Sebanyak 213 Peserta Tenaga Pendamping Profesional Ikuti Test Tertulis

Tim Pegawas ruangan seleksi rekrutmen Tenaga Pendamping Profesional Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2017, memeriksa data kelengkapan identitas diri KTP (kartu Tanda Penduduk) para peserta ujian tertulis yang berlangsung minggu (10/9) di Gedung Semangat lantai 2 Fakultas Pertanian, Perikanan, dan Biologi (FPPB) Universitas Bangka Bealitung (UBB).

MERAWANG, UBB -- Sebanyak 213 peserta yang hadir antusias mengikuti ujian tertulis rekrutmen Tenaga Pendamping Profesional Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa), di Kampus Terpadu Universitas Bangka Bealitung (UBB), Balunijuk, Minggu (10/09/2017) pagi.   

Rilis berita sebelumnya, dari total yang memasukkan lamaran sebanyak 611 pelamar, dan dinyatakan lolos administrasi sebanyak 296 pelamar. Hari ini, mereka akan berkompetisi  dengan peserta lain diseleksi ujian tertulis, bertempat di Gedung Fakultas Pertanian, Perikanan, dan Biologi (FPPB), Kampus Terpadu UBB.

Data yang kami terima dari Panitia Pelaksana Seleksi Pendamping Profesional Provinsi Babel Nanang Wahyudin, peserta yang hadir mengikuti ujian tertulis minggu (10/9) sebanyak 213 peserta.

"Dari hasil rekap berita acara (BA) pengawas setiap ruangan, Jumlah peserta yang hadir mengikuti ujian tertulis sebanyak 213 orang, dan peserta yang tidak hadir mengikuti ujian tertulis sebanyak 83 orang”, ujar Nanang.

Pemantauan dilapangan, para peserta Tenaga Pendamping Profesional ini sudah sedari pagi berdatangan untuk melihat dan mencari tempat/ruangan test, dan banyak diantara peserta bertanya kepada panitia dan tenaga satuan keamanan (Satpam) UBB yang bertugas untuk menunjukan lokasi ruangan tempat diselenggarakannya ujian.

Pelaksanaan ujian tertulis dimulai pukul 08.00 wib yang  ditandai dengan ‘aungan’ sirine panjang. Para peserta tampak antusias untuk segera mengerjakan soal-soal dihadapat mereka. Nampak wajah-wajah serius para peserta menyimak dan menyingkap soal yang telah dibagikan tim pengawas ruangan. Suasana disetiap ruangan nampak hening dan terlihat sekilas wajah cemas dari beberapa peserta melihat soal-soal yang berada didepan mereka.

Meski demikian, para pengawas terhadap tahap-tahap tes sangat ketat. Ini dibuktikan sebelum pelaksaan ujian tertulis dimulai pada pukul 07.30 wib, para pengawas disetiap ruangan membacakan tata tertib pelaksanaan ujian, serta memeriksa semua kelengkapan para peserta test yang harus dibawa.

Untuk menghidari hal-hal yang tidak diinginkan, tas, HP (Handphone ), dan kelengkapan lain para peserta ujianpun diletakkan ditempat terpisah. Hanya alat tulis serta Kartu Tanda Peserta dan KTP saja yang berada di kursi/meja ujian.

Pengawas ruangan nampak jeli memeriksa identitas dan kelengkapan berkas ujian tertulis para peserta, ini dilakukan untuk menghindari joki dan salah penempatan (nomor peserta yang tidak sesuai dengan nomor bangku ujian).

Pengerjaan 60 soal ujian tertulis berlangsung selama 90 menit. Ujian tertulis dimulai pukul 08.00 wib dan berakhir 09.30 wib. Awal dan berakhirnya tes ditandai dengan bunyi sirine, namun 15 menit sebelum tes berkahir, pengawas memberikan informasi kepada peserta tentang batas waktu pengerjaan soal.

Rekrutmen Pendamping Profesional Provinsi Kepulauan Babel merupakan program Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes). Ada delapan kategori atau bidang rekrutmen tenaga pendamping profesional yang digelar oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kuota tenaga pendamping profesional tahun ini, yang diberikan untuk Bangka Belitung total sebanyak 79 orang, dengan rincian formasi untuk Tenaga Ahli dengan kuota penerimaan sebanyak 12 orang, posisi Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) dengan kuota 8 orang. Formasi lainnya, untuk Pendamping Desa Teknis Infrastruktur (PDTI) dengan kuota 39 orang, dan posisi Pendamping Lokal Desa (PLD) dengan kuota sebanyak 21 orang.

Pelaksanaan ujian tertulis rekrutmen Pendamping Profesional bertempat di Gedung FPPB Kampus Terpadu UBB berjalan dengan lancar dan sukses. Tidak ada kendala apapun, semua tahapan tes berjalan dengan baik.

Sementara itu, dilakukan juga serah terima lembar kunci jawaban yang masih tersegel oleh tim seleksi kepada tim pemindaian lembar jawaban ujian (LJU) secara trasparans, diruang kesekretariatan Panitia Seleksi yang disaksikan oleh 2 orang perwakilan peserta ujian, pengawas, dan panitia rekrutmen Tenaga Pendamping Profesional pada pukul 11.00 wib, yang dilengkapi dengan serah terima berita acara (BA) penyerahan yang sudah dibumbuhi tanda tangan para saksi. 

Hasil ujian tertulis tenga pendamping profesional hari ini, akan langsung diumumkan dihari yang sama (10/9), tepatnya pada pukul 17.00 wib dilaman website ubb.ac.id. Bagi peserta yang lolos test tertulis, akan mengikuti tahapan test wawancara pada hari selasa (12/9) bertempat di Hotel Bumi Asih Pangkalpinang. Apabila peserta ujian tertulis rekrutmen tenga pendamping profesional, yang berasal dari wilayah sekitar Belitung banyak yang lolos, seleksi wawancara akan dilaksanakan di Tanjung Pandan Belitung. (Ags/Humas)

 

 

 
Universitas Bangka Belitung
Dikembangkan oleh BAPSI| Universitas Bangka Belitung.