Puncak Lustrum III UBB, Rektor Gaungkan Lima Komitmen Majukan “Kampus Kite”

Penulis: Editor | Ditulis pada 13 April 2021 05:47 WIB | Diupdate pada 13 April 2021 05:47 WIB


MERAWANG, UBB – Universitas Bangka Belitung (UBB) menyelenggarakan acara puncak Dies Natalis ke-15 atau Lustrum III yang dilaksanakan hari ini, Senin 12 April 2021 berupa Rapat Senat Terbuka dan Orasi Ilmiah oleh Menteri Sekretaris Negara RI, Praktino melalui video streaming yang dihadiri berbagai kalangan, bertempat di ruang Balai Besar Peradaban, Gedung Rektorat, Kampus Terpadu UBB.

Rapat Terbuka Senat ini dibuka langsung oleh Ketua Senat UBB, Eva Prasetiyono dan dilanjutkan dengan sambutan, serta pemotongan tumpeng oleh Rektor UBB Dr. Ibrahim untuk diberikan kepada Prof. Bustami Rahman (Rektor UBB Priode Pertama UBB), dan Dr. Muh Yusuf (Rektor Priode Kedua UBB) sehingga memberikan makna yang mendalam khususnya bagi Warga Kampus.

Kegiatan ini juga dihadiri Kapolda Babel, Irjen Pol Anang Syarif Hidayat, Danrem 045/Garuda Jaya Brigjen TNI M Jangkung Widyanto, Kepala Kejati Babel, I Made Suarnawan, Bupati Bateng, Algafry Rahman, Rektor Pertama dan Pendiri UBB sekaligus Ketua Dewan Pendidikan Bangka Belitung Prof Bustami Rahman dan Rektor Periode Kedua UBB, Dr Muh Yusuf, Kepala Dinas Pendidikan Prov. Babel M. soleh, Wakil Ketua DPRD Babel, serta undangan lainnya.

Ibrahim sangat bersyukur puncak Dies Natalis ke-15 atau lustrum ke-III UBB berjalan dengan baik, sesuai dengan rencana, efektif dan efisien dari alokasi waktu. Ia juga menerangkan selain kegiatan Lustrum III ini dilaksanakan secara offline dengan undangan terbatas dikarena masih dalam kondisi pandemi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, acara juga dilaksanakan secara online dan ini kali pertama Dies Natalis UBB dilaksanakan secara daring.

“Kami berharap kegiatan Dies Natalis ke-15 sebagai momentum untuk merefleksi apa yang sudah dicapai UBB saat ini, apa yang belum dan apa yang menjadi tantangan kedepan. Ini menjadi tahapan bagi kita untuk berkembang lebih luas dan maju dengan mengamati perubahan yang terjadi dan apa yang harus dilakukan,” pungkasnya.

Ia menyadari dalam 15 tahun kampus terpadu ini berkiprah masih ada kelemahan atau hal yang perlu diperbaiki, diakselerasi dan dipertahankan. Maka UBB akan berusaha mencapai hal ini demi mendidik anak bangsa untuk menjadi kampus yang disegani di wilayah Bangka Belitung serta Pulau Sumatera secara umum.

Lebih lanjut Ibrahim memastikan UBB akan mengaungkan lima komitmen dalam memajukan dan membangun “kampus kite” sesuai visi misi Unggul Membangun Peradaban. UBB juga akan mengambil langkah cepat lewat digitalisasi dan hilirisasi untuk membentuk jalur atau track sendiri dalam bersaing dengan perguruan tinggi ternama di luar sana.

“Komitmen pertama kita sebagai poros UBB dalam penguatan sumber daya manusia. Kedua, komitmen pada pembelajaran merdeka dengan melaksanakan belajar kampus merdeka. Ketiga, komitmen pada penguatan lembaga. Keempat, komitmen pada semangat kebangsaan dan nasionalisme tanpa batas dan kelima, dari zig zag shortcut memanfaat disrupsi dan perubahan untuk bergerak cepat dengan fondasi kuat menuju UBB hebat,” tegas Ibrahim.

Pada Lustrum III ini,  Berbagai video ditampilkan seperti kilas balik, kick off sejarah UBB, serta upaya yang akan dilakukan kedepannya. Rangkaian kegiatan ini oleh pihak panitia sudah dipersiapkan dengan matang serta dilaksanakan secara kombinasi atau hybrid (online dan offline).

Dalam orasi ilmiah melalui video streaming, Menteri Sekretaris Negara RI, Praktino meyakini UBB sebagai pendatang baru dapat mendongkrak dunia dan bersaing dengan perguruan tinggi negeri lainnya yang sudah lama berkiprah.

“15 tahun adalah usia yang relatif muda, UBB ini mungkin ada yang mengejek misalnya nyebutnya anak kemarin sore, tapi saya ingin tegaskan jangan remehkan yang diejek tersebut. Karena yang diejek, yang justru mampu mendongkrak dunia, sebab yang baru ini kadang punya cara-cara baru yang tidak terbayang kan oleh pelaku pertama,” kata Praktino.

Ucapan selamat dan harapan UBB terus jaya dan berkembang juga disampaikan Gubernur Babel, Erzaldi Rosman lewat video yang diputar saat acara berlangsung. Beagitupun ucapan selamat Dies Natalis yang disampaikan dari sivitas Kampus serta mitra UBB melalui media social, berupa player, video maupun standing flowe.

Puncak Dies Natalis ditutup dengan pengumuman penghargaan kepada dosen dan mahasiswa secara internal terbaik sesuai kategori serta penghargaan kepada mitra seperti instansi dan media yang aktif berkontribusi dengan UBB. (Ags/Humas)


Topik

LUSTRUM_III_2021
. ayar