemahasiswaan, dan Kerjasama (BAKK) UBB, potensi dan animo mahasiswa untuk berwirausaha semakin meningkat setiap tahunnya. Tahun ini, dari 31 proposal yang masuk akan diseleksi dan dipilih kurang lebih 20 proposal yang dinyatakan layak menerima dana tersebut.

Hal ini senada diutarakan oleh Kepala Sub Bagian Minat Bakat dan Penalaran BAKK UBB Kemas Rozihan Sofran, SE., “Proposal PMW yang masuk sebanyak 31, yang akan lolos dan menerima bantuan dana sekitar 20 tim, untuk tahun ini, tim penerima lebih banyak yang bakal lolos, dimana ditahun sebelumnya hanya 6 tim”, ungkapnya.

Hal-hal yang akan dinilai dalam penyeleksian proposal dan presentasi wirausaha mahasiswa antara lain kreativitas dan inovasi, orisinalitas ide serta nilai tambah produk, teknologi dalam implementasi usaha, peluang pasar yang dimiliki, kelogisan usaha, serta analisa kelayakan finansial dan marketing/pemasaran.

Pagu dana yang tersedia sebesar 8 hingga 40 juta untuk per judul proposal yang dinyatakan layak atau lolos seleksi. Sementara itu untuk kriteria peserta diantaranya adalah merupakan mahasiswa UBB aktif, yang telah menyelesaikan kuliah 2 (dua) semester atau minimal telah menyelesaikan 36 SKS. Total dana yang akan dikucurkan UBB pada Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Tahun 2017 kurang lebih 200 juta.

Tim reviewer UBB yang terdiri dari Dr. Suhardi, S.E., M.Sc. Akt., Riwan Kusmiadi, S.TP, M.Si., Erwin, S.E., M.M., Ph.D., sangat selektif dalam penyeleksian proposal PMW. Presentasi proposal PMW yang dipaparkan oleh setiap tim, sangat alot oleh pertanyaan-pertanyaan dari tim reviewer, yang mana jadwal yang diagendakan dari pagi hingga sore belum terselesaikan, karena masih ada tim yang lain belum dapat giliran, sehinga kegiatanpun berlanjut hingga malam.

Dalam presentasi proposal PMW, tim reviewer banyak menanyakan sejauh mana kematangan mahasiswa terhadap proposal yang telah diajukan, serta kepiawaian dalam melihat peluang usaha yang akan dikembangkan,  dengan kreatifitas dan inovasi terbaru, serta strategi marketing/pemasaran dari setiap tim terhadap proposal yang telah dipresentasikan.

Diharapkan dengan adanya PMW ini dapat menciptakan persaingan yang ketat dalam seleksi bisnis plan, sehingga nantinya akan menghasilkan unit-unit usaha yang berhasil dan berkelanjutan. Dengan kegiatan PMW ini, memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap atau jiwa wirausaha (entrepreneurship) kepada mahasiswa, untuk menghasilkan karya kreatif, inovatif dalam membuka peluang usaha setelah menyelesaikan studi nantinya. (Ags/Humas)

.

 

 
Universitas Bangka Belitung
Dikembangkan oleh BAPSI| Universitas Bangka Belitung.