Hari Pertama UTBK di Kampus Terpadu UBB Diikuti Sebanyak 191 Peserta

Penulis: Editor | Ditulis pada 12 April 2021 21:08 WIB | Diupdate pada 12 April 2021 21:08 WIB


Area transit yang di sediakan panitia sebelum Peserta UTBK-SBMPTN sesi siang memasuki ruangan tets yang belumnya sudah diarahkan untuk cuci tanggan terlebih dahulu, bertempat di depan Gedung Babel III FE UBB, Senin (12/4) siang.

MERAWANG, UBB -- Pada hari petama, Senin (12/4/2021) terdata ada 191 peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang hadir mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Kampus Terpadu Universitas Bangka Belitung (UBB).

Rektor UBB Dr. Ibrahim, MSi., mengatakan bahwa masih dalam kondisi pandemi Covid-19 maka pelaksanaan seleksi ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat, dan tidak mengizinkan bagi peserta yang terpapar covid utk mengikuti test.

“Alhamdulillah UTBK SBMPTN sudah mulai berlangsung dengan baik di hari pertama. Protokol kesehatan dijalankan dengan baik dan memang kita tidak membolehkan peserta yang terpapar untuk ikut. Harapan kami UTBK ini bisa berjalan dengan lancar dan hasilnya Insha Allah yang terbaik,” tuturnya.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan untuk pelaksanaan hari pertama UTBK di Kampus UBB ada dua sesi yakni pagi dan siang, serta diselingi dengan penyemprotan desinfektan ruangan dan monitor setelah dipergunakan, serta dilakukan sterilisasi di kawasan tes. UBB sendiri pada tahun 2021 ini menerima mahasiswa baru untuk jalur SBMPTN sebanyak 625 orang.

Panitia Penerima Mahasiswa Baru (PMB) UBB mencatat total sebanyak 3.453 peserta yang akan mengikuti tes UTBK-SBMPTN di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bertempat di dua lokasi yang berbeda. Lokasi pertama bertempat di Kampus Terpadu UBB sebanyak 2.782 peserta, dan lokasi kedua bertempat di SMKN 1 Tanjungpandan Belitung sebanyak 671 peserta.

Tambahnya, UBB selama menjadi fasilitator dalam pelaksanaan UTBK-SBMPTN ini tidak mengalami kendala yang berarti, bisa dilaksanakan dengan semestinya mulai dari penyediaan fasilitas dan pembagian ruang

"Tingkat keketatannya SBMPTN tahun ini 1:5, kalau SNMPTN kemarin 1:6, jadi saya kira ini angka yang sangat baik. Kami mendorong agar calon mahasiswa memanfaatkan momen ini untuk mengerjakan soal dengan sebaik-baiknya serta jaga protokol kesehatan," tambahnya

Secara umum, peserta yang mengikuti ujian di pusat UTBK Kampus Terpadu UBB berasal dari wilayah Pulau Bangka, namun ada beberapa siswa dari luar Bangka yang mengikuti test di UBB dan presentasenya sangat minim. (Ags/Humas)


Topik

SBMPTN_UTBK
. ayar