Upacara HUT RI Ke-72 Di UBB Berlangsung Hidmat

Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi Irup Upacara, diikuti oleh seluruh peserta upacara memberikan penghormatan kepada Sang Saka Merah Putih pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72, di halaman parkir Fakultas Teknik Kampus Terpadu Universitas Bangka Belitung (UBB), Desa Balunijuk, Kamis (17/08/2017) pagi.

MERAWANG (UBB) – Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-72 di Universitas Bangka Belitung (UBB) berlangsung hidmat. Seluruh civitas akademika nampak kompak dengan seragam putih hitam yang dikenakan peserta upacara bendera, serta diiringi paduan suara dan Marching Band Laskar Bahana Nusantara (Labana) UBB dengan seragam khasnya berbaris rapi dan tertib, bertempat dilapangan parkir Fakultas Teknik Kampus Terpadu UBB, Kamis (17/08/2017) pagi.

Tepat pukul 07.00 wib Upacara Bendera dilaksanakan, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi dan Komandan Upacara Tigor Bastian (Satpam UBB), serta diikuti kurang lebih 1.500 peserta yang terdiri dari tenaga Pendidik dan Kependidikan (Diktendik), serta mahasiswa baru UBB tahun Akademik 2017/2018, yang sedari pagi telah membentuk barisan dengan tertib. Sebelum upacara bendera dimulai seluruh peserta Diktendik UBB diwajibkan mengisi daftar hadir.

Upacara peringatan HUT RI ke-72 tahun 2017 ini, tema yang diusung Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti)  adalah “INDONESIA KERJA BERSAMA” dalam mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong..

Pelaksanaan Upacara Bendera HUT RI ke-72 di Kampus Terpadu UBB nampak hadir juga tamu-tamu dari tokoh-tokoh sejarawan, tokoh adat, dan tokoh budayawan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang secara khusus di undang UBB untuk menghadiri upacara bendera tersebut.  

Petugas upacara yang diselenggarakan di Kampus Terpadu UBB tahun ini diambil alih oleh Satua Pengamanan (Satpam) UBB, diantaranya yang bertindak sebagai Komandan Upacara ialah Tigor Bastian, petugas pengibar bendera merah putih diantaranya Wahyu Saputra, Akhiruddin dan Noverdi, pembacaan teks UUD 45 Tirmayadi, pembacaan do,a Arbain, serta pembawa acara (MC) Elisa Damayanti, mereka sudah mempersiapkan diri dan berlatih selama 2 hari yang lalu.

Pelaksanaan upacara bendera ini juga melibatkan seluruh mahasiswa baru, dosen, tenaga kependidikan, dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) PMI, UKM Marching Band, UKM Paduan Suara, serta Badan Eksekutif Mahasiswa yang ada di tingkat Universitas maupun Fakultas dilingkungan UBB.

Selanjutnya Irup Muh Yusuf membacakan naskah sambutan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof H. Mohamad Nasir PhD Ak dihadapan seluruh peserta upacara dengan tema “INDONESIA KERJA BERSAMA”. Mohamad Nasir mengajak seluruh pemangku kepentingan Ristek Dikti bekerja sama menjawab tantangan terbesar saat ini yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia demi mewujudkan kemandirian Bangsa.

Nasir menambahkan dalam peringatan HUT RI ke-72 ini, marilah kita semua bekerja sama untuk terus membangun riset, teknologi, dan pendidikan tinggi dengan penuh integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong, serta selalu mengedepankan kepentingan dan masa depan bangsa Indonesia.

Upacara bendera ini berakhir pukul 08.00 Wib, dan dilanjutkan dengan pengenalan seluruh pimpinan universitas, fakultas, unit pelaksana teknis, biro dan lembaga di lingkungan UBB kepada mahasiswa baru UBB tahun akademik 2017/2018.

Dilanjutkan dengan penyematan secara simbolis tanda peserta spesifik kepada mahasiswa baru dari masing-masing fakultas oleh Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi, yang didampingi oleh Wakil Rektor 1 UBB Dr Ir Ismed Inonu MSi, serta diakhiri dengan sesi foto bersama. (Ags/Humas)

 

 

 
Universitas Bangka Belitung
Dikembangkan oleh BAPSI| Universitas Bangka Belitung.