Pengenalan Kampus Maba UBB Tersaji Penuh Motivasi

Mahasiswa Baru Universitas Bangka Belitung (UBB) tahun akademik 2017/2018, saat mengikuti program studi pengenalan dan simulasi aktivitas kampus (spesivik) ke-12, menjadi salah satu agenda yang wajib dilaksanakan oleh setiap Fakultas.  

MERAWANG, UBB – Universitas Bangka Belitung (UBB) berupaya memberikan pembekalan sejak dini bagi mahasiswa baru (maba). Salah satunya dengan menyelenggarakan studi pengenalan dan simulasi aktivitas kampus (spesivik) ke-12 di setiap fakultas dilingkungan UBB, tepatnya pada hari rabu-kamis (23-24/8/2017) hari ini.

Kegiatan spesivik disetiap Fakultas memberikan pembekalan akademik dan non-akademik bagi mahasiswa baru. Diharapkan melalui kegiatan ini mahasiswa baru dapat lebih termotivasi untuk dapat meraih berbagai prestasi dan dapat mengangkat nama almamater Fakultas maupun Universitas, demi terwujudnya mahasiswa yang responsif dan ber-memori (mental, moral, dan intelektual).

Selain itu, dalam kegiatan ini juga meliputi pengenalan Fakultas, Program Studi, peraturan akademik dan sistem perkuliahan yang berlaku di Fakultas dan UBB, serta Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), dan Himpunan Mahasiswa Program Studi, pengenalan nilai budaya, tata krama dan etika keilmuan, organisasi dan kegiatan kemahasiswaan lainnya yang menjadi program setiap Fakultas.

Dari 5 (lima) Fakultas yang ada di UBB, dihari pertama pengenalan kampus humas UBB melakukan peliputan di 3 (tiga) Fakultas, diantaranya Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Hukum (FH) dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Fakultas Ekonomi di tahun ini menerima sebanyak 297 mahasiswa baru yang terbagi kedalam beberapa prodi yaitu, Prodi Manajemen, Akutansi, dan Ilmu Ekonomi. FE mengusung tema “orientasi strategi dunia ekonomi dan bisnis di era digital e-enterpreneur”.

Dalam sambutan Dekan FE Dr. Reniati, S.E., M.Si, memaparkan kegiatan Spesivik XII dibawah koordinasi FE ingin memberikan pemahaman terhadap para maba tentang pentingnya peran mahasiswa demi memajukan bangsa di era digital, serta menghasilkan mahasiswa yang sukses, berprestasi, dan unggul dimasa mendatang.

Ia juga menceritakan telah banyak prestasi-prestasi yang ditoreh mahasiswa FE, baik ditingkat nasional maupun internasional, dan berharap maba FE bisa mengikuti jejak senior-seniornya.

“Disini anda memulai kehidupan baru, saya melihat bahwa di FE ini, sudah banyak sekali prestasi-prestasi yang sudah diraih oleh mahasiswa, saya mengharapkan adek-adek sekalian nanti berprestasi seluas-luasnya, dan setinggi-tingginya”, harapnya.

Usai pengarahan, Dr Reniati menyematkan tanda peserta Spesivik XII kepada 3 (tiga) perwakilan maba FE yang diikuti oleh peserta yang lain, serta dilanjutkan dengan pelepasan balon ke udara sebagai tanda spesivik FE resmi dibuka. 

Ketua pelaksana spesivik FE UBB yang lebih akrab dengan panggilan Rere Semester V, harapannya “semoga dari kegiatan ini, maba bisa mengambil nilai-nilai positif, dan bekal bagi mereka, sebagai mahasiswa berprestasi”, imbuhnya.

Ia juga menyampaikan agenda kegiatan FE selama dua hari kedepan akan diisi dengan pendekatan kepengenalan kampus serta membangkit motivasi maba dengan menghadirkan naraumber dari alumni-alumni berprestasi dan sukses, bursa efek, games, serta kegiatan lainnya.

Lain halnya dengan pelaksanaan spesivik XII Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), kegiatan diisi dengan penyampaian materi-materi motivasi dari pihak internal Fakultas, salah satunya mengundang Guru Besar FISIP Prof. Dr. Bustami Rahman, M.Sc., Beliau juga salah satu pendiri UBB dan pernah menjabat sebagai Rektor UBB masa bakti 2006 – 2016. 

Kali ini FISIP mengusung tema “Kenali kampusmu, jiwai fisikkmu, dan satukan perjuanganmu”. Bukan tanpa alasan mereka mengambil tema ini, Ahmad Subannafis (Hafis) Semester V Prodi Sosiologi Ketua pelaksana Spesivik FISIF UBB saat diwawancarai, ia mengatakan dengan mengangkat tema tersebut maba diharapkan lebih edukatif, kreatif dan informatif dalam berbagai hal.

Hafis juga berharap dengan adanya kegiatan ini, maba FISIP lebih menekankan kepada kearifan, kreatif dalam berbagai hal, dan berwawasan yang luas, sehingga mereka dapat mengedukasikan kepada yang lain. “Harapan kami mereka dapat mengatakan dan menceritakan kepada teman-temannya, mereka tidak menyesal masuk ke UBB ini”, ungkapnya.

Lain ladang lain belalang, begitupun perbedaan pelaksanaan spesifik di Fakultas Hukum (FH). Setiap Fakultas punya cerita dan cara masing-masing.

Pantauan dilapangan, saat kegiatan spesivik para maba FH dibagi dalam beberapa kelompok yang dipandu perwakilan panitia. Setiap kelompok terdiri dari mahasiswa beda jurusan, hal ini dimaksudkan agar maba bisa akrab dengan maba jurusan lain. Mereka punya cara sendiri dengan kreatifitasnya, dengan ciri khas disetiap kelompok tersebut menjadi ajang pentas kreasi bagi mereka.

Jojo Iskandar Semester V selaku Ketua pelaksana spesivik FH UBB, mengakui dengan cara keakraban, diharapkan maba lebih dekat dan akrab dengan kakak tingkatnya. Suasana kegiatan terlihat lebih enjoy dan nyaman, maba diajak untuk sharing, lebih kreatif dan berwawasan yang tinggi, serta memberikan trobosan-trobosan terbaru untuk kemajuan dan peningkatan almamater.  

Panitia disetiap Fakultas telah menyusun berbagai kegiatan dan program yang dimaksudkan untuk memperkenalkan para mahasiwa baru (maba) dengan segala hal yang berkaitan dengan studi dan aktifitas mahasiswa hingga mereka dengan mudah beradaptasi setelah kegiatan spesivik XII ini berakhir. Disetiap Fakultas juga telah mempersiapkan pentas seni dan kreatifitas maba yang terbaik  untuk ditampilkan pada acara penutupan Spesifik hari jum’at (25/8) kedepan. (Ags/Humas)

 

 
Universitas Bangka Belitung
Dikembangkan oleh BAPSI| Universitas Bangka Belitung.