SIARAN PERS : Jumlah Naik, Peserta SBMPTN Siap Tanding Selasa 16 Mei esok !

SBMPTN-- Jumlah peserta SBMPTN 2017 untuk Panlok 24 Pangkalpinang tahun ini meningkat sekitar 26 % dibanding tahun sebelumnya. Total peserta SBMPTN tahun ini sebesar 2.662 orang naik dibandingkan tahun 2016 lalu dengan 2.106 orang. Raihan kenaikan ini mengikuti trend pendaftar SBMPTN secara nasional yang juga ikut naik. Total pendaftar SBMPTN secara nasional mencapai 797.023 orang diikuti 85 Perguruan Tinggi Negeri se- Indonesia.

Untuk Panlok 24 Pangkalpinang, lokasi ujian dibagi dalam dua subpanlok, yakni Subpanlok 1 Pangkalpinang dengan peserta sebanyak 2.279 orang, serta Subpanlok 2 Tanjung Pandan dengan peserta sebanyak 383 orang.

Dari jumlah tersebut, total peserta yang ikut seleksi bidang Saintek sebesar 944 orang, peserta yang ikut seleksi bidang Soshum sebesar 1.076 orang, adapun bidang Campuran sebesar 642 orang.

Informasi tambahan lainnya dari jumlah total diatas, sekitar sepertiga pelamar (702 orang) adalah pelamar beasiswa pendidikan Bidik Misi.

Informasi disampaikan oleh Ketua Panlok 24 Pangkalpinang, Dr. Ismed Inonu, selain tes tertulis (Paper Based Test), tes SBMPTN tahun ini menurutnya juga memberlakukan tes berbasis komputer (computer based test) yang akan diikuti oleh 140 orang dengan tempat tes di kampus UBB dalam subpanlok 1 Pangkalpinang .

“Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini lokasi tes berbeda tergantung bidang jurusan. Lokasi tes bidang Saintek akan bertempat di SMK Negeri 2 Pangkalpinang, bidang Soshum di Kampus UBB terpadu Balunijuk, dan Campuran akan berlangsung di SMA Negeri 1 Pangkalpinang. Adapun untuk Subpanlok 2 Tanjung Pandan, berhubung peserta tidak begitu banyak, pelaksanaan tes tertulis akan berlangsung di satu tempat saja yakni di SMA Negeri 1 Tanjung Pandang,” ujar Ismed.

Ismed juga menghimbau agar para peserta dapat memeriksa posisi ruangan tes mereka seperti tercantum dalam kartu peserta ujian satu hari sebelum tes, yakni Senin (15/5).

“Pada saat tes Selasa (16/5) nanti, para peserta wajib membawa kartu peserta yang telah diprint hasil pendaftaran online, dan membawa juga Surat Keterangan Lulus dengan tampilan foto pada tanggal seleksi. Jika SKL tidak memuat foto peserta, maka peserta diharuskan membawa identitas diri seperti KTP atau Kartu Pelajar,” himbau Ismed lagi.

Sementara itu, berhubung pada Selasa (16/5) nanti adalah juga proses registrasi bagi calon mahasiswa yang diterima jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), maka Ismed menghimbau agar calon mahasiswa dapat datang sendiri ke kampus UBB Balunijuk tanpa diwakilkan serta tidak lupa melihat persyaratan seperti diumumkan dalam website ubb.ac.id agar registrasi berjalan lancar. Ismed melanjutkan, bagi yang tidak hadir pada hari registrasi dianggap peserta mengundurkan diri. (Iksan/Humas)  

 

 
Universitas Bangka Belitung
Dikembangkan oleh BAPSI| Universitas Bangka Belitung.