Rektor Tabuh Drum Pendikar Di Pembukaan Petuah UBB

PETUAH UBB – Perkemahan Sabtu Ahad atau yang disingkat dengan “PETUAH” Tahun 2017 merupakan kegiatan yang diharapkan dapat memberikan pembekalan dalam pembentukan karakter Mahasiswa Baru Universitas Bangka Belitung (UBB) Tahun Akademik 2017/2018 dengan motto UBB Bermemori (Bermental, Moral dan Intelektual).

MERAWANG, UBB -- Sebanyak 1.172 Mahasiswa Baru (maba) Universitas Bangka Belitung (UBB) mengikuti upacara pembukaan Pendidikan Karakter (Pendikar) di Perkemahan Sabtu dan Ahad, sebagai pembekalan dalam pembentukan karakter Mahasiswa Baru (Maba) UBB yang Bermental, Bermoral dan Berintelektual atau yang disingkat “Bermemori”, bertempat dilapangan perencanaan pembangunan gedung Rektorat, Kampus Terpadu UBB, Desa Balunijuk,Sabtu(23/9/2017).

Pendidikan karakter yang diikuti oleh maba UBB tahun akademik 2017/2018 kali ini ada yang bebeda, yang mana pada tahun-tahun sebelumnya UBB melakukan kerja sama dengan pihak Komando Resort Militer (Korem) 045 Garuda Jaya untuk melakukan Pelatihan dan Pendidikan Karakter kepada mahasiswa baru UBB, namun kali ini UBB mencoba mengkemas nuansa yang baru, namun tidak mengurangi hakikat pendidikan karakter itu sendiri.

Kegiatan pekemahan yang akan belangsung pada hari sabtu dan ahad (Petuah), dari tanggal 23 – 24 September 2017, diikuti oleh seluruh Maba UBB 2017, serta melibatkan kepanitiaan yang besar dari kalangan Tenaga Pendidik dan Kependidikan (Diktendik), serta Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas, BEM Fakultas, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan berbagai elemen yang ada dilingkungan UBB.

Dalam sambutan pembukaan Petuah, Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi menyampaikan “kegiatan ini merupakan yang pertama dalam kegiatan pendidikan Karakter, kita memang ingin mencoba sesuatu yang baru, agar supaya subtansi atau materi pendidikan karakter itu tetap tersampaikan, tetapi nuansanya berbeda, kita buat green dosen, kita buat suasana lain supaya tidak terjadi kejenuhan dan terjalin komunikasi khususnya yang baik diantara kita”, ungkapnya.

Dikesempatan yang sama, Rektor UBB meresmikan ‘Petuah’ sebagai sarana Pendidikan Karakter (Pendikar) kepada Maba UBB Tahun 2017, ditandai dengan menabuh drum, serta menyematkan name tag kepada perwakilan peserta petuah secara simbolis yang didapingi oleh Wakil Rektor I U Dr Ir Ismed Inonu MSc, dan Wakil Rektor III UBB Fadillah Sobri ST MT, yang disambut dengan gemuruh tepuk tangan para peserta dan panitia Petuah 2017 yang hadir.


Pendidikan karakter yang dikemas dengan kegiatan perkemahan sabtu dan ahad (Petuah) kepada mahasiswa baru ini, sebagai bagian dari proses penyadaran kembali tentang nilai-nilai mulia yang kita miliki sebagai sebuah bangsa Indonesia, agar memiliki karkater yang baik, unggul dan berintelektual. Upaya yang tepat untuk itu adalah melalui dunia pendidikan, karena pendidikan memiliki peran penting dan sentral dalam pengembangan potensi manusia, termasuk potensi mental. Melalui kegiatan Petuah diharapkan terjadi transformasi yang dapat menumbuh kembangkan karakter positif, serta mengubah watak dari yang tidak baik menjadi baik.


Petuah sebagai sarana pendidikan karakter yang digagas oleh Wakil Rektor III UBB Fadillah Sobri ST MT, merupakan upaya memadukan segala perbedaan dikalangan Maba UBB, baik keilmuannya, asal daerah, kebiasaan, suku, agama, dan lainnya, bisa membentuk suatu karakter yang diharapkan, sehingga toleransi dan kebhinekaan dapat tumbuh dan berlangsung dengan baik, serta meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter dan akhlak mulia peserta petuah secara utuh, terpadu dan seimbang.

Perencanaan dan persiapan pelaksanaan kegiatan Petuah, sedari jauh hingga H-1 alot dengan beberapa kali pertemuan dan rapat kepanitian, ini untuk memastikan kesiapan serta pelaksanaan Petuah benar-benar dapat terlaksana, baik sarana prasarananya, kesiapan sumber daya manusia, materi, game-game, outbound, akomodasi dan lain sebagainya.  
Bebagai perubahan kepanitiaan, kebijakan serta usulan ide-ide kreatif para panitia, sangat membantu untuk kesuksesan dan kelancaran kegiatan Petuah. Menginggat ini merupakan kegiatan pertama kali pendidikan karakte yang diselengaa oleh UBB secara mandiri, dan keberhasilan dan kesuksesan kegiatan pendidikan karakter tahun ini, akan sebagai bahan monitoring dan evaluasi pendidikan karakter pada tahun-tahun berikutnya.

Dalam amanatnya dipersiapan upacara pembukaan Petuah (23/9) pagi, Fadillah Sobri menyampaikan dihadapan seluruh peserta Petuah, agar seluruh peserta dan panitia mengingat kata sandi Petuah yaitu 3T (terukur, terencana, dan terlaksana), dan Ia juga mengingatkan bagi yang tidak tahu kata sandi ini, mereka bukan peserta maupun panitia Petuah. Ini untuk mengantisipasi adanya penyusupan dan hal-hal yang tidak diinginkan baik dalam serangkaian materi kegiatan maupun di lokasi tempat perkemahan  laki-laki maupun perempuan.


Kegiatan Pendikar Petuah UBB, merupakan upaya pembinaan dan pembentukan karakter Mahasiswa, serta membangun jiwa kepemimpinan, menanamkan nilai-nilai bermemori, patriotisme, cinta tanah air dan menghargai keberagaman (kebhinekaan) pada mahasiswa baru UBB. 

Pada kegiatan petuah ini, para peserta dibagi dalam beberapa kelompok, serta pemisahan antara lokasi tenda peserta laki-laki dengan tenda peserta perempuan, yang masing-masing tenda didampingi oleh dosen dan kakak pendamping (Mahasiswa senior) sesuai dengan jenis kelaminnya. Lokasi tenda peserta laki-laki bertempat diseputaran lokasi kegiatan (lapangan perencanaan pembangunan Rektorat UBB), dan tenda perempuan disekitar halaman parkir Fakulta Ekonomi (FE) UBB. 

Selain pembinaan disiplin dan wawasan keilmuan, peserta juga akan diberi materi pelajaran  tambahan yaitu berbagai game sesuai denga nama kelompoknya (Kelompok Mental, Kelompok Moral dan Kelompok Intelektual), outbound, serta setiap kelompok berupaya berlomba-lomba untuk menemukan serta memecahkan kata sandi perkelompok (Mental, Moral, dan Intelektual) yang diberikan panitia petuah, dan bagi kelompok yang telah berhasil selanjutnya memperoleh anak kunci untuk membuka box yang berisikan bendera kelompok. Diluar itu para peserta petuah juga akan melaksanakan kegiatan dalam bentuk Tim untuk membentuk  jiwa dan kebersamaan yaitu team work building (Psycologi Lapangan).
Tampak hadir dalam acara pembukaan Pendikar Petuah UBB Tahun 2017, antara lain Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi, Wakil Rektor I Dr Ir Ismed Inonu MSc, Wakil Rektor III Fadillah Sobri ST MT, Pimpinan Fakultas, Kepala Jurusan, Dosen, serta seluruh panitia dan peserta Petuah. (Ags/Humas)

 

 

 
Universitas Bangka Belitung
Dikembangkan oleh BAPSI| Universitas Bangka Belitung.