UNIVERSITAS BANGKA BELITUNG

 

PMB/ Student Admission

Penerimaan Mahasiswa Baru UBB | Informasi SNMPTN | Informasi SBMPTN

 

Efektifitas Terumbu Karang Buatan Bagi Rehabilitasi Ekosistem Terumbu Karang

Sekitar sepuluh tahun berlalu sejak Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah dan Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan No 146/MPP/Kep/4/1999 mengenai pencabutan timah sebagai komoditas strategis sehingga penambangan timah skala masyarakat diperbolehkan, kini penambangan timah di darat Pulau Bangka dan Belitung dirasa mulai tidak potensial lagi untuk dilakukan. Hasil yang didapat dari penambangan timah darat semakin sedikit sedangkan biaya operasional terus meningkat.

Upaya Rehabilitasi Ekosistem Terumbu Karang dengan Merintis Daerah Perlindungan Laut (Marine Protect Area) Berbasis Masyarakat

Belajar dari kerusakan hutan Indonesia, maka untuk menyelamatkan kelestariannya dibuatlah hutan lindung. Demikian pula di laut, sudah saatnya dibuat ”Daerah Perlindungan Laut (DPL)” untuk menyelamatkan ekosistem terumbu karang yang masih tersisa. Ternyata hutan lindung pun masih tetap dijarah di negeri yang serakah ini. Demikian pula dengan laut, banyak DPL yang masih tetap dijarah dan terjadi kegiatan pengrusakan terhadap ekosistem terumbu karang. Karenaya, terbukti di Indonesia ”hutan adat” jauh lebih terjaga kelestariannya dibandingkan hutan lindung.

Terumbu Karang di Sungai Samak Kecamatan Badau kabupaten Belitung

Pulau Belitung memang kaya dengan sebaran terumbu karang. Hal ini karena Pulau belitong yang sekarang lebih di kenal dengan sebutan negeri laskar pelangi ini dikelilingi oleh pulau-pulau kecil yang kaya dengan potensi wisata bahari. Pantai-pantai di pulau Belitung terkenal dengan pasirnya yang putih, airnya yang biru jernih tenang dan pemandangan alamnya yang indah.

Pesona Terumbu Karang Di Titik Paling Timur Pulau Bangka, Tanjung Berikat

Senang rasanya dapat melihat keindahan di spot paling timur Pulau Bangka. Titik itu bernama Tanjung Berikat desa beriga kabupaten Bangka tengah. Sebuah tanjung yang dikelilingi oleh laut. Pantai di Tanjung Beriga sangat indah. Saat melihat pantai ini, kami teringat saat mengunjungi Pantai Tanjung Tinggi Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung. Pantai dengan pasir putih bersih, air laut biru jernih dengan bebatuan granit berukuran besar dan artistik. Dipantai ini ditumbuhi tanaman tropis yang masih alami, namun sebagian besar pohon kelapa yang tinggi telah mati karena tersambar petir.

Terumbu Karang di Desa Tanjung Labu Pulau Lepar Kabupaten Bangka Selatan, Pengamatan Bulan April 2009

Pulau Lepar merupakan Pulau terbesar dari Pulau-Pulau kecil di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Secara administrasi Pulau Lepar terletak di Kecamatan Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan. Pulau ini terletak pada posisi geografis 02o57’00” LS dan 106o48’36” BT dengan luas 25.416,380 ha (Pulau terbesar di Kabupaten Bangka Selatan). Topografi Pulau Lepar berbentuk sedikit datar dan banyak berbukit-bukit. 

Terumbu Karang (Coral Reef) Tanjung Sangkar

Vegetasi yang dijumpai adalah lamun yang didominasi oleh enhalis acoroides. Setelah itu akan dijumpai vegetasi alga yang tumbuh cukup luas hingga hampir ke arah tubir. Makroalga yang ditemui sebagaian besar adalah jamur laut (Padina), Sargassum dan Turbinaria yang berasosiasi dengan karang masaif dan submasif. Namun karang masih sedikit dijumpai diantara vegetasi yang subur. Terumbu karang baru dijumpai dengan keanekaragaman yang cukup tinggi didaerah tubir dengan kedalaman 2 – 4 meter.

Terumbu Karang di Pantai Tanjung Ular Mentok Kabupaten Bangka Barat

pengamatan kondisi terumbu karang, Melihat banyaknya bebatuan dipantai, airnya yang terlihat biru jernih dan substrat pasir pantainya tim menduga pantai ini akan menjadi kawasan ekosistem terumbu karang yang cukup baik. Apalagi melihat nelayan yang menggunakan alat tangkap jenis bubu (seperti di daerah Pulau Semujur) semakin menguatkan indikasi kami bahwa ada potensi terumbu karang di pantai ini. Maklum, hasil pengamatan terhadap kondisi terumbu karang di Daerah Tungau Kecamatan Simpang Teritip ternyata kurang baik.

Laboratorium Perikanan UBB Berhasil Transplantasi Karang

Upaya penanggulangan kerusakan ekosistem terumbu karang dapat dilakukan dengan mengembangkan teknik transplanstasi karang. Transplanstasi karang merupakan salah satu upaya rehabilitasi ekosistem terumbu karang melalui pencangkokan atau pemotongan karang hidup yang selanjutnya ditanam di tempat lain yang mengalami kerusakan atau menciptakan habitat baru pada lahan yang kosong (COREMAP, 2006). 

Terumbu Karang Di Pantai Tanjung Kelayang Belitung

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa akhirnya tim eksplorasi terumbu karang Universitas Bangka Belitung diberikan kesempatan untuk dapat melakukan eksplorasi terumbu karang di pantai yang indah di Pulau Belitung. Di Pulau inilah lounching visit babel archipelago 2010 dilakukan sekitar akhir Desember 2009. acara yang menghabiskan anggaran sekitar Rp 1,1 Milliar dengan pesta kembang api dan nonton bareng film ”sang pemimpi” itu memang terkesan mubazir dan jauh dari keberkahan.

Terumbu Karang Pulau Pemuja Perairan Penganak, Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat

Selasa, 11 Mei 2010 Tim Eksplorasi Terumbu Karang Universitas Bangka Belitung berkesempatan untuk mengunjungi Pulau Pemuja Penganak Jebus Kabupaten Bangka Barat. Perairan penganak terkenal sebagai kawasan penambangan timah laut yang dilakukan dengan total mining. Bagaimana tidak, di perairan ini beroperasi sekitar 25 kapal isap yang tim hitung dengan mata telanjang. Selain itu beroperasi ratusan Tambang Inkonvensional Apung (TI Apung_red).

Tim Eksplorasi Terumbu Karang UBB Berhasil Lakukan Transplantasi Terumbu Karang untuk Tahun ke Dua

Pada bulan Mei 2009, Laboratorium Perikanan Universitas Bangka Belitung dengan diprakarsai oleh Tim Eksplorasi Terumbu Karang UBB telah berhasil melakukan kegiatan transplantasi terumbu karang untuk pertama kalinya di Pantai Teluk Limau Sungailiat Kabupaten Bangka. Lokasi ini di pilih karena akses yang mudah, termasuk jenis karang tepi (fringing reef) sehingga tak perlu menyebrang. Pengamatan hasil transplantasi pada bulan oktober menunjukkan hasil yang sangat mengagumkan dengan indeks keberhasilan > 75 %.

Kerusakan ekosistem terumbu karang di Pulau Bangka akibat penambangan timah lepas pantai (Kapal Isap)

kapal isap yang beraktivitas di perairan Penganak, Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat. Tedapat sekitar 35 kapal Isap yang beroperasi di kawasan ini

Spot-Spot Baru Kerusakan Ekosistem Terumbu Karang Pulau Bangka

Tanggal 9 Mei 2010, Tim Eksplorasi Terumbu Karang Tim Eksplorasi Terumbu Karang UBB untuk pertama kalinya melakukan reef check (pengecekan kondisi terumbu karang) di Pulau Pemuja, Desa Penganak Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat. Tulisan mengenai hasil dan kondisi pulau ini telah dimuat oleh media Bangkapos pada tanggal 16 Mei 2010. Pulau Pemuja dengan hutan yang masih asri, berpasir putih dan dikelilingi bebatuan granit berukuran besar berwarna putih keabua-abuan ini ternyata memiliki tutupan karang hidup (persen cover live coral) hanya 14,12 %.

Terumbu Karang di Pulau Pongok Kabupaten Bangka Selatan

"Menemukan tempat baru yang belum pernah ditemui sebelumnya dan melakukan penelitian baru dilokasi tersebut". Itulah yang menjadi motivasi tim eksplorasi terumbu karang untuk terus melakukan kegiatan eksplorasi terumbu karang, mencari spot-spot baru ekosistem yang tersebar di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Meskipun dari sebagian spot karang yang telah kami lakukan sebagian besar kondisi terumbu karangnya kurang baik atau sehat, namun semangat untuk mencari spot karang yang kondisinya masih bagus, alami dan sehat terus menjadi rasa penasaran yang akhirnya terus memompa semangat kami.

Terumbu Karang Desa Teluk Limau Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat

Sekali lagi eksplorasi terumbu karang dilaksanakan di daerah Kabupaten Bangka Barat. Hal ini dikarenakan belum puasnya akan hasil yang selama ini diperoleh dari kegiatan di kabupaten ini untuk menemukan kondisi terumbu karang yang kondisinya masih baik lengkap dengan pantainya yang indah sehingga dapat direkomendasikan sebagai kawasan wisata bahari yang potensial untuk di masa yang akan datang.

Mimpi Kami untuk Rebo

Pantai Rebo adalah salah satu pantai di Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka. Pantai yang menjorok dari daratan ini dulu sempat menjadi serpihan syurga bagi penulis secara pribadi. Awal tahun 2008, sedih melihat kondisi pantai ini yang diluluhlantakkan oleh penambangan timah di daerah pantai dan TI Apung yang bertebaran disekitar pantai tersebut. Bangunan-bangunan yang dulu dibangun oleh pemerintah daerah sebagai penunjang untuk meningkatkan nilai estetika pantai ini beralih fungsi menjadi tempat tinggal para pekerja TI.

Pulau Pemain Permis Kabupaten Bangka Selatan

2 januari 2011. Tim eksplorasi terumbu karang melakukan ekspedisi terumbu karang di perairan Permis tepatnya di pulau pemain. Desa Permis Kecamatan Simpang Rimba Kabupaten Bangka Selatan merupakan desa yang cukup besar di pesisir bagian selatan tepatnya bagian barat daya pulau Bangka. Desa ini berada pada perairan selat Bangka yang berbatasan dengan pulau Sumatera. 

Perairan Tuing, Benteng Sumberdaya Perikanan Laut di Kabupaten Bangka

Berdasar undangan dariseorang teman, tim eksplorasi terumbu karang UBB ahirnya mengunjungi dan mengeksplorasi perairan Tuing pada Tanggal 9 September 2011 dan 20 April 2012. Tuing adalah dusun terpencil dan jarang dikenal oleh masyarakat Bangka. Dusun ini terletak di kecamatan Riau Silip Kabupaten Bangka. Sebenarnya Tanjung Tuing terlihat dari Pantai Matras Sungailiat sebelah utara. Tampak bukit terjauh yang terlihat berbatasan langsung dengan pantai itulah sebenarnya tanjung Tuing.

Nuansa Terumbu Karang (Coral Reef) Menawan di Karang Sebidang Kampung Tungau, Simpanggong Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Ekosistem terumbu karang ini disebut ” Karang Sebidang” oleh penduduk setempat. Berjarak sekitar  2 km dari lokasi pantai Kampung Tungau. Luasan karang merawak sekitar 800 m2 dengan kondisi tutupan yang tergolong rendah (25 -50%). Tampak jelas bahwa karang di lokasi ini tertutup oleh sediment halus sehingga banyak yang mati dan merana. Selain itu banyak juga terdapat biota Diadema sp (bulu babi).

Eksotisme Terumbu Karang (Coral Reef) di Pulau Semujur Kepulauan Bangka Belitung

Karang tepi di Pulau Semujur relatif tipis, namun memanjang mengelilingi pulau. Ekosistem terumbu karang yang terdapat antara Pulau Semujur dan Pulau Panjang sangat menakjubkan. Karang terlihat sangat asri, memiki keanekaragaman jenis karang yang tinggi dan kaya akan biota. Berjarak sekitar 600 meter dari tepi pantai Pulau Semujur. Tempat ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk dijadikan lokasi snorkling. 

Terumbu Karang (Coral Reef) Batu putih Sungailiat Bangka Belitung

Dapat ditempuh dengan berenang ataupun dengan menyewa perahu nelayan. Luasan karangnya sekitar 600 m2, dengan kondisi karang yang relatif lebih baik dibandingkan di Pantai Teluk Limau. Hal ini diduga karena tidak bersentuhan langsung dengan tepi pantai sehingga sangat jarang di ganggu oleh tangan-tangan jahil manusia.

 

Perjalanan Mencari Terumbu Karang (Coral Reef) di Perairan Provinsi Bangka Belitung

Sebagai provinsi kepulauan, Kepulauan Bangka Belitung seharusnya memiliki potensi yang sangat besar disektor ekosistem pesisir khususnya ekosistem terumbu karang. Sayangnya, informasi yang konkrit dan lengkap tentang kondisi terumbu karang di Kepulauan Bangka Belitung. Inilah yang membuat kami melakukan riset ini meski dengan sumberdaya yang sangat terbatas. Selama musim tenggara, yaitu sekitar bulan maret hingga juni. Perairan laut di Kepulauan Bangka Belitung relatif tenang, teduh dan jernih.

Foto-foto Terumbu Karang (Coral Reef) Pulau Ketawai di Perairan Bangka Belitung Indonesia

Ekosistem terumbu karang (Coral Reef) terdapat di sebelah barat pulau. Terumbu karangnya berbentuk memanjang namun tipis. Melihat kondisi terumbu karangnya, dapat disimpulkan bahwa terumbu karang (Coral Reef) di sekitar Pulau Ketawai dalam kondisi kurang sehat dan tertekan. Memang saat dilakukan snorkling banyak ditemui berbagai jenis ikan khas terumbu karang dan  juga beberapa Tridacna sp. yang masih kecil. Namun, terumbu karang di daerah ini banyak terdapat bulu babi (Diadema sp.) yang merupakan indikator kondisi karang yang kurang sehat.

PENGUNJUNG

  • Unique Visitors: 50960
Universitas Bangka Belitung
Dikembangkan oleh BAPSI| Universitas Bangka Belitung.