SMM PTN-BARAT 2017 “ Kesempatan Terakhir Seleksi Masuk ke UBB”

JALUR MANDIRI – Panitia PMB UBB memberikan informasi kepada siswa alumni SLTA yang datang mendaftar melalui jalur mandiri/SMMPTN-Barat yang penyelenggaraannya dilakukan secara bersama dan online antara perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam Badan Kerja Sama Wilayah Barat, di seketariat SMM PTN-Barat 2017 Gedung Babel III, Kampus Terpadu UBB Balunijuk, Senin (5/06/2017) siang.

MERAWANG, UBB – Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri Indonesia Wilayah Barat (BKS-PTN Barat), telah membentuk panitia penerimaan mahasiswa dari jalur mandiri. Panitia yang diberi nama panitia Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMM PTN-Barat Tahun 2017), merupakan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang penyelenggaraannya dilakukan secara bersama antara perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam BKS Wilayah Barat. Penyelenggaraan seleksinya mengadopsi pola  yang dilakukan dalam jalur SBMPTN. Peserta dapat memilih Prodi yang  berada pada PTN BKS Wilayah Barat yang terdiri dari 16 PTN, dengan ketentuan Prodi pilihan pertama harus berada pada PTN lokasi ujian peserta.

Seperti disebutkan dalam Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 126 Tahun 2016, bahwasanya penerimaan mahasiswa baru program sarjana (S1) pada perguruan tinggi negeri, (PTN) selain dilakukan melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, dapat juga dilakukan melalui Jalur Mandiri yang diselenggarakan oleh masing-masing perguruan tinggi.

Terkait hal tersebut, pimpinan di 16 PTN Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri Indonesia Wilayah Barat, khususnya Universitas Bangka Belitung (UBB) berupaya untuk mensosialisasikan jalur mandiri masuk ke UBB melalui SMM PTN-Barat 2017 kepada siswa alumni SLTA khususnya dan masyarakat kepulauan bangka belitung umumnya. Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi pada pertemuan rapat persiapan seleksi mandiri jum’at (2/6) mengintruksikan kepada panitia PMB UBB untuk dapat mensosialisasikan hal tersebut, menginggat pelaksanaan SMMPTN-Barat 2017 merupakan kegiatan yang pertamakali dilakukan, dan kesempatan terakhir seleksi masuk jalur mandiri ke UBB tentunya, imbuhnya.

Seleksi jalur mandiri masuk UBB bersama PTN wilayah barat (SMMPTN-Barat), untuk tahun 2017 UBB menyediakan maksimal 30 persen kursi untuk penerimaan dari jalur mandiri/SMMPTN, atau dengan kata lain daya tampung murni sebanyak 141 orang.

Panitia PBM UBB juga menghimbau kepada siswa alumni SLTA yang belum mendaftar ke PTN khususnya UBB, dapat mengambil kesempatan dan peluang terakhir seleksi masuk ke UBB melalui jalur mandiri/SMMPTN-Barat 2017 ini. Panitia juga memberikan informasi serta menyediakan perangkat komputer untuk membantu dan melayani siswa yang mendaftar secara online di sekretariat pendaftaran SMMPTN-Barat, gedung Babel III Kampus Terpadu UBB.

Pendaftaran Jalur Mandiri/SMMPTN-Barat 2017 dilakukan secara online dengan mengunduh pada website http://www.smmptnbarat.id dan pendaftarannya sudah dibuka sejak tanggal 1 Juni sampai dengan 30 Juni 2017, serta pelaksanaan ujian tertulis akan dilaksanakan pada tanggal 8 juli 2017 mendatang.

UBB juga memberikan kemudahan dalam pelaksanaan tempat/lokasi ujian jalur mandiri/SMMPTN-Barat bagi siswa yang telah memilih prodi utamanya di UBB, Khususnya siswa yang berada di daerah Kepulauan Belitung, siswa yang berasal dari Belitung tidak perlu pergi dan datang ke Kampus Terpadu UBB, karna Panitia akan memfasilitasi tempat/lokasi ujian terdekat diseputaran daerah belitung bekerjasama dengan pihak sekolah seperti halnya ujian SBMPTN Sub Panlok 24 Tanjung pandan. Untuk Wilayah Bangka tempat/lokasi ujian terpusat di Kampus Terpadu UBB Desa Balunijuk Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka.

Seleksi Jalur Mandiri UBB bersama PTN Wilayah Barat berdasarkan ujian tertulis dalam bentuk cetak (Paper-based Test), yang dilakukan secara bersama dibawah koordinasi panitia SMM PTN-BARAT yang dilakukan secara nasional untuk program S1 reguler.

Enam belas PTN yang tergabung dalam penyelenggaraan SMM PTN-BARAT 2017 adalah Universitas Jambi, Universitas Teuku Umar, Institut Teknologi Sumatera, Universitas Syah Kuala, Universitas Lampung, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Universitas Andalas, Universitas Samudera, Universitas Palangkaraya, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Bangka Belitung, UIN Palembang, ISI Padang Panjang, Universitas Bengkulu, Universitas Malikussaleh dan ISBI Aceh.

Info lengkap penerimaan SMMPTN-Barat 2017 meliputi tata cara pembayaran, biaya registrasi dan seleksi, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan pilihan PTN serta program studinya, secara rinci dapat dilihat pada laman www.smmptnbarat.id dan website masing-masing perguruan tinggi peserta SMM PTN-BARAT tahun 2017, untuk Universitas Bangka Belitung (UBB) informasi dapat diakses melalui website ; pmb.ubb.ac.id (Ags/Humas)

 

 
Universitas Bangka Belitung
Dikembangkan oleh BAPSI| Universitas Bangka Belitung.