Penutupan Kegiatan Pelatihan Pekerti UBB 2017

Wakil Rektor III UBB Fadillah Sabri, S.T, M.Eng., foto bersama dengan para peserta Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Instruksional (Pekerti) UBB Tahun 2017, dan tim fasilitator dari UNS, Sabtu (16/9) di Hotel Cordela Pangkalpinang. 

PANGKALPINANG, UBB -- Setelah berlangsung selama 6 (enam) hari diselenggarakannya Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Instruksional (Pekerti), yang diikuti 30 peserta dari kalangan pendidik Universitas Bangka Belitung (UBB), Wakil Rektor III UBB Fadillah Sabri, S.T, M.Eng., secara resmi menutup serangkaian kegiatan dimaksud, Sabtu (16/9) bertempat diruang Garuda, Lantai 5, Hotel Cordela Pangkalpinang. 
Pelatihan ini merupakan bentuk kerjasama antara Lembaga Pengambangan, Pendidikan, dan Penjaminan Mutu (LP3M) UBB dengan Lembaga Pengambangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta, Jawa Tengah, yang telah berlangsung secara meraton sejak tanggal 11 hingga 16 September 2017.
Hari terakhir pelatihan Pekerti Sabtu (16/9), yang difasilitator oleh Dr. Setyo Sri Rahardjo, dr., Mkes., Dr. Suharno, M.Pd., dan Salim Widono, S.P., M.P., dengan materi micro teaching, diskusi panel, team teaching, serta Resume Program Pelatihan. Para peserta dibagi menjadi 2 kelas yang terdiri dari 15 peserta tiap kelasnya, dari masing-masing kelas akan diwakili oleh 5 orang untuk melakukan praktik mengajar. 
Peserta yang tampil mewakili tiap kelasnya, berupaya melaksanakan pembelajaran dengan keterampilan yang dilatih selama pelatihan sesuai dengan yang telah diterapkan. Keterampilan yang dilatih antara lain berupa bertanya, mengadakan variasi, memberi penguatan, menjelaskan, serta kemampuan membuka dan menutup pelajaran. 
Dalam diksusi panel, salah satu fasilitator Dr. Suharno, M.Pd., menilai secara umum peserta yang tampil dari 2 kelompok belum menerapkan secara penuh keterampilan yang dilatihkan. Ia juga menilai para peserta cenderung menjelaskan saja, terlalu cepat saat menjelaskan, serta terlalu fokus pada layar, padahal fokus pada layar dapat dikurangi dengan memakai pointer.
Dikesempatan yang sama Dr. Setyo Sri Rahardjo, dr., Mkes., mengemukakan bahwa pelatihan berlangsung sangat baik, sangat dinamis, dan mengucapkan terima kasih kepada UBB. “Pelatihan ini tidak mendikte tetapi membantu sehingga diharapkan hasil yang diperoleh dikembangkan ke lingkungan, dimulai dari diri sendiri, diterapkan, dan disebarkan”, tuturnya.
Wakil Rektor III UBB Fadillah Sabri, S.T, M.Eng., dalam sambutannya sekaligus menutup kegiatan Pelatihan Pekerti UBB Tahun 2017 mengatakan, “Saya optimis program ini sangat baik.! Rata-rata dosen di UBB tidak pernah mendapatkan matakuliah Micro Teaching . Saya mendukung program ini. Dosen tidak hanya CBSA (Catat Buku Sampai Habis), namun harus mampu mengajar dengan baik“, ungkapnya.
Sementara itu Ketua LP3M UBB Dr. Eddy Nurtjahya, MSc., mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada peserta atas partisipasi selama 6 hari dan juga kepada tim fasilitator dari UNS berkenan berbagi pengalaman.
Salah satu peserta Pelatihan Maya Yusnita, S.E., M.Si., mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi dirinya dan dosen. “Walaupun secara praktik sudah biasa mengajar di kelas, namun pelatihan ini menambah pengetahuan saya tentang teknik mengajar, cara membuat RPP yang baik, serta pembelajaran yang lebih variatif”, Imbuhnya.
Ia juga berharap kegiatan ini tidak hanya selesai di tahun ini, tapi berkelanjutan dengan jumlah peserta yang lebih banyak lagi. (ags/humas)

 

 
Universitas Bangka Belitung
Dikembangkan oleh BAPSI| Universitas Bangka Belitung.