UNIVERSITAS BANGKA BELITUNG

 

PMB/ Student Admission

Penerimaan Mahasiswa Baru UBB | Informasi SNMPTN | Informasi SBMPTN

 

Laboratorium Perikanan UBB Berhasil Transplantasi Karang

Upaya penanggulangan kerusakan ekosistem terumbu karang dapat dilakukan dengan mengembangkan teknik transplanstasi karang. Transplanstasi karang merupakan salah satu upaya rehabilitasi ekosistem terumbu karang melalui pencangkokan atau pemotongan karang hidup yang selanjutnya ditanam di tempat lain yang mengalami kerusakan atau menciptakan habitat baru pada lahan yang kosong (COREMAP, 2006). 

Terumbu Karang Di Pantai Tanjung Kelayang Belitung

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa akhirnya tim eksplorasi terumbu karang Universitas Bangka Belitung diberikan kesempatan untuk dapat melakukan eksplorasi terumbu karang di pantai yang indah di Pulau Belitung. Di Pulau inilah lounching visit babel archipelago 2010 dilakukan sekitar akhir Desember 2009. acara yang menghabiskan anggaran sekitar Rp 1,1 Milliar dengan pesta kembang api dan nonton bareng film ”sang pemimpi” itu memang terkesan mubazir dan jauh dari keberkahan.

Terumbu Karang Pulau Pemuja Perairan Penganak, Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat

Selasa, 11 Mei 2010 Tim Eksplorasi Terumbu Karang Universitas Bangka Belitung berkesempatan untuk mengunjungi Pulau Pemuja Penganak Jebus Kabupaten Bangka Barat. Perairan penganak terkenal sebagai kawasan penambangan timah laut yang dilakukan dengan total mining. Bagaimana tidak, di perairan ini beroperasi sekitar 25 kapal isap yang tim hitung dengan mata telanjang. Selain itu beroperasi ratusan Tambang Inkonvensional Apung (TI Apung_red).

Tim Eksplorasi Terumbu Karang UBB Berhasil Lakukan Transplantasi Terumbu Karang untuk Tahun ke Dua

Pada bulan Mei 2009, Laboratorium Perikanan Universitas Bangka Belitung dengan diprakarsai oleh Tim Eksplorasi Terumbu Karang UBB telah berhasil melakukan kegiatan transplantasi terumbu karang untuk pertama kalinya di Pantai Teluk Limau Sungailiat Kabupaten Bangka. Lokasi ini di pilih karena akses yang mudah, termasuk jenis karang tepi (fringing reef) sehingga tak perlu menyebrang. Pengamatan hasil transplantasi pada bulan oktober menunjukkan hasil yang sangat mengagumkan dengan indeks keberhasilan > 75 %.

Kerusakan ekosistem terumbu karang di Pulau Bangka akibat penambangan timah lepas pantai (Kapal Isap)

kapal isap yang beraktivitas di perairan Penganak, Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat. Tedapat sekitar 35 kapal Isap yang beroperasi di kawasan ini

PENGUNJUNG

  • Unique Visitors: 49886
Universitas Bangka Belitung
Dikembangkan oleh BAPSI| Universitas Bangka Belitung.