Wisuda XV UBB, 179 Wisudawan Predikat Pujian

MELANTIK WISUDAWAN – Rektor Universitas Bangka Belitung Dr Ir Muh Yusuf MSi, selaku Ketua Senat UBB melantik 175 Wisudawan dengan Predikat Pujian dalam acara Rapat Senat Terbuka Universitas Bangka Belitung Wisuda XV Tahun 2017, bertempat di Convention Hall Novotel Bangka, Pangkalanbaru, Bangka Tengah, Kamis (12/10/17) pagi.

PANGKALANBARU, UBB – Sebanyak 572 lulusan Universitas Bangka Belitung (UBB), Kamis (12/10) menjalani prosesi wisuda di Convention Hall Novotel Bangka. Sebelum mengikuti prosesi wisuda, para calon wisudawan telah melaksanakan yudisium dan pelepasan di masing-masing Fakultas.

Dari 572 wisudawan tersebut, sebanyak 179 orang atau 31,3 persen tercatat berpredikat lulus dengan ‘pujian’ atau  cumlaude, dan terbanyak di tahun ini. 

Luar biasa!. Selain lulus tepat waktu, mereka pun mempunyai IPK (Indeks Prestasi Komulatif) di atas 3,5, bahkan tak jarang hingga mendekati empat. Wisudawan dengan IPK tertinggi 3,95 atas nama Indah Permata Sari dari Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik.

Tercatat sejak didirikan pada tahun 2006 hingga  kini, Universitas Bangka Belitung telah memiliki total alumni sebanyak 3.657 sarjana. Pada wisuda ke-15 kali ini, terdapat jurusan tahun perdana ‘melahirkan’ sarjana baru yakni jurusan Budidaya Perairan.

Ke 572 sarjana yang diwisuda terdiri dari program studi Teknik Mesin 25 orang, Teknik Elektro  58 orang, Teknik Pertambangan 16 orang, Teknik Sipil 27 orang, Agroteknologi 81 orang, Manajemen Sumberdaya Perairan 16 orang, Biologi 12 orang, Agribisnis 48 orang, Akuntansi 92 orang, Manajemen 79 orang, Ilmu Hukum 64 orang, Sosiologi 38 orang, dan Budidaya Perairan 18 orang.

Pelaksanaan wisuda UBB terus meningkat baik secara kuantitas maupun kualitas wisudawannya. Mengingat jumlah yang diwisuda meningkat dan efisiensi waktu, pemangilan nama-nama wisudawan dan wisudawati sengaja di design menjadi 2 bagian, yakni bagian kiri dan kanan. Ini kita lakukan karena peserta tahun ini banyak dan tempat pelaksaan juga cukup memadai yakni di Novotel Bangka Hotel & Convention Centre.

Rektor pada sambutannya kepada para wisudawan dengan mengusung tema, 'Membangun Komunikasi pada Masyarakat Berbasis Sains dan Hasil Riset. “Tugas para lulusan Sarjana diharapkan setelah terjun ke tengah-tengah masyarakat dan bekerja di instansi/lembaga/perusahaan atau menjadi wirausahawan atau berwirausaha seharusnya memiliki mindset di dalam berkerja dan berkarya yakni atas dasar berfikir secara logis atau rasional dilandaskan atas sains dan teknologi serta profesional dalam bekerja sesuai keahlian dan kompetensi yang dimilikinya pada masing-masing bidang”, ingatnya.

 “Semoga para wisudawan Universitas Bangka Belitung bisa memberikan konstribusi nyata bagi pembangunan negeri ini, terutama dalam meningkatkan kualitas pendidikaan dan mencerdaskan kehidupan masyarakat dan bangsa, sehingga masyarakat menjadi sejahtera”, ujar Rektor UBB diakhir sambutannya. 

Terhadap wisudawan baru, Muh Yusuf mengucapkan selamat kepada para wisudawan maupun keluarga masing-masing yang saat ini telah melaksanakan prosesi wisuda. Sebab, ia menilai keberhasilan UBB dalam mencetak sarjana itu tak bisa lepas dari dukungan pihak keluarga wisudawan, baik secara moril paupun materil.  

Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi menyerahan cinderamata dan piagam penghargaan serta foto bersama dengan orang tua wisudawan predikat terbaik perjurusan, serta mahasiswa berprestasi yang lainnya.

Adapun penghargaan diberikan kepada sarjana terbaik perjurusan masing-masing adalah Alberto Stevan Tarigan (Teknik Mesin, IPK 3,71), Danial Ramadan (Teknik Elektro, IPK 3,65), Apriladi (Teknik Pertambangan, IPK 3,26), Dessy Yanti (Teknik Sipil, IPK 3,81), Risa Agustina (Agroteknologi, IPK 3,75), Evi Nurmala (Manajemen Sumberdaya Perairan, IPK 3,60), Sumiati (Biologi, IPK 3,56), Miranty Dhea Putri (Agribisnis, IPK 3,91), Ajie Prayoga (Budidaya Perairan, IPK 3,73), Tomi Sah (Akuntansi, IPK 3,78), Siti Yuliana (Manajemen, IPK 3,78), Boy Ingot Netron Sihaloho (Ilmu Hukum, IPK 3,89), serta Rezi Prayoga (Sosiologi, IPK 3,74).

Penghargaan sarjana lulusan tercepat pada wisuda ke-15 tahun ini, yang mampu menyelesaikan dalam waktu 3 tahun 5 bulan adalah Zia Julian dari Jurusan Agroteknologi, Fakultas Pertanian Perikanan dan Biologi (FPPB) dengan IPK 3,61. 

Dikesempatan yang sama, Wakil Rektor I UBB Dr Ir Ismed Inonu MSi juga memberikan cinderamata dan ucapan selamat kepada 27 wisudawan yang telah berprestasi dan aktif dibidang organisasi kemahasiswaan, dan kali ini merupakan jumlah terbanyak diberikan dari tahun sebelumnya.

Usai menjalani prosesi wisuda, para wisudawan sudah ditunggu oleh keluarga dan kerabat-kerabatnya di luar gedung Convention Hall Centre Novotel Bangka. Berbagai cara pun dilakukan untuk menyambut para wisudawan, dari bernyanyi, spanduk ucapan selamat, hingga membawa karangan bunga dan boneka sebagai hadiah. (Ags/Humas)

 

 

 
Universitas Bangka Belitung
Dikembangkan oleh BAPSI| Universitas Bangka Belitung.