UBB Melepas Peserta KKN Terbanyak Di Tahun 2017

KKN XII UBB -  Wakil Rektor III UBB Fadillah Sobri ST MEng, menyematkan secara simbolis atribut dan tanda peserta kepada Mahasiswa Universitas Bangka Belitung sebagai peserta Kuliah Kerja Nyata Angkatan XII Tahun 2017, Universitas Bangka Belitung (UBB) di tahun 2017 melepas 917 Mahasiswa UBB sebagai peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan XII dengan varian atau jenis KKN yang beragam, yang akan di tempatkan di tujuh Kabupaten, kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, serta KKN Kebangsaan di Provinsi Gorontalo.

MERAWANG, UBB - Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan XII Universitas Bangka Belitung (UBB) kembali dilakukan sebagai bentuk perwujudan Tri Darma Perguruan Tinggi dalam pengabdian terhadap masyarakat oleh UBB Tahun 2017. Tahun ini UBB mengambil tema “Kuliah Kerja Nyata Universitas Bangka Belitung Membangun Bangka Belitung Berkelanjutan“ dengan menerjunkan 917 Mahasiswa UBB, di acara Pelepasan Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan XII UBB, bertempat di area Parkir Fakultas Teknik (FT) Kampus Terpadu UBB, Senin (17/07/2017) pagi.

Area Parkir FT UBB sedari pagi dipadati oleh Mahasiswa UBB yang akan mengikuti acara Pelepasan Peserta KKK Angkatan XII UBB Tahun 2017. Sebelum diberangkatkan ke lokasi KKN, Peserta KKN dikumpulkan di lapangan area parkir FT Kampus Terpadu UBB di Desa Balunijuk, untuk mendengarkan pengarahan serta pelepasan peserta KKN XII UBB Tahun 2017 yang disampaikan Rektor UBB dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor III Fadilah Sobri ST MEng.

Ketua KKN XII UBB Wahyu Adi SPi MSi dalam laporanya menyampaikan, Peserta KKN XII UBB di ikuti sebanyak 917 Mahasiswa UBB yang terbagi dengan 6 jenis KKK, antara lain KKN Tematik yang tersebar di 6 Kabupaten dan 1 Kota di Provinsi Bangka Belitung, KKN Kerjasama dengan Kabupaten Bangka, KKN Revolusi Mental, KKN Kemenristekdikti, KKN Kebangsaan di Propinsi Gorontalo, serta KKN Bersama yang diikuti 29 Universitas yang bergabung dalam Badan Kerja Sama (BKS) Wilayah Barat .

Beliau merincikan untuk KKN Tematik  di 6 Kabupaten dan 1 Kota Propinsi Bangka Belitung, antara lain Kabupaten Bangka dengan peserta KKN sebanyak 299 Mahasiswa, Bangka Tengah 223 peserta, Bangka Selatan 82 peserta, Bangka Barat 40 peserta, Belitung 25 peserta, Belitung Timur 24 peserta, dan Kota Pangkalpinang sebanyak 122 peserta. KKN Revolusi Mental pelaksanaan programnya akan dititipkan kepada 10 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Tematik. KKN Kerja Sama UBB dengan Kabupaten Bangka menurunkan 43 peserta, KKN Kemenristekdikti program Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) pesertanya sebanyak 30 Mahasiswa, KKN Kebangsaan bertempat di Kabupaten Bone Bolango Propinsi Gorontalo mengirimkan 5 peserta, dan KKN Bersama dilaksanakan di Kabupaten Bangka bergabung dengan 19 Universitas yang tergabung dalam BKS Wilayah Barat dengan total peserta sebanyak 150.

KKN Bersama merupakan kepanitiaan terpisah yang di ketuai oleh Filya Rosa SST MT,  dalam hal ini UBB sendiri menerjunkan sebanyak 25 mahasiswa yang nantinya bergabung dengan 19 Universitas Wilayah Barat di Kabupaten Bangka.

Peserta KKN Angkatan XII ini menurut Wahyu Adi merupakan peserta KKN terbanyak di antara KKN yang pernah diselenggarakan oleh UBB dan berbagai macam jenis KKN yang akan di laksanakan oleh peserta KKN XII UBB Tahun 2017

Ia juga melaporkan untuk peserta KKN Kemenristekdikti “Menurut informasi hari ini, pagi tadi sudah berangkat beberapa dari mereka untuk ke Belitung, jam 8.00 tadi, jadi tidak bisa hadir bersama kita di acara Pelepasan Peserta KKN UBB pagi ini” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor III Fadillah Sobri ST MEng memberikan sambutan dihadapan peserta KKK yang  kompak mengenakan kemeja seragam KKN warna Biru Tua berlogo UBB dengan lima warna fakultas (oranye, unggu, hijau, merah dan kuning) di lenggan kiri peserta KKN Angkatan XII UBB Tahun 2017. Fadillah Sobri memberikan apresiasi kepada peserta KKN yang salah satu kelompok KKN seluruh peserta perempuannya kompak menggunakan jilbab warna merah dan memberikan amplop kepada ketua kelompok tersebut. “Kenapa saya mengapresiasi, saya liat dari tadi pertama, kursi yang paling penuh semua didepan kelompok ini, yang lain itu main suro-suro ‘suruh-suruh’ oleh staf LPPM, mana jilbabnya seragam lagi”, alasannya memberikan hadiah.

Fadilah Sobri memberikan motivasi kepada peserta KKN XII UBB, dengan ciri khasnya sebagai ustad sehingga suasana acara larut dengan keceriaan dan penuh tawa peserta KKN.

“Pemberdayaan masyarakat itu hakikatnya adalah memberi, bukan mendapati bukan menerima. Tetapi hakikat pemberian, hakikat memberi adalah menerima, kalau anda memberi karna anda diminta itu ma’ biasa, tetapi kalau kita memberi tidak diminta itu yang baru luar biasa” ujarnya.

Ia juga berpesan kepada peserta KKN “konsep KKN yang anda dalami adalah semakin menderita semakin hebat, semakin menderita semakin kuat. Tanamkan dalam diri grub anda, selama 35 hari ini anda akan kenal siapa diri anda, anda akan kenal siapa sahabat atau kawan anda itu, peran ketua kelompok adalah pandai melihat perbedaan dengan mencari jalan keluar dan solusinya” tegasnya.

Fadillah Sobri mengajak bersama-sama peserta dan panitia KKNUBB dengan mengucapkan “Bismilla hirrahman nirrahim ....” acara Pelepasan Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan XII UBB Tahun 2017 secara resmi dibuka. Sekaligus ditandai dengan penyematan atribut secara simbolis kepada perwakilan peserta KKN XII UBB 2017. 

Panitia KKN XII UBB menginggatkan kepada seluruh peserta KKN untuk mobilitas keberangkatan ke lokasi KKN tepat waktu ke esokan harinya. Panitia akan menurunkan sebanyak 40 unit armada Bus dan direncanakan selasa 18/7 jam 07.00 WIB sudah diberangkatkan dari Kampus Terpadu UBB ke tujuan daerah masing-masing lokasi KKN. 

 

 

 
Universitas Bangka Belitung
Dikembangkan oleh BAPSI| Universitas Bangka Belitung.