Peserta Antusias Ikuti Sosialisasi SNMPTN & SBMPTN di Belitong

Tim dari Universitas Bangka Belitung mensosilisasikan SNMPTN dan SBMPTN 2017 , di Aula SMA N 1 Tanjung Pandan Senin pagi (30/1)

 

“Saya ingin bertanya apa tips sukses agar lulus SNMPTN ?,” tanya Indah, salah satu siswi SMA 1 Manggar  kepada tim sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) UBB yang duduk di depan. Pertanyaan itu kemudian dijawab oleh Dr.Ismed Inonu dengan mengatakan diantaranya peserta SNMPTN  harus terlebih dahulu memperhatikan apa minat kuliah yang bersangkutan, dan peserta juga wajib mengetahui sejauh mana daya tampung suatu program studi di PTN yang akan dipilih.

Selain hal tersebut, Ismed menambahkan track record (latar belakang) sekolah asal siswa juga harus diperhatikan. Misalnya, tahun lalu, siswa sekolah A diterima masuk di PTN B sebesar 10 orang, kemudian pada saat daftar ulang ternyata hanya satu yang daftar dari sepuluh orang tadi. Alhasil kesempatan diterima pada tahun ini oleh PTN B untuk siswa dari sekolah dimaksud semakin menipis lanjutnya.

Ditambahkannya, prestasi diri seorang siswa semasa sekolah juga menentukan kesempatan lulus SNMPTN.  Siswa dengan banyak prestasi apalagi berhubungan dengan program studi yang diminati akan punya peluang besar lulus.

Pertanyaan Indah seolah pamungkas dari sosialisasi dua hari oleh Tim Panitia SNMPTN 2017 tingkat universitas ke Belitong Senin s.d Selasa kemarin (30-31/1).  Sosialisasi ke pulau Laskar Pelangi ini juga menutup serangkaian kegiatan sosialisasi SNMPTN yang dilakukan sejak Senin minggu sebelumnya (23/1) di sejumlah kabupaten/ kota se-Bangka Belitung.

Mengawali sosialisasi hari pertama di pulau Belitong, tim yang dipimpin oleh ketua panitia sosialisasi SNMPTN UBB, Dr. Ismed Inonu dengan beranggotakan Sekretaris Panitia SNMPTN UBB, Evia Eva, dan Soni Ruswanto, Kemas Rozihan Sofran, serta Iksander  (anggota) menggelar kegiatan di Aula SMA N 1 Tanjung Pandan Senin pagi (30/1). Keesokan harinya Selasa (31/1), tim beranjak menuju kota “Seribu Warung Kopi”, kota Manggar untuk menggelar Sosialisasi di SMA N 1 Manggar.

Melihat data di lapangan, peserta dalam kegiatan sosialisasi lumayan antusias. Hal ini terlihat dari jumlah kehadiran dimana hari pertama sosialisasi di Belitong, tercatat ada 22 orang perwakilan sekolah hadir diantaranya operator dan Kepala Sekolah dan 16 siswa hadir dari 15 sekolah yang diundang. Adapun untuk hari kedua di Belitong Timur, tercatat ada 26 perwakilan sekolah dan 25 perwakilan siswa/I  yang hadir dari 15 sekolah yang di undang.

Kegiatan sosialisasi ini sendiri bertujuan untuk memberikan kejelasan dan semangat bagi peserta dalam mengikuti seleksi dimaksud. Ada sejumlah poin penting yang dipaparkan oleh tim diantaranya mengenai alur kegiatan, syarat peserta, tanggal kegiatan SNMPTN dan juga SBMPTN. Selain itu disampaikan juga mengenai proses Pengisian Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dan pendaftaran beasiswa Bidik Misi. Sebagai tambahan, tim juga menyampaikan profil ringkas UBB kepada para peserta.

Selain pemaparan secara lisan lewat presentasi materi, sosialisasi dilakukan lewat pemutaran video. Untuk memperkuat informasi yang disampaikan, kegiatan juga diisi dengan sesi tanya jawab. Selain pertanyaan tentang SNMPTN, peserta juga banyak bertanya mengenai beasiswa Bidik Misi. (Iksander)

 

 
Universitas Bangka Belitung
Dikembangkan oleh BAPSI| Universitas Bangka Belitung.