Perguruan Tinggi Se-Babel Ikuti Lokakarya Pengelolaan E-Jurnal Di UBB

Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi, memberikan sambutan pada kegiatan Lokakarya Pengelola electronic journal (e-journal) dihadapan perwakilan dari setiap Perguruan Tinggi yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bertempat diruang aula Rektorat Kampus Terpadu Universitas Bangka Belitung.

MERAWANG, UBB – Lembaga Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bangka Belitung (UBB), bekerja sama dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti), mengadakan lokakarya pengelolaan electronic journal (e-journal) yang diikuti oleh perwakilan pengelola jurnal Perguruan Tinggi Se-Babel (Bangka Belitung), bertempat diruang aula Rektorat, Gedung Babel IV, Kampus Terpadu UBB, Balunijuk, selasa (22/8/2017) pagi.

Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kompetensi pengelolaan electronic journal (e-journal) dikalangan pengelola jurnal dijajaran Perguruan Tinggi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti), bekerja sama dengan LPPM UBB mengadakan lokakarya dengan tema “Peningkatan Kompetensi Pemanfaatan Database E-Jurnal Tahun 2017”.

Kegiatan lokakarya menghadirkan narasumber dari Kemenristek Dikti Suwitno (Kasubdit Fasilitasi Jurnal Ilmiah), serta narasumber dari Praktisi antara lain Dripa Sjabana dan Rumpaka Hadi. Kegiatan ini membahas berbagai aspek yang berkaitan dengan peningkatkan kemampuan dan pemanfaatan electronic journal (e-journal) dikalangan pengelola jurnal dijajaran Perguruan Tinggi.

Kegiatan yang dilaksanakan sehari tersebut, diikuti oleh 50 peserta perawakilan dari 15 Perguruan Tinggi yang ada di Bangka Belitung. Berdasarkan keterangan Seketaris LPPM UBB Nanang Wahyudin SE MM, “Peserta lokakarya kita batasi, namun banyak sebenernya dari Perguruan Tinggi yang lain ingin mendaftar dan menambahkan perwakilannya”, ungkapnya.

Nanang juga menambahkan, “diharapkan dengan kegiatan ini, pemanfaatan database e-jurnal lebih meningkat, sehingga dosen-dosen untuk mencari jurna-jurnal itu lebih mudah”, tegasnya.

Dalam sambutan Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi menyampaikan terimakasih kepada Kemenristek Dikti yang telah mempercayai UBB sebagai tempat untuk penyelenggaraaan lokakarya ini. Ia juga menyampaikan pelaksanaan kegiatan ini sangat bermanfaat, karena pengelolaan jurnal tidak bisa dilepaskan dari kebutuhan perguruan tinggi.

Muh Yusuf juga manambahkan, “untuk saat ini di Universitas Bangka Belitung, sudah ada 3 (tiga) e-jurnal (Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, dan Fakultas Pertanian, Perikanan, dan Biologi)”, paparnya.

Kepala Sub Bidang Fasilitasi Jurnal Ilmiah Kemenristek Dikti Suwitno, Dalam pemaparannya bahwa dari data statistik pengguna e-jurnal khususnya Perguruan Tinggi khususnya yang ada di Bangka Belitung belum memaksimalkan pemanfaatan databese e-jurnal.

“Sebenernya kami punya pak statistinya, dari Perguruan Tinggi Bapak Ibu yang kami undang saat ini ada 15 perguruan tinggi, kami punya statistiknya ! apakah perguruan tinggi bapak ibu sekalian sudah mengunakan secara optimal langganan pichura yang kami langgankan”, ingat Suwitno.

Kegiatan lokakarya ini diharapkan dapat ditularkan kepada para pengelola jurnal dilingkungan Perguruan Tinggi masing-masing, agar dapat mempersiapkan langkah-langkah pengelolaan e-jurnal yang mengarah kepada status akreditasi yang dipersyaratkan. Menginggat untuk usulan akreditasi berkala ilmiah tahun 2018, hanya berkala ilmiah yang sudah online yang akan dinilai akreditasinnya. (Ags/Humas)

 

 
Universitas Bangka Belitung
Dikembangkan oleh BAPSI| Universitas Bangka Belitung.