UNIVERSITAS BANGKA BELITUNG

 

PMB/ Student Admission

Penerimaan Mahasiswa Baru UBB | Informasi SNMPTN | Informasi SBMPTN

 

Nuansa Terumbu Karang (Coral Reef) Menawan di Karang Sebidang Kampung Tungau, Simpanggong Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Ekosistem terumbu karang ini disebut ” Karang Sebidang” oleh penduduk setempat. Berjarak sekitar  2 km dari lokasi pantai Kampung Tungau. Luasan karang merawak sekitar 800 m2 dengan kondisi tutupan yang tergolong rendah (25 -50%). Tampak jelas bahwa karang di lokasi ini tertutup oleh sediment halus sehingga banyak yang mati dan merana. Selain itu banyak juga terdapat biota Diadema sp (bulu babi).

Eksotisme Terumbu Karang (Coral Reef) di Pulau Semujur Kepulauan Bangka Belitung

Karang tepi di Pulau Semujur relatif tipis, namun memanjang mengelilingi pulau. Ekosistem terumbu karang yang terdapat antara Pulau Semujur dan Pulau Panjang sangat menakjubkan. Karang terlihat sangat asri, memiki keanekaragaman jenis karang yang tinggi dan kaya akan biota. Berjarak sekitar 600 meter dari tepi pantai Pulau Semujur. Tempat ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk dijadikan lokasi snorkling. 

Terumbu Karang (Coral Reef) Batu putih Sungailiat Bangka Belitung

Dapat ditempuh dengan berenang ataupun dengan menyewa perahu nelayan. Luasan karangnya sekitar 600 m2, dengan kondisi karang yang relatif lebih baik dibandingkan di Pantai Teluk Limau. Hal ini diduga karena tidak bersentuhan langsung dengan tepi pantai sehingga sangat jarang di ganggu oleh tangan-tangan jahil manusia.

 

Perjalanan Mencari Terumbu Karang (Coral Reef) di Perairan Provinsi Bangka Belitung

Sebagai provinsi kepulauan, Kepulauan Bangka Belitung seharusnya memiliki potensi yang sangat besar disektor ekosistem pesisir khususnya ekosistem terumbu karang. Sayangnya, informasi yang konkrit dan lengkap tentang kondisi terumbu karang di Kepulauan Bangka Belitung. Inilah yang membuat kami melakukan riset ini meski dengan sumberdaya yang sangat terbatas. Selama musim tenggara, yaitu sekitar bulan maret hingga juni. Perairan laut di Kepulauan Bangka Belitung relatif tenang, teduh dan jernih.

Foto-foto Terumbu Karang (Coral Reef) Pulau Ketawai di Perairan Bangka Belitung Indonesia

Ekosistem terumbu karang (Coral Reef) terdapat di sebelah barat pulau. Terumbu karangnya berbentuk memanjang namun tipis. Melihat kondisi terumbu karangnya, dapat disimpulkan bahwa terumbu karang (Coral Reef) di sekitar Pulau Ketawai dalam kondisi kurang sehat dan tertekan. Memang saat dilakukan snorkling banyak ditemui berbagai jenis ikan khas terumbu karang dan  juga beberapa Tridacna sp. yang masih kecil. Namun, terumbu karang di daerah ini banyak terdapat bulu babi (Diadema sp.) yang merupakan indikator kondisi karang yang kurang sehat.

PENGUNJUNG

  • Unique Visitors: 49751
Universitas Bangka Belitung
Dikembangkan oleh BAPSI| Universitas Bangka Belitung.