Kolom Rektor Universitas Bangka Belitung :: University of Bangka Belitung :: Indonesia
Rektorat Universitas Negeri Bangka Belitung, Jl. Merdeka No. 4 Pangkalpinang Kep. Bangka Belitung Indonesia
Telp. +62 717 422145 Fax +62 717 421303 Email : info@ubb.ac.id
 


Berikut kami sampaikan bahwa Tes Kompetensi Dasar CPNS di lingkungan Universitas Bangka Belitung akan dilaksanakan mulai tanggal 7 Oktober 2014 berdasarkan nomor sesi masing-masing peserta, di Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang telah ditentukan. Berdasarkan zona tes yang telah dipilih, nama-nama peserta, tempat dan waktu/sesi pelaksanaan TKD ditetapkan sebagaimana tabel terlampir.Peserta dapat mengikuti TKD hanya di tempat dan waktu/sesi yang telah ditetapkan tersebut.
 
  Menu utama website Universitas Bangka Belitung
   

 
 
Artikel & Opini Universitas Bangka Belitung


Download Artikel MAHASISWA BARU DI UNIVERSITAS NEGERI BARU

MAHASISWA BARU DI UNIVERSITAS NEGERI BARU


Sebentar lagi seluruh perguruan tinggi di Indonesia menerima mahasiswa baru. Berdasarkan perkiraan dari kira-kira 2380 jumlah perguruan tinggi (termasuk 86 perguruan tinggi negeri di bawah naungan Depdiknas dan 54 perguruan tinggi di bawah Depag) dan sekitar 2240 perguruan tinggi swasta, akan menerima lebih daripada satu juta mahasiswa baru. Angka ini masuk akal dan mungkin minimal, karena UBB sendiri tahun ini menerima mahasiswa baru mendekati seribu orang. Belum terhitung jumlah mahasiswa baru yang terdaftar di sekolah-sekolah tinggi dan akademi yang berada di bawah naungan instansi tertentu pemerintah. Ini jumlah yang sangat besar, padahal tingkat APK (Angka Partisipasi Kasar) perguruan tinggi rata-rata nasional hanya 12-13%. Artinya, jumlah remaja usia kuliah (18-23 tahun) yang bisa mengenal bangku kuliah hanya sebesar 12-13%. Sisanya (88-87%) setelah lulus SMA atau bahkan tidak mencapai tingkatan itu, tidak sampai masuk ke perguruan tinggi.

APK perguruan tinggi di Babel masih sangat rendah. Perhitungan sementara hanya mencapai tidak lebih daripada 5%, jauh di bawah APK nasional. Oleh sebab itu masalah aksesibilitas ini, yakni kemampuan menyerap calon mahasiswa menjadi sangat penting di Babel. Didirikannya UBB adalah juga berdasarkan argumentasi tersebut. Jumlah program studi harus diperbanyak untuk mampu meningkatkan daya serap. Implikasinya, beban ruang kelas semakin berat, jumlah dosen tidak sepadan dengan jumlah mahasiswa. Semuanya itu bermakna penambahan gedung, dosen dan infrastruktur lainnya adalah suatu keharusan dalam waktu dekat ini. Tahun 2009 ini UBB menerima mahasiswa baru sebanyak 863 orang yang tersebar di 12 program studi yang tersedia. Jumlah ini yang tertinggi atau maksimal yang bisa ditampung di UBB, meskipun jumlah pendaftar mencapai di atas 1200 calon mahasiswa. Angka pendaftaran ini paling tinggi dalam 3 tahun terakhir dan meningkat signifikan dari tahun sebelumnya. Hal ini kemungkinan disebabkan karena status UBB secara de facto telah menjadi perguruan tinggi negeri. Tahun depan diramalkan para pendaftar akan bertambah lagi karena ujian masuk ke UBB telah berada di dalam jaringan nasional perguruan tinggi negeri seluruh Indonesia.

Adalah sangat penting untuk memaknai menjadi mahasiswa baru dari suatu universitas negeri seperti UBB ini. Dalam tulisan kolom sebelumnya sudah saya jelaskan apa beda universitas negeri dan universitas BHPP. Ternyata dalam status keduanya tidak berbeda, yakni sama-sama menjadi perguruan tinggi milik pemerintah pusat. Perbedaannya hanya pada sistem pengelolaan atau tata kelola. Di universitas negeri yang konvensional, sistem pengelolaan masih bersifat sentralistis, sedangkan di universitas BHPP yang modern, sistem pengelolaan menganut asas desentralisasi dan otonomi kampus. Pada sistem BHPP, universitas akan lebih leluasa bermanuver untuk mengembangkan institusinya, tanpa 'kekangan' yang berlebihan dari pemerintah pusat. Walaupun demikian, esensi bahwa kita berada di dalam suatu institusi pemerintah pusat haruslah berpegang pada prinsip untuk menegakkan kewibawaan negara melalui kewibawaan pemerintah.

Mahasiswa UBB sebagai mahasiswa universitas milik pemerintah pusat, tentu dituntut lebih daripada mahasiswa universitas yang bukan milik pemerintah. Bukan hanya lebih dalam hal kualitas, yakni lulusan UBB diakui sebagai lebih bermutu dibandingkan yang lain-lain, tetapi juga menjaga sikap dan perilaku yang unggul dalam rangka menjaga dan menegakkan kewibawaan negara. Mahasiswa UBB harus menjadi panutan mahasiswa perguruan tinggi lain, minimal yang ada di kawasan Bangka Belitung. Mahasiswa UBB harus menjadi benchmarking bagi mahasiswa lain. Mulai dari ketertiban belajar mengajarnya, disiplin sampai dengan sikap santun dan sikap sehari-hari dari seseorang yang terpelajar. Keunggulan itu harus terpancar dari diri seseorang mahasiswa UBB, sehingga ia pantas dan layak disebut sebagai mahasiswa universitas negeri atau BHPP. Selamat datang para mahasiswa baru UBB, selamat bergabung menjadi mahasiswa yang unggul membangun peradaban. Be excellent!

Salam,


Prof. DR. Bustami Rahman M.Sc


Tanggal 2011-04-25 08:02:24



Baca Materi Kolom Rektor Lainnya :


Baca Artikel Lainnya :


Baca Berita :


Baca Feature :


Lihat Foto :

 
 
       

 

 

 

 

 

 
:: Beberapa Grafik Menggunakan Format SWF, Untuk Tampilan Terbaik Aktifkan/install Active-x Plugin flash di Browser Anda
Tampilan Terbaik Dengan Resolusi Monitor 1024 x 768 Pixels ::

Rektorat Universitas Negeri Bangka Belitung Jl. Merdeka No. 4 Pangkalpinang Kep. Bangka Belitung Indonesia
Telp. +62 717 422145 Fax +62 717 421303 http://www.ubb.ac.id Email : info@ubb.ac.id
Copyright 2008 Universitas Bangka Belitung
Sitemap - Peta situs