UBB Laksanakan PETUAH untuk Membangun Karakter Mahasiswa Baru

MERAWANG, UBB – Kegiatan pendidikan karakter bagi mahasiswa baru (Maba) Universitas Bangka Belitung (UBB) yang diberi nama Perkemahan Sabtu Ahad (PETUAH) dilaksanakan selama dua hari yaitu 23-24 September 2017 bertempat di Lapangan Gedung Perencanaan Rektorat Baru UBB.

Pendidikan karakter ini mengkombinasikan dua konsep, yaitu indoor-outdoor atau teori-praktik langsung. “Hal ini bertujuan agar apa yang disampaikan pada saat teori dapat langsung dipraktekkan di kehidupan sehari-hari”, ujar Dr. Ir. Muh Yusuf, M.Si selaku Rektor UBB saat ditemui di Gedung Rektorat baru.

PETUAH UBB ini diisi dengan berbagai materi pada hari Sabtu, yaitu “Membangun Wawasan Kebangsaan Indonesia” yang dipaparkan oleh Korem 143 Garuda Jaya serta materi dari MUI Pusat dengan judul “Hakekat Kebinekaan dalam Kebangsaan”. Selanjutnya di hari Minggu juga diisi dengan beberapa materi lainnya.

Karakter seseorang dipengaruhi oleh dua hal, yaitu faktor bawaan atau keturunan dan faktor lingkungan. “Faktor lingkungan bisa berpengaruh terhadap faktor fisik misalnya, alam lingungan kita, rumah dan sebagainya. Bisa juga faktor budaya, faktor lingkungan setempat, kalau berhubungan dengan kampus yaitu kurikulum yang diberikan bagaimana mendudukung untuk pengembangan karakter seseorang yang baik serta metode pendidikan dosen”. Ucap Rektor UBB.

“Setelah setahun ini kita mengevaluasi, masih ada yang bersikap temprament dalam artian belum bisa mengandalikan emosi. Hal tersebut tidak sesuai dengan apa yang diharapkan dari pendidikan karakter tahun lalu” tutur Dr. Ir. Muh Yusuf, M.Si selaku Rektor UBB.

Kegiatan ini juga diisi dengan Games yang menambah keseruan acara PETUAH UBB ini, diantaranya games Wawasan Nusantara dan selanjutnya pada hari Minggu dilaksanakan Outbond dan Team Work Building.

Pendidikan karakter ini berhubungan dengan masalah etika, nilai akhlak serta kepribadaian. Harapan Rektor untuk Mahasiswa bukan hanya bisa meresapi tapi juga dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari, artinya kita praktekkan di lapangan. Tujuannya agar dapat masuk dalam jiwa pribadi setiap mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini. (Anggota LPM-UBB)

 

 
Universitas Bangka Belitung
Dikembangkan oleh BAPSI| Universitas Bangka Belitung.