Mahasiswa Jurusan Biologi Perkuat Pemahaman Konservasi Flora dan Fauna Melalui Kuliah Umum

Penulis: Editor | Ditulis pada 03 Oktober 2018 20:44 WIB | Diupdate pada 04 Oktober 2018 09:04 WIB


MERAWANG, UBB – Penguatan pemahaman dan pengetahuan mahasiswa tentang Konservasi Flora dan Fauna, Jurusan Biologi Fakultas Pertanian Perikanan dan Biologi (FPPB) Universitas Bangka Belitung (UBB), gelar kuliah umum dengan tema “Konservasi Flora dan Fauna Bangka Belitung”, bertempat di ruang seminar Gedung Daya FPPB, Kampus Terpadu UBB, Rabu (03/10) pagi.

Kuliah umum kali ini menghadirkan pemateri Yusmono S.Hut, M.Si., dari Resort Konservasi Wilayah X Bangka-Balai KSDA Sumatera Selatan. Hadir dalam kegiatan Ketua Jurusan, Dosen, serta sekitar 60 mahasiswa dari jurusan biologi FPPB.

Ketua Jurusan Biologi Dr. Eddy Nurtjahya, M.Sc., mengungkapkan pelaksanaan kuliah umum menjadi salah satu upaya untuk membuka wawasan mahasiswa, dari berbagai sumber pengetahuan diluar kelas. Apalagi dengan menghadirkan para pakar sebagai nara sumber utama, dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengeksplore berbagai pengetahuan dari pakar tersebut.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengaplikasi ilmu yang telah diperoleh dari matakuliah biokonservasi, sehingga mahasiswa akan lebih mengenal upaya konservasi flora dan fauna khususnya di Bangka Belitung.

Kuliah umum ini merupakan program kontinyu dari matakuliah biokonservasi. Dimana selain program setiap minggu mengunjungi BKSDA dan daerah konservasi. Program praktikum matakuliah biokonservasi juga akan turun kelapangan perminggunya. Khusus untuk minggu pertama ini, praktikum matakuliah biokonservasi  FPPB UBB di adakan melalui kuliah umum.

Hal senada disampaikan Hendri, yang juga merupakan dosen pengampu matakuliah biokonservasi, “Melalui kegiatan ini diharapkan agar lebih membuka pikiran mahasiswa tentang upaya konservasi dan mampu memahami peraturan-peraturan terkaik flora dan fauna,” ungkapnya.

Pengetahuan mahasiswa tidak hanya perlu dilakukan melalui pembelajaran dalam kelas saja, namun melalui wadah kuliah umum dengan menghadirkan para pakar yang berkompeten dibidangnya akan lebih mengeksplore pengetahuan dan memperkaya wawasan mahasiswa. (Ags/Humas)


Topik

Biologi_UBB FPPB_UBB Dr._Eddy_Nurtjahja,_M.Sc.
. ayar