Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Mahasiswa KKN UBB Luncurkan Situs Wisata Jelitik

LUNCUR SITUS WISATA --  Mahasiswa KKN UBB meluncurkan situs wisata www.wisatajelitik.com,  ditandai dengan Lurah Jelitik Meirina Karulin Duwiva SIP MSi, yang didampingi tiga mahasiswi KKN UBB  --  Delta Rizky Damayanti (Prodi Ilmu Hukum), Patmawati (Prodi Teknik Elektro) dan Yena Elsira (Teknik Elektro) --  mengakses  kemudian   menyelusuri isi (content) situs wisata tersebut.

JELITIK, UBB --   Sebanyak 44 mahasiswa  UBB yang  melaksanakan  KKN (Kuliah Kerja Nyata) di  Kawasan Wisata Jelitik, Sungailiat,  menoreh sejarah baru di bidang teknologi informasi dan komunikasi untuk pemasaran kepariwisataan Bangka Belitung.    

Pasalnya,  Senin (21/08/2017) pagi mereka sukses   meluncurkan  (soft  launch)  situs (website) wisata dengan ‘domain’ (alamat) www.wisatajelitik.com.  Situs ini mengupas  tentang kawasan wisata Jelitik, Bangka.

Mahasiswa KKN UBB juga sedang  membuat situs Kelurahan Jelitik dan situs tentang SMP VI Jelitik --  tetapi belum dapat diakses via (lewat) internet,   karena masih dalam tahap proses  mengurus ‘domain’ (alamat)-nya.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN UBB Jelitik,   Ghiri Basuki, usai  peluncuran www.wisatajelitik.com  menjelaskan,  sejauh ini   belum ada  satu situs pun   yang secara lengkap, detil,   dan fokus  mengupas tentang  tempat wisata di Jelitik.

“Situs www.wisatajelitik.com ini menyajikan informasi lengkap   tentang empat pantai yang menjadi  primadona di Kawasan Wisata Jelitik. Yaitu Pantai Rambak, Pantai Teluk Uber, Pantai Tanjung Pesona dan Pantai Tikus Emas,” ujar Ghiri didampingi Kepala UBB Press Eddy Jajang J Atmaja.

Menurut dosen Fakultas Teknik Jurusan Elektro ini, situs www.wisatajelitik.com  menyajikan  informasi yang berguna dan menarik bagi calon pengunjung dan wisatawan  --  apakah itu   wisatawan nusantara (wisnu)  maupun mancanegara (wisman)  --  yang hendak berwisata ke Kawasan Wisata Jelitik.

“Di situs  www.wisatajelitik.com selain ada ratusan foto yang menarik tentang ‘sunset’ dan ‘sunrise’ serta kondisi tiap pantai.  Pengakses situs ini pun dapat mengetahui profile pantai, fasilitas yang ada,  semisal pondok, wahana wisata dan hotel.  Termasuk screenshot (tangkapan layar) dari mesin pencarian Google mengenai informasi jarak empat pantai di Jelitik dari  Bandara Depati Amir,” ujar Ghiri.

Peluncuran situs wisata Jelitik ditandai dengan Lurah Jelitik Meirina Karulin Duwiva SIP MSi, yang didampingi tiga mahasiswi KKN UBB  --  Delta Rizky Damayanti (Prodi Ilmu Hukum), Patmawati (Prodi Teknik Elektro) dan Yena Elsira (Teknik Elektro) --  mengakses  kemudian   menyelusuri isi (content) www.wisatajelitik.com di ruang tamu kelurahan.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada 44 mahasiswa KKN UBB yang telah membangun situs www.wisatajelitik.com, dan sedang membangun profil kelurahan Jelitik dan website SMPN 6 Rambak.  Kedua situs itu banyak  sekali manfaatnya terutama bagi masyarakat Kelurahan Jelitik. Terutama sebagai media informasi destinasi wisata Jelitik ke dunia luar.  Melalui www.wisatajelitik.com kita berharap akan banyak lagi pengunjung dan wisatawan datang ke Jelitik dan untuk menikmati wisata di Jelitik,” ujar Meirina.

Khusus situs Kelurahan Jelitik, menurut Meirina teknologi informasi ini bisa dimanfaatkan oleh warga Jelitik -- baik yang kini menetap di Jelitik maupun  di perantauan --  untuk mengetahui informasi tentang kelurahannya. Misalnya pengumuman atau regulasi baru  dari kelurahan Jelitik dan Pemerintah Kabupaten Bangka.

Di tempat terpisah, Ketua KKN UBB Kawasan Wisata Jelitik Haryanto mengemukakan, sejak 20 Agustus situs www.wisatajelitik.com sudah bisa diakses oleh masyarakat luas.  Sedangkan situs tentang Kelurahan Jelitik dan SMP Negeri VI Rambak sedang menunggu proses pengurusan ‘domain’ (alamat) website-nya untuk bisa diakses via Internet.

“Pengambilan foto ‘spot’ unggulan,  dan informasi lainnya  untuk  tiga situs itu dikerjakan oleh 44 mahasiswa KKN UBB.  Tapi dalam ‘memuat turun’ atau ‘download’-nya dikerjakan tim IT (Teknologi Informasi) KKN,” terang Haryanto, mahasiswa Teknik Elektro.

Tim IT  yang bekerja selama tiga minggu itu menurut Haryanto adalah Sani Pratama, Argi Syaputra, Liza A Wulandari, Septiansyah Putra, Audia Atira dan Propitri Atmawarni.  Keenam mahasiswa ini adalah mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Teknik Elektro.

Ke 44 mahasiswa KKN UBB itu ‘diterjunkan’  ke Kawasan Wisata Jelitik pada tanggal 18 Juli.  Tiga hari setelah itu, 31 Juli, mereka sudah ‘hunting’ (berburu) foto matahari terbenam (sunset) dan terbit (sunrise) hingga 6 Agustus.  Selama satu minggu, sejak 7 Agustus, tim IT ‘memuat turun’ seluruh data ke dalam situs wisata jelitik.

“Dari empat pantai yang kita gali informasinya, Pantai  Tanjung Pesona terlengkap.  Sebab di Tanjung Pesona itu terdapat hotel dan sudah tersedia sebagian informasi yang kita perlukan. Tapi secara umum informasi mengenai empat pantai di Kawasan Wisata Jelitik sudah sangat memadai,” ujar Haryanto.

Lurah Jelitik Meirina Karulin Duwiva  menilai ke 44 mahasiswa UBB yang selama 35 hari KKN di Jelitik sudah banyak memberikan manfaat, baik bagi warga maupun pihak kelurahan itu sendiri. Salah satunya adalah membangun kesadaran warga bahwa di  kawasan wisata ini  banyak hal yang  bisa digali untuk meningkatkan pariwisata dan pendapatan warga di Jelitik.

“Pada situs yang telah dibangun misalnya, kami; pihak kelurahan dapat memuat informasi tentang even wisata dan  sebagainya.  Secara keseluruhan, kami berharap UBB dapat menerjunkan lagi mahasiswanya KKN di sini tahun depan untuk mengembangkan website wisata ini,” tukas Meirina.

Peluncuran situs wisata Jelitik dan Kelurahan Jelitik itu sekaligus menandai akhir  mahasiswa  KKN UBB Angkatan ke 12 di Jelitik. UBB melalui Ghiri Basuki menyerahkan plakat dari UBB dan menghibahkan  komputer  untuk dapat digunakan oleh masyarakat Jelitik kepada Lurah Meirina.

Sebelum acara penutupan KKN UBB itu, mahasiswa UBB juga menyerahkan kotak sampah, kotak saran, dan ‘banner’ pelayanan masyarakat kepada Kelurahan Jelitik sebagai perwujudan pelaksanaan KKN Revolusi Mental, mulai dari Indonesia Melayani, Bersatu dan Bersih (Eddy Jajang Jaya Atmaja)   

 

 
Universitas Bangka Belitung
Dikembangkan oleh BAPSI| Universitas Bangka Belitung.