Sebanyak 889 Peserta Siap Bersaing Di Jalur Mandiri UBB

MERAWANG, UBB - Pendaftaran mahasiswa baru jalur mandiri Universitas Bangka Belitung (UBB) bersama 16 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Wilayah Barat melalui Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMM PTN)-Barat 2017, yang telah diperpanjang  masa pendaftaran hingga hari selasa (04/7), dan telah ditutup pukul 16.00 WIB kemarin.

Sebelumnya Pendaftaran SMMPTN wilayah Barat ini telah dibuka sejak 1-30 Juni 2017, namun untuk mengakomodir siswa yg berada didaerah terpencil, libur keagamaan dan cuti bersama, Ketua Panitia SMMPTN-Barat 2017 Samsul Rizal bersama 16 PTN Wilayah Barat menyepakati dan mengambil kebijakan, untuk waktu pendaftaran online SMMPTN-Barat diperpanjangan.

Berdasarkan data yang diterima Humas UBB hari rabu (5/7) pukul 07.00 WIB, pendaftar SMMPTN 16 PTN Wilayah Barat total mencapai 29.098 pendaftar, dan yang sudah permanen/cetak kartu peserta sebanyak 28.750 siswa.

Dari 16 PTN Wilayah Barat Indonesia, Universitas Bangka Belitung menempati peringkat ke-9 pendaftar terbanyak yakni 889 pendaftar. Dan peringkat pertama di dominasi Universitas Andalas dengan pendaftar terbanyak 7.473  pendaftar.

Sebanyak 889 calon mahasiswa (cama) baru UBB tersebut siap mengikuti ujian jalur mandiri yang akan dilaksanakan secara serempak bersama 15 PTN Barat lainnya pada tanggal 8 Juli 2017, serta pengumuman hasil seleksi akan diumumkan 18 Juli 2017 pukul 14.00 WIB.

Dalam rilis sebelumnya “Meskipun ini seleksi mandiri masuk namun soalnya ujian di UBB sama dengan PTN lain. Kemungkinan dari jalur penerimaan ketiga ini persentase mahasiswa yang diterima 18-20 persen. Kita akan lihat jumlah peserta yang daftar ulang di SBMPTN, kalau kurang dari target maka akan menambah persentase penerimaan mahasiswa di jalur SMM PTN,” jelas Ketua Panlok SBMPTN panitia lokal (panlok) 24 Pangkalpinang, Ismed Inonu didampingi Ketua Panitia SMM PTB UBB Edi Nurcahya saat gelar konferensi pers pengumuman SBMPTN beberapa waktu lalu.

Pelaksanaan lokasi ujian SMMPTN-Barat khususnya UBB akan dilaksanakan di dua lokasi yang berbeda. Lokasi pertama terpusat di Kampus Terpadu UBB Desa Balunijuk, serta lokasi kedua bertempat di SMAN 1 Tanjung Pandan Belitung.

Para calon mahasiswa UBB akan bersaing dan mengikuti ujian berbasis cetak/tertulis (Paper Based Testing, PBT), dan sebanyak 98 ruang yang akan dipergunakan, serta kurang lebih 50 dosen dan tenaga kependidikan UBB akan dilibatkan sebagai pengawas ujian nanti.

Dihimbau juga kepada calon peserta jalur mandiri UBB (SMMPTN-Barat), agar dapat mengetahui dan mengecek lokasi tempat serta ruangan ujian minimal satu hari sebelum ujian dilaksanakan. Panitia PMB UBB juga telah membuat peta/denah lokasi serta petunjuk arah untuk mempermudahkan peserta ujian menuju lokasi test. (Ags/Humas)

 

 
Universitas Bangka Belitung
Dikembangkan oleh BAPSI| Universitas Bangka Belitung.