Pendampingan Penyusunan Dokumen Mutu di UBB, Keberlanjutan dari Kegiatan PMDPA Tahun 2017

 

Dr. Wonny Ahmad Ridwan, M.M. sebagai Dosen Pakar / Ahli (DP-A) Memberikan Informasi dan Penyamaan persepsi Tentang penyusunan dokumen mutu di ruang Rapat Rektorat 

Workshop--Pada tanggal 24 Juli 2017 dilaksanakan “Workshop Penyusunan Dokumen Mutu / Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di Universitas Bangka Belitung dengan narasumber Bapak  Dr. Wonny Ahmad Ridwan, M.M. sebagai Dosen Pakar / Ahli (DP-A). Workshop ini bertujuan untuk memberikan informasi dan penyamaan persepsi tentang penyusunan dokumen mutu di UBB.

 Melengkapi Workshop tersebut, pada tanggal 25 – 26 Juli dilaksanakan pendampingan pembuatan dokumen mutu di Fakultas Ekonomi (FE). Kegiatan dilaksanakan di Gedung Timah II, Ruang Seminar FE, dibuka oleh Bapak Khairiyansyah, S.E., M.M  selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FE. Dalam sambutannya, disampaikan bahwa setiap prodi bisa memanfaatkan kedatangan Bapak Wonny untuk belajar lebih dalam lagi terkait dengan SPMI. Disampaikan juga teknis kegiatan selama pendampingan.

Pada pendampingan tersebut, dokumen mutu yang dibahas adalah dokumen standar SPMI. Dokumen yang dikaji adalah draft dokumen standar SPMI Program Studi (Prodi)  Akuntansi hasil kegiatan “Lokakarya Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)” di Parai Beach Hotel and Spa, Sungailiat yang diselenggarakan oleh Direktorat Penjaminan Mutu Ditjen Belamawa Kemenristekdikti tanggal 30 Maret – 1 April 2017.

Pada saat pendampingan, dibahas pentingnya kesesuaian dokumen standar SPMI dengan Permenristekdikti no 44 Tahun 2015 tentang SN Dikti, perlunya penambahan standar dan penambahan kearifan lokal. Diharapkan dokumen standar yang dikaji dapat menjadi contoh untuk unit-unit kerja di UBB. Di sela waktu pendampingan penyusunan dokumen standar, Prodi Manajemen, Prodi Ekonomi dan Prodi Teknik Sipil berkonsultasi dengan DP-A terkait dengan penyusunan Visi, Misi, Tujuan dan Capaian Pembelajaran Prodi.

 Saat berita ini terbit, kegiatan pendampingan penyusunan dokumen mutu masih berlangsung. Harapannya semua draft dokumen mutu (Dokumen Kebijakan SPMI, Dokumen Manual SPMI, Dokumen Standar SPMI, dan Dokumen Formulir SPMI) yang dibuat hasil kegiatan “Lokakarya SPMI” di Parai bisa dikaji oleh DP-A. Dokumen Prodi Akuntansi diharapkan nantinya dapat disebarkan keseluruh unit di UBB, dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing unit. Pada kedatangan DP-A berikutnya, draft dokumen dapat dikonsultasikan.(reksa/LP3M)

 

 
Universitas Bangka Belitung
Dikembangkan oleh BAPSI| Universitas Bangka Belitung.