Melalui SNPPM FT UBB, Hasilkan Karya Kreatif dan Inovatif dari Anak Bangsa

Penulis: Editor | Ditulis pada 02 Oktober 2018 22:07 WIB | Diupdate pada 02 Oktober 2018 22:07 WIB


Seminar Nasional --  Salah satu keynote speaker Ir Yodo Dwinanda Priaadi MS (Staff Ahli bidang Perencanaan Strategis Kementerian ESDM), saat memberikan materi Seminar Nasional & Call for Paper Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (SNPPM), di Hotel Grand Mutiara, Pangkal Pinang, Selasa (2/10/2018) pagi.

PANGKAL PINANG, UBB - Fakultas Teknik (FT) Universitas Bangka Belitung (UBB) kembali menyelenggarakan Seminar Nasional & Call for Paper Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (SNPPM), di Hotel Grand Mutiara, Pangkalpinang, Selasa (2/10/2018). Seminar ini terselenggara atas dukungan beberapa sponsor yakni PT PLN (Persero) Wilayah Bangka Belitung, Kementerian Pariwisata, Bank Indonesia, Dinas PUPR Kabupaten Bangka, dan TVRI Bangka Belitung.

Acara yang dibuka langsung oleh Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi ini, menampilkan Keynote  Speaker diantaranya, Ir Yodo Dwinanda Priaadi MS (Staff Ahli bidang Perencanaan Strategis Kementerian ESDM), Dr Yan Rianto MEng (Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknologi LIPI), serta Abdul Mukhlis (General Manager PLN Wilayah Bangka Belitung) yang dalam hal ini diwakili oleh Eko Prihandana. SNPPM kali ini mengusung tema "Inovasi Sains dan Teknologi untuk Mendukung Kemandirian Bangsa".

Seminar Nasional ini diikuti oleh dosen peneliti dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, serta beberapa praktisi dan Industri, hal ini sekaligus sebagai ajang silaturrahmi, komunikasi dan informasi dalam membahas perkembangan ilmu pengetahuan dan hasil riset/penelitian yang akan dilaksanakan, serta lebih mengenalkan FT UBB dikanca nasional.

Menurut Dekan FT, Wahri Sunanda ST MEng Kegiatan SNPPM ini merupakan tahun kedua yang diselenggarakan FT UBB, dan ini bagian dari serangkaian kegiatan Competition Conference Exhibition (CCE) Techno Science yang telah dibuka pada Senin (1/10) kemarin. Melalui kegiatan ini adanya kerjasama dan terobosan dari kalangan akademisi, birokrasi, industri, dosen, serta mahasiswa untuk dapat mendesiminasikan hasil-hasil inovasi dan sains teknologi untuk mendukung kemandirian Bangsa.

"Kegiatan SNPPM ini diikuti oleh dosen peneliti dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, serta beberapa praktisi dan Industri, dan sebanyak 59 makalah yang lolos di SNPPM tahun 2018. Diharapkan melalui kegiatan ini dapat menghasilkan trobosan-trobosan baru terkait inovasi dan sains teknologi untuk mendukung kemandirian Bangsa. Kami juga mengucapkan selamat datang kepada delegasi dari luar daerah yang sudah berpartisipasi di kegiatan ini,” tukas Wahri.

Dalam sambutannya, Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi mengatakan, tema yang diambil sejalan dengan komitmen program dari Kemenristek Dikti, dimana perguruan tinggi sebagai ujung tombak untuk bisa menghasilkan karya nyata dibidang riset dan penelitian dari perguruan tinggi untuk menghasilkan temuan-temuan yang dapat diaplikasikan dan bermanfaat nantinya bagi masyarakat.

“Ini sejalan dengan komitmen program Kemenristek Dikti, bahwasannya perguruan tinggi sebagai ujung tombak untuk bisa menghasilkan karya-karya yang nyata dibidang akademik, dibidang riset dan penelitian yang dapat diaplikasikan dan bermanfaat nantinya bagi masyarakat,” ungkapnya.

Perkembangan teknologi yang pesat dan inovasi baru sekarang ini, diyakini Muh Yusuf telah memberikan kemudah-kemudahan bagi masyarakat yang secara praktis dan mudah diaplikasikan oleh kalangan umum. Ia juga memberikan salah satu contoh diantaranya penggunaan android dengan aplikasi tokopedia masyarakat untuk membeli barang tidak perlu harus datang ketempat, berpanas/kehujanan, namun barang bisa langsung diantar, serta aplikasi lain seperti go-jek dan lain sebagainya.

Pada bagian akhir sambutannya rektor mengucapkan terimakasih atas dukungan yang luar biasa dari semua pihak, termasuk para keynote speaker utama dan peserta seminar, dan sebagai penutup Rektor UBB menyampaikan agar peserta untuk menyempatkan melihat keindahan pulau Bangka dengan destinasi wisatanya yang indah-indah, serta masyarakatnya yang ramah tamah.

Acara dilanjutkan dengan Seminar Nasional dari masing-masing keynote speaker mewakili praktisi, akademisi, dan industri yang dipandu oleh moderator R. Priyoko Prayitnoadi SST MEng PhD. (Dosen FT UBB), serta dilanjutkan dengan penyajian 59 makalah yang dibagi dalam 3 kelas secara pararel.

Perguruan tinggi yang mempresentasi makalah dikegiatan SNPPM 2018 diantaranya, UBB, UGM, IPB, UTU, UPN Veteran Jakarta, Institut Teknologi Del Toba Samosir Sumut, Politeknik Negeri Indramayu, Politeknik Batulicin, Politeknik Negeri Bengkalis Riau, dan Universitas Islam Kuantan Singingi.

Diharapkan kegiatan ini menjadi ajang temu ilmiah bagi seluruh stakeholders seperti akademisi, peneliti, pihak industri, serta praktisi untuk berbagi ilmu dan pengalamannya, sehingga muncul karya-karya kreatif dan inovatif dari anak bangsa, yang memberikan manfaat bagi masyarakat, serta dapat mendukung kemandirian Bangsa kedepannya. (Ags/Humas)


Topik

Dr._Muhammad_Yusuf,_M.Si Wahri_Sunanda,_ST,._M.Eng Fakultas_Teknik_UBB REKTOR_UBB SEMINAR_NASIONAL
. ayar